MENUJU PEMBELAJARAN ADAPTIF DI PAUD: TANTANGAN PENERAPAN DEEP LEARNING DALAM KONTEKS INDONESIA

Authors

  • Veiz Elok Faiqoh Meila Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati Cirebon
  • Riri Nuraini Sarah Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati Cirebon
  • Hardiana Hardiana Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.24256/tunascendekia.v8i2.7258

Keywords:

deep learning, PAUD, rencana pembelajaran, literasi digital, kecerdasan buatan

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji tantangan penerapan teknologi Deep Learning dalam penyusunan rencana pembelajaran pada pendidikan anak usia dini (PAUD). Deep Learning memiliki potensi menganalisis data perkembangan peserta didik dan menghasilkan rencana pembelajaran yang personal dan adaptif. Namun, implementasinya belum optimal karena dihadapkan pada kendala teknis, pedagogis, dan kebijakan. Metode penelitian menggunakan tinjauan literatur sistematis terhadap 12 jurnal nasional terakreditasi (2019-2024) dengan analisis tematik. Hasil kajian menunjukkan enam tantangan utama: rendahnya literasi digital pendidik PAUD, keterbatasan infrastruktur di lebih dari 60% lembaga PAUD, belum adanya sistem dokumentasi perkembangan anak yang terdigitalisasi (hanya <20% lembaga memiliki sistem digital terstruktur), ketidaksesuaian pendekatan teknologi dengan prinsip pembelajaran PAUD yang holistik dan berbasis bermain, minimnya regulasi pemerintah tentang implementasi AI dalam PAUD, serta kekosongan kebijakan perlindungan data anak. Penelitian merekomendasikan pelatihan guru berbasis kompetensi digital, penguatan infrastruktur, pengembangan sistem dokumentasi aman, dan penyusunan regulasi komprehensif. Diperlukan kolaborasi multipihak untuk membangun ekosistem pendidikan yang siap mengadopsi teknologi secara bijak dan sesuai karakteristik anak usia dini.

References

Aisyah, S. (2021). Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran Anak Usia Dini di Era Digital. Jurnal PAUD Nusantara, 5(1), 20–28.

Fauziah, N. (2019). Prinsip Pembelajaran PAUD dalam Perspektif Islam dan Teknologi Pendidikan. Jurnal PIAUD Al-Athfal, 2(1), 45–52.

Fitria, D., & Rusdiana, A. (2020). Integrasi Kurikulum PAUD dan Teknologi dalam Bingkai Nilai-Nilai Islam. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Anak, 3(2), 75–83.

Fitriani, N. (2021). Kesiapan Infrastruktur Lembaga PAUD dalam Menyongsong Pembelajaran Digital. Jurnal Cakrawala PAUD, 3(1), 67–75.

Hasanah, R. (2022). Sistem Dokumentasi Perkembangan Anak Berbasis Digital pada Lembaga PAUD. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(2), 89–96.

Lestari, I., & Purnamasari, N. (2022). Digitalisasi Pembelajaran PAUD di Masa Pandemi: Peluang dan Tantangan. Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 88–96.

Nurfadilah, L., & Muniroh, L. (2021). Implementasi Portofolio Digital dalam Monitoring Tumbuh Kembang Anak. Jurnal Anak Cerdas Berkarya, 4(1), 59–66.

Sari, R., & Ananda, R. (2021). Analisis Kompetensi Digital Guru PAUD dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Educhild, 5(2), 101–109.

Supriadi, T., & Yuliana, M. (2020). Tingkat Literasi Digital Guru PAUD di Masa Pandemi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak, 2(1), 35–43.

Suyatna, A., & Hafifah, A. (2021). Etika Penggunaan Teknologi Digital dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Etika Dan Teknologi Pendidikan, 1(2), 33–41.

Wahyuni, D. (2020). Perencanaan Pembelajaran PAUD yang Responsif terhadap Kebutuhan Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 78–86.

Yuniarti, S., & Fauzan, R. (2022). Kebijakan Teknologi Pendidikan pada Satuan PAUD: Tinjauan Analitik. Jurnal Kebijakan Pendidikan Nasional, 2(1), 15–26.

Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77–101.

Crompton, H., & Burke, D. (2018). The use of mobile learning in higher education: A systematic review. Computers & Education, 123, 53–64.

Edwards, S., Nuttall, J., Mantilla, A., Wood, E., & Grieshaber, S. (2015). Digital play: What do early childhood teachers see? In Digital childhoods (pp. 69–84). Springer.

Goodfellow, I., Bengio, Y., & Courville, A. (2016). Deep Learning. MIT Press.

Holmes, W., Bialik, M., & Fadel, C. (2019). Artificial intelligence in education: Promises and implications for teaching and learning. Center for Curriculum Redesign.

Koehler, M. J., & Mishra, P. (2009). What is technological pedagogical content knowledge? Contemporary Issues in Technology and Teacher Education, 9(1), 60–70.

LeCun, Y., Bengio, Y., & Hinton, G. (2015). Deep Learning. Nature, 521(7553), 436–444. Luckin, R., Holmes, W., Griffiths, M., & Forcier, L. B. (2016). Intelligence unleashed: An argument for AI in education. Pearson Education.

Marsh, J., Plowman, L., Yamada-Rice, D., Bishop, J. C., Lahmar, J., Scott, F., ... & Winter, P. (2015). Exploring play and creativity in pre-schoolers' use of apps: Final project report. Technology and Play.

OECD. (2021). OECD Digital Education Outlook 2021: Pushing the frontiers with artificial intelligence, blockchain and robots. OECD Publishing.

Prinsloo, P., & Slade, S. (2017). Ethics and learning analytics: Charting the (un)charted. In Handbook of learning analytics (pp. 49–57). Society for Learning Analytics Research.

Roll, I., & Wylie, R. (2016). Evolution and revolution in artificial intelligence in education. International Journal of Artificial Intelligence in Education, 26(2), 582–599.

Selwyn, N. (2019). Should robots replace teachers? AI and the future of education. Polity Press.

Shute, V. J., & Rahimi, S. (2017). Review of computer-based assessment for learning in elementary and secondary education. Journal of Computer Assisted Learning, 33(1), 1–19.

Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 104, 333–339.

Tuomi, I. (2018). The impact of artificial intelligence on learning, teaching, and education. European Union.

UNESCO. (2019). Artificial Intelligence in Education: Compendium of Promising Initiatives. UNESCO.

Voogt, J., & McKenney, S. (2017). TPACK in teacher education: Are we preparing teachers to use technology for early literacy? Technology, Pedagogy and Education, 26(1), 69–83. Williamson,

B. (2021). Making markets through digital platforms: Pearson, edu-business, and the (e)valuation of higher education. Critical Studies in Education, 62(1), 50–66.

Zawacki-Richter, O., Marín, V. I., Bond, M., & Gouverneur, F. (2019). Systematic review of research on artificial intelligence applications in higher education–where are the educators? International Journal of Educational Technology in Higher Education, 16 (1), 1–27.

Zhai, X., Chu, X., Chai, C. S., Jong, M. S. Y., Istenic, A., Spector, M., ... & Li, Y. (2021). A review of artificial intelligence (AI) in education from 2010 to 2020. Complexity, 2021, 1–18.

Downloads

Published

2025-10-01

How to Cite

Elok Faiqoh Meila, V., Nuraini Sarah, R., & Hardiana, A. (2025). MENUJU PEMBELAJARAN ADAPTIF DI PAUD: TANTANGAN PENERAPAN DEEP LEARNING DALAM KONTEKS INDONESIA. Tunas Cendekia : Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 93–101. https://doi.org/10.24256/tunascendekia.v8i2.7258

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.