MEMBANGUN KARAKTER MANDIRI MELALUI TOILET TRAINING: ANALISIS DI TK AL JABBAR PERUMNAS 2 KABUPATEN TANGERANG

Authors

  • Luthfia Fauzia Universitas Cendekia Abditama
  • Leni Nurmiyanti Universitas Cendekia Abditama

DOI:

https://doi.org/10.24256/tunascendekia.v7i2.5615

Keywords:

Karakter Kemandirian, Toilet Training, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pembentukan karakter kemandirian pada anak usia dini melalui metode toilet training di TK Al Jabbar Perumnas 2 Kabupaten Tangerang. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini melibatkan 41 subjek yang terdiri dari 2 anak kelompok play group, 16 anak TK A, dan 23 anak TK B. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan guru, dan dokumentasi proses pembelajaran. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan karakter kemandirian melalui toilet training berhasil diterapkan melalui tiga komponen utama: (1) pembiasaan rutin dengan jadwal terstruktur, (2) pengulangan instruksi dan praktik yang konsisten, serta (3) penerapan aturan yang disepakati bersama antara guru dan orangtua. Implementasi metode ini secara signifikan meningkatkan kemampuan anak dalam aspek kemandirian fisik, pengambilan keputusan sederhana, dan kesadaran diri. Karakter kemandirian yang terbentuk meliputi kedisiplinan dalam rutinitas toilet, tanggung jawab terhadap kebersihan diri, dan kepekaan terhadap kebutuhan pribadi serta kebersihan lingkungan. Metode toilet training terbukti efektif sebagai sarana pengembangan kemandirian pada pendidikan anak usia dini.

References

Hasibuan, A. R., Nasution, M. I. P., & Anggraini, F. (2021). Penerapan pendidikan karakter kemandirian anak usia dini pada pembelajaran di rumah. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 681-690.

Hermawan. (2020). Figur Nabi Muhammad SAW sebagai pendidik dalam pembentukan karakter. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 245-267.

Hidaya, N., & Aisna, F. (2020). Pembentukan karakter dalam memajukan pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan, 5(1), 44-56.

Husna, F. (2019). Hubungan rasa takut dengan perkembangan karakter kemandirian pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 121-135.

Islamiyah, S., & Anhusadar, L. O. (2022). Fase perkembangan anak pada tahap toddler dan implikasinya terhadap toilet training. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1725-1740.

Juhairiyah. (2019). Indikator kemandirian anak usia dini menurut Departemen Pendidikan Nasional. Jurnal Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 161-176.

Latifah, U. (2020). Peran orang tua dan guru dalam pembentukan karakter anak usia dini. Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 2(1), 45-57.

Nurrohmah, E., & Susilowati. (2021). Penerapan toilet training pada anak usia 18 bulan sampai 2 tahun. Jurnal Bimbingan Konseling Anak, 2(2), 87-102.

Rahma, A., & Amelia, F. (2020). Survei kemampuan toilet training pada balita di Indonesia. Jurnal Kesehatan Ibu dan Anak, 12(1), 43-58.

Rohmah, M., & Zuhriyah, A. (2020). Konsep kebersihan dan kesucian dalam Islam: Kajian toilet training pada anak usia dini. Jurnal Islamic Studies, 6(2), 211-227.

Shahbana, A., Pratiwi, I., & Zuhri, M. (2020). Penerapan konsep behavioristik dalam pengembangan kemandirian anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(3), 289-305.

Suhanda, T., Marlina, S., & Firmansyah, D. (2023). Metode pembelajaran toilet training pada anak usia prasekolah. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif, 5(1), 75-89.

Yamin, M., & Sanan, J. S. (2013). Panduan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Referensi.

Yuni B. Indak. (2021). Pengembangan kemandirian pada anak usia dini: Kajian pemikiran Astiati. Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi, 5(1), 44-56.

Downloads

Published

2024-10-01

How to Cite

Luthfia Fauzia, & Leni Nurmiyanti. (2024). MEMBANGUN KARAKTER MANDIRI MELALUI TOILET TRAINING: ANALISIS DI TK AL JABBAR PERUMNAS 2 KABUPATEN TANGERANG. Tunas Cendekia : Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 81–92. https://doi.org/10.24256/tunascendekia.v7i2.5615

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 

You may also start an advanced similarity search for this article.