MEMBANGUN KARAKTER MANDIRI MELALUI TOILET TRAINING: ANALISIS DI TK AL JABBAR PERUMNAS 2 KABUPATEN TANGERANG
DOI:
https://doi.org/10.24256/tunascendekia.v7i2.5615Keywords:
Karakter Kemandirian, Toilet Training, Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pembentukan karakter kemandirian pada anak usia dini melalui metode toilet training di TK Al Jabbar Perumnas 2 Kabupaten Tangerang. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini melibatkan 41 subjek yang terdiri dari 2 anak kelompok play group, 16 anak TK A, dan 23 anak TK B. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan guru, dan dokumentasi proses pembelajaran. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan karakter kemandirian melalui toilet training berhasil diterapkan melalui tiga komponen utama: (1) pembiasaan rutin dengan jadwal terstruktur, (2) pengulangan instruksi dan praktik yang konsisten, serta (3) penerapan aturan yang disepakati bersama antara guru dan orangtua. Implementasi metode ini secara signifikan meningkatkan kemampuan anak dalam aspek kemandirian fisik, pengambilan keputusan sederhana, dan kesadaran diri. Karakter kemandirian yang terbentuk meliputi kedisiplinan dalam rutinitas toilet, tanggung jawab terhadap kebersihan diri, dan kepekaan terhadap kebutuhan pribadi serta kebersihan lingkungan. Metode toilet training terbukti efektif sebagai sarana pengembangan kemandirian pada pendidikan anak usia dini.
References
Hasibuan, A. R., Nasution, M. I. P., & Anggraini, F. (2021). Penerapan pendidikan karakter kemandirian anak usia dini pada pembelajaran di rumah. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 681-690.
Hermawan. (2020). Figur Nabi Muhammad SAW sebagai pendidik dalam pembentukan karakter. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 245-267.
Hidaya, N., & Aisna, F. (2020). Pembentukan karakter dalam memajukan pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan, 5(1), 44-56.
Husna, F. (2019). Hubungan rasa takut dengan perkembangan karakter kemandirian pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 121-135.
Islamiyah, S., & Anhusadar, L. O. (2022). Fase perkembangan anak pada tahap toddler dan implikasinya terhadap toilet training. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1725-1740.
Juhairiyah. (2019). Indikator kemandirian anak usia dini menurut Departemen Pendidikan Nasional. Jurnal Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 161-176.
Latifah, U. (2020). Peran orang tua dan guru dalam pembentukan karakter anak usia dini. Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 2(1), 45-57.
Nurrohmah, E., & Susilowati. (2021). Penerapan toilet training pada anak usia 18 bulan sampai 2 tahun. Jurnal Bimbingan Konseling Anak, 2(2), 87-102.
Rahma, A., & Amelia, F. (2020). Survei kemampuan toilet training pada balita di Indonesia. Jurnal Kesehatan Ibu dan Anak, 12(1), 43-58.
Rohmah, M., & Zuhriyah, A. (2020). Konsep kebersihan dan kesucian dalam Islam: Kajian toilet training pada anak usia dini. Jurnal Islamic Studies, 6(2), 211-227.
Shahbana, A., Pratiwi, I., & Zuhri, M. (2020). Penerapan konsep behavioristik dalam pengembangan kemandirian anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(3), 289-305.
Suhanda, T., Marlina, S., & Firmansyah, D. (2023). Metode pembelajaran toilet training pada anak usia prasekolah. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif, 5(1), 75-89.
Yamin, M., & Sanan, J. S. (2013). Panduan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Referensi.
Yuni B. Indak. (2021). Pengembangan kemandirian pada anak usia dini: Kajian pemikiran Astiati. Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi, 5(1), 44-56.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Luthfia Fauzia, Leni Nurmiyanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Please find the rights and licenses in Tunas Cedekia. By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
Tunas Cedekia's spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Tunas Cedekia permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and Tunas Cedekia on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Tunas Cedekia will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Tunas Cedekia will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
Tunas Cedekia will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. Tunas Cedekia's editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Â
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
Tunas Cendekia: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0)