INTEGRASI BUDAYA DAN NILAI ISLAMI: MENGAJARKAN ANAK USIA DINI KETELADANAN ABU BAKAR ASH-SHIDDIQ DENGAN MEDIA WAYANG
DOI:
https://doi.org/10.24256/tunascendekia.v8i2.6238Keywords:
Abu Bakar Ash-Shiddiq, buku cerita,, wayang, pendidikan karakter, anak usia diniAbstract
Masa anak-anak merupakan periode krusial yang menjadi landasan penting dalam membentuk kepribadian. Pada fase ini, pendidikan karakter memegang peran sangat penting dalam membimbing anak-anak untuk memahami nilai moral dan etika yang akan dibawa hingga dewasa. Di era digital saat ini, anak-anak memerlukan role model positif yang dapat menginspirasi perilaku baik mereka. Salah satu tokoh yang patut diteladani adalah Abu Bakar Ash-Shiddiq, sahabat terdekat Rasulullah SAW yang terkenal dengan kejujuran, keberanian, kedermawanan, dan keteguhan imannya. Penelitian ini bertujuan mengajarkan anak-anak untuk meneladani sifat-sifat mulia Abu Bakar Ash-Shiddiq melalui buku cerita dan media wayang. Kombinasi kedua media ini dipilih karena dapat menyajikan pembelajaran yang holistik dan menarik bagi anak usia dini. Penggunaan buku cerita membantu merangsang imajinasi, sementara wayang sebagai media visual berbasis kearifan lokal membuat pembelajaran lebih interaktif dan mudah dipahami. Penelitian dilaksanakan di TK Tarbiyatul Atfal 04 Kendal pada November 2023 menggunakan metode sejarah dan studi kepustakaan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan perubahan positif pada anak-anak yang menjadi lebih jujur, dermawan, pemberani, bertanggung jawab, serta memahami kisah inspiratif Abu Bakar Ash-Shiddiq dalam kehidupan sehari-hari mereka.
References
Abu Suhud, M. (2008). Problematika Dakwah Internal Khalifah Abu Bakarash-Shiddiqdan Upaya Mengatasinya. Manajemen Dakwah, 1(1).
Afnan, A., Aswir, A., & Haidir, H. (2024). Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini. Jurnal Literasiologi, 12(5). https://doi.org/10.47783/literasiologi.v12i5.865
Aisy, S. (2018). Kecintaan Abu Bakar kepada Rasulullah saw. Suaramuslim.Net. https://suaramuslim.net/kecintaan-abu-bakar-kepada-rasulullah-saw/
Budiarti, E., Lesmana, D. E., Annisa, N., & Darlis, D. (2022). Meningkatkan Kemampuan Sikap Empati Anak Usia Dini Melalui Mendongeng Cerita Sejarah Islam. Journal Analytica Islamica, 11(2), 365–380. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/analytica/article/view/13914
Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 203–213. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17707
Chaniago, C. S., Azhari, P., & Ardianti, S. (2023). Nilai-Nilai Keteladanan Yang Terdapat Dalam Sosok Abu Bakar Ash-Shiddiq R.A dan Relevansinya Dengan Materi Akidah Akhlak di Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Tarbiyah; Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan, 07, 41–56. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/109943815/332-690-1-PB-libre.pdf?1704259519=&response-content-disposition=inline%3B+filename%3DNilai_Nilai_Keteladanan_Yang_Terdapat_Da.pdf&Expires=1731074632&Signature=PqRcWHcRaYyAe8dR62Pq5fvGYwNRmEY9cARlfXTjrtn6RFM7
Darihastining, S., Aini, S. N., Maisaroh, S., & Mayasari, D. (2020). Penggunaan Media Audio Visual Berbasis Kearifan Budaya Lokal pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1594–1602. ttps://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.923
Fitriyani, R., Rahmawati, E., & Indah, R. P. S. (2025). Analisis Metode Bercerita Berbasis Digital untuk Meningkatkan Minat Baca pada Anak Usia Dini. Jurnal Kridatama Sains dan Teknologi, 7(01), 114–122. https://doi.org/10.53863/kst.v7i01.1520
Gusman, D. T., Wati, W., & Lageni, I. B. (2022). Sosialisasi Dampak Positif Penggunaan gadget Bagi Siswa. Jurnal UMJ, 1–6. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/14472
Hermanto. (2014). Kepemimpinan Abu Bakar Ash-Shiddiq dan Nilai-nilai Pendidikan Islam yang Terkandung di Dalamnya [Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/24771/3/HERMANTO-FITK.pdf
Hidayati, U., Pusari, R. W., & Dewi Sagala, A. C. (2024). Peningkatan Bahasa Ekspresif Anak Usia 3-4 Tahun melalui Buku Cerita Little Abid. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 32–42. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i1.2668
Hidayati, W., & Saleh, F. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Wanita Dari Para Istri Nabi (Analisis Surat Al-Ahzab Ayat 28-35 dalam Kitab Tafsir Al_Azhar Karya Buya Hamka). El-Tarbawi, 14, 182–209. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol12.iss2.art4
Huda, S. N., & Afrina, F. (2020). Rasulullah Sebagai Role Modelbagi Pendidik (Kajian Terhadap Al-Qur’an Surah Al-Ahzab Ayat 21). Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 72–88. https://doi.org/https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i1.9
Khofifah, E. N., & Mufarochah, S. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. At-Thufuly: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 60-65. https://doi.org/10.37812/atthufuly.v2i2.579
Mubarok, M. S. Al, & Muhammad, A. R. (2024). Tipologi Kepemimpinan Abu Bakar Ash –Shiddiq Terhadap Nilai –Nilai Pendidikan Agama Islam. Raqib: Jurnal Studi Islam, 01(01), 74–86. https://jurnal.isqi.or.id/index.php/raqib/article/view/9/7
Nurdyansa. (2022). Biografi Abu Bakar Ash Shiddiq, Kisah Sang Khulafaur Rasyidin. Biografiku.Com. https://www.biografiku.com/biografi-abu-bakar-as-siddiq-khulafaur-rasyidin
Pamungkas, J. (2016). Pentas Wayang Bocah Sebagai Sarana Media Pendidikan Seni Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 753–758. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12371
Philips, E. (2024). 10 Sahabat Nabi Paling Terkenal dan Cerita Singkat Inspiratif Mereka! Rislah.Com. https://rislah.com/10-sahabat-nabi-paling-terkenal-dan-cerita-singkat-inspiratif-mereka/
Rahayu, P. (2019). Pengaruh Era Digital Terhadap Perkembangan Bahasa ANAK. Al-Fathin: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 02, 47–59. https://doi.org/https://doi.org/10.32332/al-fathin.v2i2.1423
Rahmatullah, M. (2014). Kepemimpinan Khalifah Abu Bakar Al-Shiddiq. Jurnal Khatulistiwa – Journal of Islamic Studies, 04. https://core.ac.uk/download/pdf/236211972.pdf
Retnasari, H., Rahayu, A. P., Veronica, N., & Wahono, W. (2023). Eksistensi Storytelling Berbasis Cerita Rakyat sebagai Upaya Menumbuhkan Karakter Kepedulian Sosial Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 3087–3099. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.3660
Rochmat, A. M. (2020). Biografi Abu Bakar: Menjadi Khalifah hingga Wafat. NU Online. https://nu.or.id/sirah-nabawiyah/biografi-abu-bakar-menjadi-khalifah-hingga-wafat-kyVPb
Rusdi, M., Kamal, M., Wati, S., & Aprison, W. (2024). Peran Orang Tua dalam Membina Akhlak bagi Anak dalam Lingkungan Keluarga di Jorong Balai Panjang Nagari Saniang Baka. Hikmah: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, 1(4), 32–41. https://doi.org/https://doi.org/10.61132/hikmah.v1i4.190
Suarta, I. N., & Rahayu, D. I. (2018). Model Pembelajaran Holistik Integratif di PAUD Untuk Mengembangkan Potensi Dasar Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 3(1), 37–45. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jipp.v3i1.48
Syafitri, Y. N. V. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran: Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Melalui Buku Cerita Bergambar Berbasis Digital. Innovative: Journal of Social Science Research, 4(6), 9901–9915. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i6.19736
Syaifudin, A., Risqiati, Hapsoro, W., Darmawan, A. S., & Sugianti, D. (2024). Edukasi Pendampingan Orang Tua Murid Mengenai Dampak Penggunaan Gawai Bagi Perkembangan Anak Usia Dini Di Tk Cempaka 01 Pekalongan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Abdi Nusa, 4(3), 236–242. https://doi.org/https://doi.org/10.52005/abdinusa.v4i3.262
Wikrama, M. F., & Ferianto. (2022). Meneladani Kisah Seorang Muadzin Pertama, Bilal Bin Rabbah. Jurnal Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 06(02), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.35706/wkip.v6i02.8875
Yani, A. (2022). Khulafah Al-Rasyidun: Menelaah Kepemimpinan Abu BakarAl-Shiddiq. CARITA: Jurnal Sejarah dan Budaya, 01, 33–44. https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/carita/article/view/3418/1190
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hilyatul Karimah Azzahra, Wafiq Wahidatus Sa'diyah, Dwi Istiyani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Please find the rights and licenses in Tunas Cedekia. By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
Tunas Cedekia's spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Tunas Cedekia permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and Tunas Cedekia on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Tunas Cedekia will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Tunas Cedekia will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
Tunas Cedekia will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. Tunas Cedekia's editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Â
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
Tunas Cendekia: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0)