INTEGRASI BUDAYA DAN NILAI ISLAMI: MENGAJARKAN ANAK USIA DINI KETELADANAN ABU BAKAR ASH-SHIDDIQ DENGAN MEDIA WAYANG

Authors

  • Hilyatul Karimah Azzahra UIN Walisongo Semarang
  • Wafiq Wahidatus Sa'diyah UIN Walisongo Semarang
  • Dwi Istiyani UIN Walisongo Semarang

DOI:

https://doi.org/10.24256/tunascendekia.v8i2.6238

Keywords:

Abu Bakar Ash-Shiddiq, buku cerita,, wayang, pendidikan karakter, anak usia dini

Abstract

Masa anak-anak merupakan periode krusial yang menjadi landasan penting dalam membentuk kepribadian. Pada fase ini, pendidikan karakter memegang peran sangat penting dalam membimbing anak-anak untuk memahami nilai moral dan etika yang akan dibawa hingga dewasa. Di era digital saat ini, anak-anak memerlukan role model positif yang dapat menginspirasi perilaku baik mereka. Salah satu tokoh yang patut diteladani adalah Abu Bakar Ash-Shiddiq, sahabat terdekat Rasulullah SAW yang terkenal dengan kejujuran, keberanian, kedermawanan, dan keteguhan imannya. Penelitian ini bertujuan mengajarkan anak-anak untuk meneladani sifat-sifat mulia Abu Bakar Ash-Shiddiq melalui buku cerita dan media wayang. Kombinasi kedua media ini dipilih karena dapat menyajikan pembelajaran yang holistik dan menarik bagi anak usia dini. Penggunaan buku cerita membantu merangsang imajinasi, sementara wayang sebagai media visual berbasis kearifan lokal membuat pembelajaran lebih interaktif dan mudah dipahami. Penelitian dilaksanakan di TK Tarbiyatul Atfal 04 Kendal pada November 2023 menggunakan metode sejarah dan studi kepustakaan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan perubahan positif pada anak-anak yang menjadi lebih jujur, dermawan, pemberani, bertanggung jawab, serta memahami kisah inspiratif Abu Bakar Ash-Shiddiq dalam kehidupan sehari-hari mereka.

References

Abu Suhud, M. (2008). Problematika Dakwah Internal Khalifah Abu Bakarash-Shiddiqdan Upaya Mengatasinya. Manajemen Dakwah, 1(1).

Afnan, A., Aswir, A., & Haidir, H. (2024). Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini. Jurnal Literasiologi, 12(5). https://doi.org/10.47783/literasiologi.v12i5.865

Aisy, S. (2018). Kecintaan Abu Bakar kepada Rasulullah saw. Suaramuslim.Net. https://suaramuslim.net/kecintaan-abu-bakar-kepada-rasulullah-saw/

Budiarti, E., Lesmana, D. E., Annisa, N., & Darlis, D. (2022). Meningkatkan Kemampuan Sikap Empati Anak Usia Dini Melalui Mendongeng Cerita Sejarah Islam. Journal Analytica Islamica, 11(2), 365–380. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/analytica/article/view/13914

Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 203–213. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17707

Chaniago, C. S., Azhari, P., & Ardianti, S. (2023). Nilai-Nilai Keteladanan Yang Terdapat Dalam Sosok Abu Bakar Ash-Shiddiq R.A dan Relevansinya Dengan Materi Akidah Akhlak di Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Tarbiyah; Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan, 07, 41–56. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/109943815/332-690-1-PB-libre.pdf?1704259519=&response-content-disposition=inline%3B+filename%3DNilai_Nilai_Keteladanan_Yang_Terdapat_Da.pdf&Expires=1731074632&Signature=PqRcWHcRaYyAe8dR62Pq5fvGYwNRmEY9cARlfXTjrtn6RFM7

Darihastining, S., Aini, S. N., Maisaroh, S., & Mayasari, D. (2020). Penggunaan Media Audio Visual Berbasis Kearifan Budaya Lokal pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1594–1602. ttps://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.923

Fitriyani, R., Rahmawati, E., & Indah, R. P. S. (2025). Analisis Metode Bercerita Berbasis Digital untuk Meningkatkan Minat Baca pada Anak Usia Dini. Jurnal Kridatama Sains dan Teknologi, 7(01), 114–122. https://doi.org/10.53863/kst.v7i01.1520

Gusman, D. T., Wati, W., & Lageni, I. B. (2022). Sosialisasi Dampak Positif Penggunaan gadget Bagi Siswa. Jurnal UMJ, 1–6. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/14472

Hermanto. (2014). Kepemimpinan Abu Bakar Ash-Shiddiq dan Nilai-nilai Pendidikan Islam yang Terkandung di Dalamnya [Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/24771/3/HERMANTO-FITK.pdf

Hidayati, U., Pusari, R. W., & Dewi Sagala, A. C. (2024). Peningkatan Bahasa Ekspresif Anak Usia 3-4 Tahun melalui Buku Cerita Little Abid. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 32–42. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i1.2668

Hidayati, W., & Saleh, F. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Wanita Dari Para Istri Nabi (Analisis Surat Al-Ahzab Ayat 28-35 dalam Kitab Tafsir Al_Azhar Karya Buya Hamka). El-Tarbawi, 14, 182–209. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol12.iss2.art4

Huda, S. N., & Afrina, F. (2020). Rasulullah Sebagai Role Modelbagi Pendidik (Kajian Terhadap Al-Qur’an Surah Al-Ahzab Ayat 21). Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 72–88. https://doi.org/https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i1.9

Khofifah, E. N., & Mufarochah, S. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. At-Thufuly: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 60-65. https://doi.org/10.37812/atthufuly.v2i2.579

Mubarok, M. S. Al, & Muhammad, A. R. (2024). Tipologi Kepemimpinan Abu Bakar Ash –Shiddiq Terhadap Nilai –Nilai Pendidikan Agama Islam. Raqib: Jurnal Studi Islam, 01(01), 74–86. https://jurnal.isqi.or.id/index.php/raqib/article/view/9/7

Nurdyansa. (2022). Biografi Abu Bakar Ash Shiddiq, Kisah Sang Khulafaur Rasyidin. Biografiku.Com. https://www.biografiku.com/biografi-abu-bakar-as-siddiq-khulafaur-rasyidin

Pamungkas, J. (2016). Pentas Wayang Bocah Sebagai Sarana Media Pendidikan Seni Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 753–758. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12371

Philips, E. (2024). 10 Sahabat Nabi Paling Terkenal dan Cerita Singkat Inspiratif Mereka! Rislah.Com. https://rislah.com/10-sahabat-nabi-paling-terkenal-dan-cerita-singkat-inspiratif-mereka/

Rahayu, P. (2019). Pengaruh Era Digital Terhadap Perkembangan Bahasa ANAK. Al-Fathin: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 02, 47–59. https://doi.org/https://doi.org/10.32332/al-fathin.v2i2.1423

Rahmatullah, M. (2014). Kepemimpinan Khalifah Abu Bakar Al-Shiddiq. Jurnal Khatulistiwa – Journal of Islamic Studies, 04. https://core.ac.uk/download/pdf/236211972.pdf

Retnasari, H., Rahayu, A. P., Veronica, N., & Wahono, W. (2023). Eksistensi Storytelling Berbasis Cerita Rakyat sebagai Upaya Menumbuhkan Karakter Kepedulian Sosial Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 3087–3099. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.3660

Rochmat, A. M. (2020). Biografi Abu Bakar: Menjadi Khalifah hingga Wafat. NU Online. https://nu.or.id/sirah-nabawiyah/biografi-abu-bakar-menjadi-khalifah-hingga-wafat-kyVPb

Rusdi, M., Kamal, M., Wati, S., & Aprison, W. (2024). Peran Orang Tua dalam Membina Akhlak bagi Anak dalam Lingkungan Keluarga di Jorong Balai Panjang Nagari Saniang Baka. Hikmah: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, 1(4), 32–41. https://doi.org/https://doi.org/10.61132/hikmah.v1i4.190

Suarta, I. N., & Rahayu, D. I. (2018). Model Pembelajaran Holistik Integratif di PAUD Untuk Mengembangkan Potensi Dasar Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 3(1), 37–45. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jipp.v3i1.48

Syafitri, Y. N. V. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran: Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Melalui Buku Cerita Bergambar Berbasis Digital. Innovative: Journal of Social Science Research, 4(6), 9901–9915. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i6.19736

Syaifudin, A., Risqiati, Hapsoro, W., Darmawan, A. S., & Sugianti, D. (2024). Edukasi Pendampingan Orang Tua Murid Mengenai Dampak Penggunaan Gawai Bagi Perkembangan Anak Usia Dini Di Tk Cempaka 01 Pekalongan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Abdi Nusa, 4(3), 236–242. https://doi.org/https://doi.org/10.52005/abdinusa.v4i3.262

Wikrama, M. F., & Ferianto. (2022). Meneladani Kisah Seorang Muadzin Pertama, Bilal Bin Rabbah. Jurnal Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 06(02), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.35706/wkip.v6i02.8875

Yani, A. (2022). Khulafah Al-Rasyidun: Menelaah Kepemimpinan Abu BakarAl-Shiddiq. CARITA: Jurnal Sejarah dan Budaya, 01, 33–44. https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/carita/article/view/3418/1190

Downloads

Published

2025-10-01

How to Cite

Karimah Azzahra, H., Wahidatus Sa'diyah, W., & Istiyani, D. (2025). INTEGRASI BUDAYA DAN NILAI ISLAMI: MENGAJARKAN ANAK USIA DINI KETELADANAN ABU BAKAR ASH-SHIDDIQ DENGAN MEDIA WAYANG. Tunas Cendekia : Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 58–68. https://doi.org/10.24256/tunascendekia.v8i2.6238

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.