PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI PENGGUNAAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE PADA SISWA KELAS V DI SDN 24 TEMMALEBBA KECAMATAN BARA KOTA PALOPO
DOI:
https://doi.org/10.24256/pijies.v1i2.403Keywords:
Model Example non Example, Keterampilan Berbicara.Abstract
References
Boediono, Koster Wayan. 2001. Statistika dan Probabilitas, Cet I: Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Darisman, Muh, Damyati Sumaryati, 2015. Mudah Belajar Bahasa Indonesia, Bogor: Yudhistira.
Isjoni. 2011. Cooperative Learning Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok. Cet V: Bandung: Alpabeta.
Jauhar, Mohammad. 2011. Implementasi Paikem dari Behavioristik sampai Kontuktivistik, Jakarta: Prestasi Pustakarya.
Kunandar. 2007. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Muhadjir Noeng. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Cet II: Yogyakarta: Rake Sarasin.
Nurjdan, S., Rustan, E. 2010. Kunci Sukses Berbahasa Indonesia. Cet STAIN Palopo.
Pribadi A, Benny. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Cet I: Jakarta: Dian Rakyat.
Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Cet IV: Jakarta: Kharisma Putra Utama.
Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran. Cet V: Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Rustan, E. (2010). Pembelajaran Bahasa dan Sastra Daerah Berbasis Multikultural dalam Mewujudkan Pendidikan yang Berkarakter di Era Globalisasi. In Hanna, Firman, & S. Safitri (Eds.), Kongres Internasional Bahasa-bahasa Daerah Sulawesi Tenggara (pp. 247–249). Baubau.
Rustan, E., & Subhan. (2018). Komunikasi Verbal Anak Pesisir Usia 7-8 Tahun Pada Transakasi Penjualan Produk Kebudayaan Dengan Turis mancanegara. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(1), 12–28. https://doi.org/10.21009/JPUD.121 02
Sahertian, Piet dan Sahertian, Aleida, Ida. 2001. Supervisi Pendidikan dalam Rangka Program Inservice Education, Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sanddhono, Kundharu dan Slamet. 2014. Pembelajaran Keterampilan Bahasa Indonesia. Cet I: Yogyakarta: Graham Ilmu.
Sanjaya Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Cet I: Jakarta: Kencana.
Slavin. 2011. Model-model Pembelajaran Inovatif. Cet II: Bandung: Alfabeta.
Slavin E Robert. 2011. Cooperative Learning. Cet X: Bandung: Nusa Media.
Subana & Sunarti. 2004. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.
Sudjana, Nana. 2011. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Cet XII: Bandung: Sinar Baru Algensido.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem, Yogyakarta: Bima Bayu Atijah.
Suryabrata, Sumadi. 2010. Psikologi Pendidikan. Ed. 5-17: Jakarta: Rajawali Pers.
Syamsu S. 2015. Strategi Pembelajaran Meningkatkan Kompetensi Guru. Cet I: Makassar: Aksara Timur.
Taniredja, Tukiran dan Faridli, Miftah, Efi. 2011. Model-model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.
Taniredja, Tukiran. 2011. Model-model Pembelajaran Inovatif. Cet II: Bandung: Alfabeta.
Thaha, H., & Rustan, E. (2017). Orientasi Religiusitas dan Efikasi Diri dalam Hubungannya dengan Kebermaknaan Pendidikan Agama Islam pada Mahasiswa IAIN Palopo. Studi Agama Dan Masyarakat, 13(2), 163–179. https://doi.org/10.23971/jsam.v13i2.551
Wahyuningrum, Septri, & Winarni Retno, Matsuri. 2017. ” Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token”, (On Line) http:// jurnal.ftkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/ article/view/6243.
Wena, Made. 2012. Strategi Pembelajaran Inovatif Konteporer suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Cet VII: Jakarta: Bumi Akasara.
Zulela. 2012. Pembelajaran Bahasa Indonesia. Cet I: Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright notice:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access)