Pengaruh Media Gambar Sketsa Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.24256/pijies.v2i2.962Keywords:
Gambar sketsa, Media, Karangan Deskripsi.Abstract
Penelitian ini bertujuan adalah untuk mengetahui bentuk penerapan penggunaan media gambar sketsa terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar sketsa terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas III di SDN 50 Bulu Datu Kota Palopo. Penelitian ini menggunakan penelitian desain atau rancangan Quasi Experimental Design dengan teknik penelitian Nonequivalent Control Group Design dan pendekatan kuantitatif. Adapun instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran tanpa media gambar memberikan pengaruh terhadap pemberian media gambar sketsa terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas III SDN 50 Bulu Datu Kota Palopo dengan uji kesamaan dua rata-rata kondisi akhir antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, diperoleh deviasi standar gabungan (dsg) = 8,1430dan Zhitung= 10,5367 dan Ztabel = 1,96. Dimana taraf signifikan ± = 0,05. Karena Zhitung> Ztabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya, rata-rata nilai pemahaman konsep kelas eksperimen tergolong baik dari kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemberian media gambar sketsa dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas III SDN 50 Bulu Datu Kota Palopo. Hasil analisis data yang dilakukan setelah diterapkan media gambar yang berbeda pada kelas kontrol dan kelas eksperimen, terlihat bahwa nilai keterampilan menulis karangan deskripsi kedua kelas tersebut berbeda secara nyata. Artinya kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki perbedaan yang cukup signifikan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2019 Pedagogik Journal of Islamic Elementary School
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright notice:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access)