ANALISIS PERBANDINGAN MINAT WARGA PERUM BRP DALAM MEMILIH REKENING BANK SYARIAH DAN BANK KONVENSIONAL
DOI:
https://doi.org/10.24256/alw.v8i1.3683Keywords:
, Islamic Bank, Conventional Bank, InterestAbstract
Islamic banking from year to year continues to experience very rapid growth. However, its market share is still very small. Because there are still many Muslim citizens who prefer conventional banks to Islamic banks. The purpose of this study is to understand the comparison of the interest in saving in RT 03 Perum BRP society in Islamic banks and conventional banks. In this study, the methodology used is a qualitative method with sampling using the point of view that is distributed to the respondents. The population in this study was the community of RT 03 Perum BRP, totaling 149 people, while the research sample taken was 47 people. The research shows that the public interest in RT 03 Perum BRP towards conventional banks is still quite high compared to Islamic banks. The cause of this is due to external factors in the form of rules from the company or office as a condition for taking employee salaries.
Perbankan syariah dari tahun ke tahun terus mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Namun pangsa pasarnya masih dikatakan sangat kecil. Karena justru masih banyak warga muslim yang lebih memilih bank konvesional daripada bank syariah. Tujuan dari penelitian ini ialah agar dapat memahami perbandingan minat menabung masyarakat RT 03 Perum BRP di bank syariah dan bank konvensional. Pada penelitian ini, metodologi yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pengambilan sampelnya menggunakan angket yang disebarkan kepada responden. Populasi pada penelitian ini yaitu masyarakat RT 03 Perum BRP yang berjumlah 149 orang, sedangkan sampel penelitian yang diambil berjumlah 47 orang. Penelitian memberikan hasil bahwa minat masyarakat RT 03 Perum BRP terhadap bank konvensional masih cukup tinggi dibanding dengan bank syariah. Penyebab hal ini ialah karena adanya faktor eksternal berupa aturan dari perusahaan atau kantor sebagai syarat untuk pengambilan gaji karyawan.
References
Alwi, Muhammad, Muslimin H. Kara, M. Wahyuddin Abdullah, and Muhammad Fachrurrazy. “Konsep Maqasid As Syariah Dalam Perbankan Syariah.†Al-Amwal: Journal of Islamic Economic Law 7, no. 2 (2022): 56–80.
Ismail, Nur Amal Mas. “SINERGITAS KONSEP MAQASHID AL-SYARIAH DENGAN REALISASI WISATA DI KABUPATEN BONE.†Al-Amwal : Journal of Islamic Economic Law 7, no. 2 (2022): 24–35. https://doi.org/https://doi.org/10.24256/alw.v7i2.2921.
Lexy J. Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif, 2018. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1133305.
Mardani, Dede Aji, and Riska Gunawati. “Apakah Religiusitas Sebagai Faktor Penarik Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus BMT Idrisiyyah Tasikmalaya).†JURNAL SOSIAL EKONOMI DAN HUMANIORA, 2020. https://doi.org/10.29303/jseh.v6i1.79.
Muang, Muh. Shadri Kahar, Edi Indra Setiawan, and Rikal Fajar Masati. “Customer Loyalty: Improve Customer Relationship Management That Impact the Customer Satisfaction.†Al-Amwal : Journal of Islamic Economic Law 5, no. 1 (2021): 47–58. https://doi.org/10.24256/alw.v5i1.1563.
Naja, Khaizi Muhammad Hifzhun. “Analisis Perbandingan Minat Mahasiswa Akuntansi Universitas Islam Indonesia Dalam Menabung Di Bank Syariah Dan Bank Konvensional,†2019. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/16532.
Nuryati, Siska. “Analisis Perbandingan Minat Masyarakat Desa Sako Margasari Untuk Menabung Di Bank Syari’Ah Dan Bank Konvensional.†Juhanperak 2, no. 2 (2020): 707–20.
Uyun, Arifatul. “TINJAUAN HUKUM E-COMMERS DALAM MENGHIMPUN ZAKAT SECARA ONLINE†7, no. 2 (2016): 1–23. https://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/alamwal/article/view/2465.