Thatbiq Hifdz al-Mufradat li Taarqiyyah Maharah al-Imla' Laday Thalabah al-Madrasah al-Tsanawiyyah al-Mutakamilah Hidayatullah Palopo
DOI:
https://doi.org/10.24256/jale.v1i1.361Abstract
Abstrak
Penelitian ini berbicara tentang implementasi menghapal kosakata dalam meningkatkan keterampilan imla pada siswa-siswi dari Sekolah Menengah Pertama Integral Hidayatullah Palopo. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Adapun metode pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner, dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah: 1. Penerapan menghapal kosakata di sekolah Madrasah Tsanawiyah Integral Hidayatullah Palopo sangat menarik dan menyenangkan siswa. Dalam penerapan metode menghapal kosakata dalam bahasa Arab, guru menuntut tetapi dapat membuat belajar menjadi menarik dan menyenangkan sehingga peserta didik dapat bersemangat dan siap untuk menyerap pelajaran. 2. Keterampilan imla di Sekolah Menengah Pertama Integral Hidayatullah Palopo telah meningkat. Hal ini disebabkan karena dalam pembelajaran guru mampu menjadikan suasana yang menenangkan dan menarik, sehingga keterampilan imla dengan metode hapalan dari siswa-siswi menjadi menigkat. 3. Penerapan hapalan kosakata di Sekolah Menengah Pertama Integral Hidayatullah Palopo sangat berpengaruh dalam kemampuan imla dalam metode pembelajaran yang bertujuan untuk menentukan keberhasilan siswa. Sesugguhnya metode pembelajaran bertujuan untuk memudahkan siswa dalam memahami pelajaran terutama bahasa Arab.
Kata kunci: Penerapan metode hapalan kosa kata, maharah imla
References
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Cet. XII; Jakarta: Renika Cipta, 1993.
Arsyad, Azhar ,Metodologi Pembelajaran Bahasa Asing Buat Pengajaran – pengajaran Bahasa Arab ,Cet.1-Ujung pandang: Ahkam,1998,
Hasanuddin, Muhammad Irfan, Metodologi Pembelajran Bahasa Arab , Cet.1 ; Palopo LPS STAIN Palopo, 2010
Ibrahim, Abdul Alim, Al-Muwajjahul Fanniyu Li-Mudarisati al-Lughati Arabiya , Cet. X; Bandung : Al-Ma’arif, t.th.
Miftahul Jannah “Pengaruh Pembelajaran Bahasa Arab Terhadap Penguasaan Kosa Kata Pada Sswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTSN) Belopa (Skipsi: Perpustakaan IAIN Palopo, 2010.
Poerwadarminta, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Duta Rakyat, 2002.
Tarangi, Henri Guntur. Pelajaran Kosa Kata. Cet. III; Bandung: Angkasa, 1993.
,???? ,??????? ??? ???? ( ??? ????? ???????? ?????? ),( ?????????: ??????? ????????? ?????????, 2012
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
This work is licensed under CC BY-SA 4.0
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.