Masyakil al-Kafa-a laday al-Thalabah bi Syubah al-Tadris al-Lugah al-'Arabiyyah lil Mustawa al-Khamis 'an al-Ta'allum al-Maf'ul Bih bi al-Jami'ah al-Islamiyyah al-Hukumiyyah Palopo
DOI:
https://doi.org/10.24256/jale.v1i1.362Abstract
Abstrak
Peneliti menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan instrumen di antaranya observasi, wawancara, dokmentasi dan tes. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: 1. Kemampuan mahasiswa program studi pendidikan bahasa Arab semester V di IAIN Palopo tentang pembelajaran maf’ulbih tergolong sedang. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil wawancara peneliti dengan beberapa mahasiswa dan juga kepada dosen pengajar, di mana pad aumumnya mahasiswa hanya mengetahui beberapa pola maf’ulbih yang terbilang sederhana. Selain itu tidak semua mahasiswa mengetahui hukum i’rob maf’ul bih. 2. Faktor yang mempengaruhi kemampuan mahasiswa tentang pembelajaran maf’ulbih ada dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi niat mereka mempelajari bahasa Arab, kecintaan terhadap bahasa arab, bakat yang mereka miliki, minat baca, lingkungan tempat tinggal dan lingkungan kampus yang meliputi ketersedian fasilitas dan jumlah jam pelajaran.
Kata kunci: Problematika, kemampuan, maf’ul bihReferences
?????? ??????
???? ???? ????? ? ??? ????? ?????? ??? ???????????????? : ???? ?????????? 2007?
????? ????? ?????????????? ?????? ???????????? – ????? : ??????? ????????1421?/ 2000?
????? ???? ???? ? ???? ????? ? ??????? ???????? ??????:??????? ????? 2007?
Araa’ini, Syekh Syamsuddin Muhammad, “Mutammimah Aljurumiyah”, diterjemahkan oleh M. Anwar dan Anwar Abu Bakar dengan judul : Ilmu Nahwu, Cet. XIII; Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2012.
A. Zakaria, Ilmu Nahwu Praktis, Garut : Ibn Azka Press, 2004.
Chatibul Umam, Pedoman Dasar Ilmu Nahwu, Jakarta: Darul Ulum Press ,1987.
Mula, M. Amir. Belajar Bahasa Arab Tingkat Dasar, Cet. I; Yogyakarta: Ladang
Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan, Cet. I;Yogyakarta: Bumi Aksara, 2003.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
This work is licensed under CC BY-SA 4.0
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.