Kurikulum Merdeka dan Keterampilan Abad 21: Studi Fenomenologi terhadap Pengalaman Guru

Authors

  • Ika Rahmawati Universitas PGRI Ronggolawe, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/pijies.v8i1.6363

Keywords:

project based learning, keterampilan abad 21, pembelajaran berpusat pada siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi keterampilan abad 21 (Creativity, Critical Thinking, Collaboration, Communication) pada praktik pembelajaran di UPT SD Negeri Kanorejo 2. Studi berlangsung di tahun 2024 dengan melibatkan 70 siswa dan 8 guru sebagai informan. Pendekatan fenomenologi dipilih dalam penelitian ini. Data dihimpun melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui trianggulasi teknik. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa (1) implementasi keterampilan abad 21 dilakukan melalui praktik pembelajaran, yaitu penugasan (creativity dan critical thinking), diskusi kelompok (collaboration), presentasi (communication); (2) Pengalaman guru dalam implementasi keterampilan abad 21 dalam Kurikulum Merdeka lebih mungkin diimplementasikan dilakukan dbandingkan pada kurikulum 13, hal ini dikarenakan struktur kurikulum yang menyediakan projek dan metode pembelajaran student centered. Implikasi dari penelitian adalah faktor pendukung ketampilan abad 21 bagi siswa meliputi metode pembelajaran yang bervariasi, hubungan antar siswa, tingkat kepercayaan diri. Faktor penghambat guru kurang memahami kebutuhan siswa,  siswa tidak percaya diri.

References

Arnyana, I. B. P. (2019). Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kompetensi 4C (Communication, Collaboration, Critical Thingking dan Creative Thingking Untuk Menyongsong Era Abad 21. Prosiding : Konferensi Nasional Matematika Dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi, 1(1), 37–39.

Asy’ari, A., & Hamami, T. (2020). Strategi Pengembangan Kurikulum Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad 21. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 19–34. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.52

Fullan, M. (2007). The New Meaning of Educational Change. In Change (Fourth Edi). Teacher College Press.

Hammond, L. D., Hyler, M. E., Gardner, M., & Espinoza, D. (2017). Effective Teacher Professional Development in the evolution of human and non-human animals. In Learning Policy Institute (Issue June). Learning Policy Institute.

Hattie, J. (2009). Visible learning: A synthesis of over 800 meta-analyses relating to achievement. In Visible Learning: A Synthesis of Over 800 Meta-Analyses Relating to Achievement (first edit). Routledge Taylor & Francis Group. https://doi.org/10.4324/9780203887332

Salinan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran, 112 (2022).

Mignolo, W. D. (2021). The Politics of Decolonial Investigations. In Dorzhiev & Zorikto (Eds.), Duke university Prress. Duke University Press. https://doi.org/10.2307/j.ctv1smjncs

Miles, M. B. A., Huberman, M., & Saldafia, J. (2014). Qualitative Data Analysis A methode Sourcebook 3rd edition. In Helen Salmon (Ed.), SAGE Publication, Inc (3rd ed.). SAGE Publications, Inc. https://doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005

Nurhayati, I., Pramono, K. S. E., & Farida, A. (2024). Keterampilan 4C (Critical Thinking, Creativity, Communication And Collaboration) dalam Pembelajaran IPS untuk Menjawab Tantangan Abad 21. Jurnal Basicedu, 8(1), 36–43. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.6842

Partnership for 21 st Century Skills. (2015). Partnership for 21St Century Skills-Core Content Integration.

Rini, A. P., Firmansyah, N. F., Widiastuti, N., Christyowati, Y. I., & Fatirul, A. N. (2023). Pendekatan Terintegrasi dalam Pengembangan Kurikulum Abad 21. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 2(2), 171–182. https://doi.org/10.55927/jiph.v2i2.3942

Saavedra, A. R., & Darleen Opfer, V. (2012). Learning 21st-century skills requires 21st-century teaching. Phi Delta Kappan, 94(2), 8–13. https://doi.org/10.1177/003172171209400203

Schleicher, A. (2018). World Class: How to build a 21st-century school system, Strong Performers and Successful Reformers in Education. In C. You & A. Diverrez (Eds.), Comparative Education (Vol. 56, Issue 2). OECD Publishing. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1787/4789264300002-e

Souba, W. W. (2014). The Phenomenology of Leadership. Open Journal of Leadership, 03(04), 77–105. https://doi.org/10.4236/ojl.2014.34008

Startyaningsih, T., Sumarno, S., & Dwijayanti, I. (2024). Analisis Hambatan dan Solusi dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di SDN Jomblang 03. Tematik: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 3(1), 48–55. https://doi.org/10.57251/tem.v3i1.1401

Wekke, ismail suardi D. (2019). Metode Penelitian Sosial. In I. Fatria (Ed.), Bandung (Cetakan 1, Issue Oktober 2019). Gawe Buku (Group penerbit CV. Adi Karya Mandiri).

Widiana, I. W. (2023). Mengembangkan kemampuan berpikir metakognitif di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan, 15. https://cdn.undiksha.ac.id/wp-content/uploads/2023/01/18062634/15-Orasi-Ilmiah-Prof.-Dr.-I-Wayan-Widiana-S.Pd_.-M.Pd_.pdf

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Rahmawati, I. (2025). Kurikulum Merdeka dan Keterampilan Abad 21: Studi Fenomenologi terhadap Pengalaman Guru. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 8(1), 169–182. https://doi.org/10.24256/pijies.v8i1.6363

Issue

Section

Articles

Citation Check