Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Canva dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Penyandang Disabilitas Daksa

Authors

  • Ulmi Halviani Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Nurhastuti Nurhastuti Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Damri Damri Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Safarruddin Safarruddin Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/pijies.v8i3.8232

Keywords:

media pembelajaran interaktif, canva, membaca permulaan, disabilitas daksa

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan permasalahan yang ditemui pada anak disabilitas daksa kelas VI yang belum mampu dalam membaca suku kata. Oleh karena itu, anak perlu dibantu dalam proses pembelajaran menggunakan media. Media Canva merupakan media yang dapat membantu dalam membaca permulaan anak. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk melihat efektivitas media pemebelajaran interaktif dengan menggunakan Canva untuk peningkatan kemampuan membaca permulaan bagi anak disabilitas daksa kelas VI di SLB 1 Pariaman. Metode penelitian ini yang digunakan adalah Single Subject Reseacrh (SSR) dengan desain A-B. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian wawancara. Teknik analisis data digunakan analisis visual grafik.  Dari hasil penelitian yang dilakukan sebanyak 9 pertemuan yang terbagi dalam 2 tahap, yaitu tahap baseline (A) sebanyak 3 pertemuan mendapatkan hasil 50%, 50%, 50% dan terakhir intervensi (B) sebanyak 6 pertemuan mendapata hasil 60%, 80%, 80%, 90%, 90%, 90%. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dan diperoleh bahwa kemampuan membaca permulaan bagi anak disabilitas daksa dapat meningkat dengan menggunakan media Canva

References

Adams, M. J. (1994). Beginning to read: Thinking and learning about print.

CAST, C. (2018). Universal design for learning guidelines version 2.2. Http://Udlguidelines. Cast. Org.

Ginayah, R., Iswara, P. D., & Karlina, D. A. (2024). Pengembangan Media Interaktif Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Keterampilan Membaca Permulaan. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(4), 1770–1784. https://doi.org/10.35931/am.v8i4.4066

Hidayat, H., Ilham, I., & Ningsih, R. M. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Digital pada Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 5(4), 424–430. https://doi.org/10.54371/ainj.v5i4.459

Imam, Y. (2020). Penelitian SSR (Single Subject Research) Buku 2. Program Studi Pendidikan Luar Biasa FKIP ULM.

Inzani, Vidia, & Nur. (2022). PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN JEJAK ABJAD PADA MURID AUTIS KELAS I DI SLB–C YPPLB MAKASSAR.

Kartika, S. D., Rahmi, S., & Wibowo, N. A. (2025). Pemanfaatan Permainan Edukatif Digital untuk Meningkatkan Kemampuan Fonologis Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Anak Usia Dini, 1(2), 31–37.

Kementerian Pendidikan dan Budaya. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Fase A-Fase F Untuk SDLB, SMPLB, dan SMALB. Kemendikbud, hal 6.

Maghfiroh, R., & Hendratno, H. (2024). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Aplikasi Canva Untuk Keterampilan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(7). https://doi.org/10.24036/e-jipsd.v12i1.15263

Marlina, S. P. (2023). Single Subject Research (Penelitian Subjek Tunggal)-Rajawali Pers. PT. RajaGrafindo Persada.

Mat, R. C. (2020). Inovasi dan Kreativiti Berteraskan Teknologi (UUM Press). UUM Press.

Mayer, R. E. (2014). Incorporating motivation into multimedia learning. Learning and Instruction, 29, 171–173. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2013.04.003

Nurhastuti, N. (2024). Kesadaran Anti-Bullying Siswa Normal Terhadap Siswa Berkebutuhan Khusus Kelas Xl di SMKN 7 Padang. Orasi: Jurnal Ilmu Politik Dan Sosial, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.63217/orasi.v1i1.6

Oliver, M. (1990). The politics of disablement—New social movements. In The politics of disablement (pp. 112–131). Springer. https://doi.org/10.1007/978-1-349-20895-1_8

Pramesti, T., & Alwi, N. A. (2024). PEMANFAATAN APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(04), 134–139.

Rahmawati, S. T., Wijayama, B., Rahmayanti, N., & Utami, C. P. C. (2023). Media pembelajaran matematika di sekolah dasar era digital. Cahya Ghani Recovery. https://doi.org/10.31237/osf.io/37z5r

Rizki, M. Y., Rukhmana, T., Ikhlas, A., Sari, I. W., & Pesak, S. A. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis HOTS untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika. Indonesian Research Journal on Education, 4(4), 3140–3145. https://doi.org/10.31004/irje.v4i4.1516

Said, C. S., Umar, I. N., Muniandy, B., & Desa, S. (2015). Aplikasi Teknologi Multimedia dalam Pembelajaran Sains Biologi: Kesan Terhadap Pelajar Berbeza Tahap Keupayaan Spatial: Multimedia Technology Application in Biology Science Learning: Effects on Students with Different Levels of Spatial Ability. Journal of ICT in Education, 2, 12–25.

Suleman, D., Hanafi, Y. R., & Rahmat, A. (2021). Meningkatkan kemampuan siswa membaca permulaan melalui metode Scramble di kelas II SDN 3 Tibawa Kabupaten Gorontalo. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 713–726. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.713-726.2021

Downloads

Published

2025-10-29

How to Cite

Halviani, U., Nurhastuti, N., Damri, D., & Safarruddin, S. (2025). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Canva dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Penyandang Disabilitas Daksa. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 8(3), 944–954. https://doi.org/10.24256/pijies.v8i3.8232

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.