Efektivitas Metode Forward Chaining untuk Meningkatkan Keterampilan Memasang Tali Sepatu pada Anak Cerebral Palsy

Authors

  • Melvia Sridenty.M Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Johandri Taufan Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Nurhastuti Nurhastuti Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Ardisal Ardisal Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/pijies.v8i3.8147

Keywords:

tali sepatu, forward chaining, cerebral palsy

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan permasalahan yang ditemukan di SLB Autisma YPPA Bukittinggi, di mana terdapat anak cerebral palsy yang belum mampu memasang tali sepatu secara mandiri pada pembelajaran bina diri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode forward chaining dalam meningkatkan keterampilan memasang tali sepatu pada anak cerebral palsy. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan pendekatan Single Subject Research (SSR) menggunakan desain A-B-A. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes perbuatan, sedangkan analisis data menggunakan metode analisis visual grafik. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang anak cerebral palsy di SLB Autisma YPPA Bukittinggi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 14 kali pertemuan. Pada fase baseline (A1) yang dilakukan selama tiga kali pertemuan, diperoleh persentase kemampuan anak sebesar 43%, 43%, dan 43%. Pada fase intervensi (B) yang dilaksanakan sebanyak tujuh kali pertemuan, kemampuan anak menunjukkan peningkatan dengan hasil persentase sebesar 65%, 79%, 86%, 86%, 92%, 92%, dan 92%. Sedangkan pada fase baseline (A2) tanpa pemberian intervensi yang dilakukan selama empat kali pertemuan, diperoleh hasil sebesar 86%, 92%, 92%, dan 92%. Berdasarkan hasil analisis data visual grafik, dapat disimpulkan bahwa metode forward chaining efektif dalam meningkatkan keterampilan memasang tali sepatu pada anak cerebral palsy.

References

Akmal, D. R., Noviyanti, A. D., Rahman, D. W., Sulistia, O., Adi, S. A. N., Novitasari, M., & Pratama, K. S. (2023). Improving Self-Development Capability in Dressing Through the Application of Demonstration Method for Cerebral Palsy Quadriplegia Children. Jurnal Asesmen Dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus, 23(1), 74–83. https://doi.org/10.17509/jassi.v23i1.67895

Firdaus. (2018). Pengaruh Bina Diri untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Tunagrahita SDLBN Sumbang III Bojonegoro. Jurnal Keislaman Dan Pendidikan, 9(2), 18–28. http://e-jurnal.staiattanwir.ac.id/index.php/attanwir/article/view/4

Hallahan, D. P., Kauffman, J. M., & Pullen, P. C. (2019). Exceptional Learners: An Introduction to Special Education (14th ed.). Pearson Education, Inc.

Intansari, F., Larasati, B. S., Sari, S. P., Fitriana, R. A., Kasanah, N., & Destalia, I. (2025). Efektivitas Pembelajaran Individual Dalam Mengajarkan Keterampilan Memasang Kancing Baju Pada Anak Cerebral Palsy di Sekolah Luar Biasa (SLB). 7(1), 15–26. https://doi.org/10.30604/abdi.v7i1.1978

Juandi, N., & Tirta, S. (2018). Penerapan Forward Chaining Untuk Meningkatkan Kemampuan Memakai Baju Pada Anak Penyandang Disabilitas Intelektual Sedang. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 2(1), 302. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v2i1.1676

Laililyah, F., Rusli, R., & Safitri, J. (2023). Efektivitas Teknik Forward Chaining Untuk Meningkatkan Kemampuan Menggosok Gigi Pada Anak Dengan Disabilitas Intelektual Kategori Ringan. Journal Psikogenesis, 11(1), 44–53. https://doi.org/10.24854/jps.v11i1.3727

Marlina, M. (2021). Single Subject Research: Penelitian Subjek Tunggal. RajaGrafindo Persada.

Najizah, F., & Prasetyo, F. A. (2022). Pengaruh Postural Control Exercise Pada Anak Cerebral Palsy Spastik Hemiplegi. Jurnal Fisioterapi Dan Rehabilitasi, 6(1), 55–59. https://doi.org/10.33660/jfrwhs.v6i1.169

Nur Rohimah Tisnawati. (2020). Pengaruh Permainan Lego Terhadap Peningkatan Konsentrasi Anak Autis. SPECIAL : Special and Inclusive Education Journal, 1(2), 121–137. https://doi.org/10.36456/special.vol1.no2.a2781

Nurhastuti, N., & Budi, S. (2021).Pendidikan Anak Tunadaksa. Rajawali Pers, PT. RajaGrafindo Persada.

Putri, A., Si, M., Meidina, D. T., & Si, M. (2023). Peningkatan Kemampuan Bina Diri Memakai Sepatu Melalui Teknik Modelling Pada Murid Cerebral Palsy Kelas Dasar III Di SLB Katolik Rajawali Makassar. 2(2), 1–11. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34174

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Sutopo, Ed.). Alfabeta

Susanto. (2023). Pengembangan alat dan teknik evaluasi tes dalam pendidikan. Jurnal Tarbiyah Jamiat Kheir, 1(1).

Wahyuningsih, D., & Hartiani, F. (2021). Efektivitas teknik forward chaining dalam meningkatkan keterampilan mengenakan kemeja berkancing pada anak dengan intellectual disability taraf sedang. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 9(1), 64. https://doi.org/10.22219/jipt.v9i1.13547

Zain, A. R., Ummah, U. S., & Huda, A. (2017). The Effect of Forward Chaining Method towards Self-Help Ability for Wearing Buttoned Clothe for Students with Intellectual Disability in the Grade VII. Journal2.Um.Ac.Id, 4(1), 131–135. http://journal2.um.ac.id/index.php/jppplb/article/view/1882

Downloads

Published

2025-10-25

How to Cite

Sridenty.M, M., Taufan, J., Nurhastuti, N., & Ardisal, A. (2025). Efektivitas Metode Forward Chaining untuk Meningkatkan Keterampilan Memasang Tali Sepatu pada Anak Cerebral Palsy. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 8(3), 875–887. https://doi.org/10.24256/pijies.v8i3.8147

Citation Check

Most read articles by the same author(s)