Efektivitas Metode Forward Chaining untuk Meningkatkan Keterampilan Memasang Tali Sepatu pada Anak Cerebral Palsy
DOI:
https://doi.org/10.24256/pijies.v8i3.8147Keywords:
tali sepatu, forward chaining, cerebral palsyAbstract
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan permasalahan yang ditemukan di SLB Autisma YPPA Bukittinggi, di mana terdapat anak cerebral palsy yang belum mampu memasang tali sepatu secara mandiri pada pembelajaran bina diri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode forward chaining dalam meningkatkan keterampilan memasang tali sepatu pada anak cerebral palsy. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan pendekatan Single Subject Research (SSR) menggunakan desain A-B-A. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes perbuatan, sedangkan analisis data menggunakan metode analisis visual grafik. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang anak cerebral palsy di SLB Autisma YPPA Bukittinggi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 14 kali pertemuan. Pada fase baseline (A1) yang dilakukan selama tiga kali pertemuan, diperoleh persentase kemampuan anak sebesar 43%, 43%, dan 43%. Pada fase intervensi (B) yang dilaksanakan sebanyak tujuh kali pertemuan, kemampuan anak menunjukkan peningkatan dengan hasil persentase sebesar 65%, 79%, 86%, 86%, 92%, 92%, dan 92%. Sedangkan pada fase baseline (A2) tanpa pemberian intervensi yang dilakukan selama empat kali pertemuan, diperoleh hasil sebesar 86%, 92%, 92%, dan 92%. Berdasarkan hasil analisis data visual grafik, dapat disimpulkan bahwa metode forward chaining efektif dalam meningkatkan keterampilan memasang tali sepatu pada anak cerebral palsy.
References
Akmal, D. R., Noviyanti, A. D., Rahman, D. W., Sulistia, O., Adi, S. A. N., Novitasari, M., & Pratama, K. S. (2023). Improving Self-Development Capability in Dressing Through the Application of Demonstration Method for Cerebral Palsy Quadriplegia Children. Jurnal Asesmen Dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus, 23(1), 74–83. https://doi.org/10.17509/jassi.v23i1.67895
Firdaus. (2018). Pengaruh Bina Diri untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Tunagrahita SDLBN Sumbang III Bojonegoro. Jurnal Keislaman Dan Pendidikan, 9(2), 18–28. http://e-jurnal.staiattanwir.ac.id/index.php/attanwir/article/view/4
Hallahan, D. P., Kauffman, J. M., & Pullen, P. C. (2019). Exceptional Learners: An Introduction to Special Education (14th ed.). Pearson Education, Inc.
Intansari, F., Larasati, B. S., Sari, S. P., Fitriana, R. A., Kasanah, N., & Destalia, I. (2025). Efektivitas Pembelajaran Individual Dalam Mengajarkan Keterampilan Memasang Kancing Baju Pada Anak Cerebral Palsy di Sekolah Luar Biasa (SLB). 7(1), 15–26. https://doi.org/10.30604/abdi.v7i1.1978
Juandi, N., & Tirta, S. (2018). Penerapan Forward Chaining Untuk Meningkatkan Kemampuan Memakai Baju Pada Anak Penyandang Disabilitas Intelektual Sedang. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 2(1), 302. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v2i1.1676
Laililyah, F., Rusli, R., & Safitri, J. (2023). Efektivitas Teknik Forward Chaining Untuk Meningkatkan Kemampuan Menggosok Gigi Pada Anak Dengan Disabilitas Intelektual Kategori Ringan. Journal Psikogenesis, 11(1), 44–53. https://doi.org/10.24854/jps.v11i1.3727
Marlina, M. (2021). Single Subject Research: Penelitian Subjek Tunggal. RajaGrafindo Persada.
Najizah, F., & Prasetyo, F. A. (2022). Pengaruh Postural Control Exercise Pada Anak Cerebral Palsy Spastik Hemiplegi. Jurnal Fisioterapi Dan Rehabilitasi, 6(1), 55–59. https://doi.org/10.33660/jfrwhs.v6i1.169
Nur Rohimah Tisnawati. (2020). Pengaruh Permainan Lego Terhadap Peningkatan Konsentrasi Anak Autis. SPECIAL : Special and Inclusive Education Journal, 1(2), 121–137. https://doi.org/10.36456/special.vol1.no2.a2781
Nurhastuti, N., & Budi, S. (2021).Pendidikan Anak Tunadaksa. Rajawali Pers, PT. RajaGrafindo Persada.
Putri, A., Si, M., Meidina, D. T., & Si, M. (2023). Peningkatan Kemampuan Bina Diri Memakai Sepatu Melalui Teknik Modelling Pada Murid Cerebral Palsy Kelas Dasar III Di SLB Katolik Rajawali Makassar. 2(2), 1–11. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34174
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Sutopo, Ed.). Alfabeta
Susanto. (2023). Pengembangan alat dan teknik evaluasi tes dalam pendidikan. Jurnal Tarbiyah Jamiat Kheir, 1(1).
Wahyuningsih, D., & Hartiani, F. (2021). Efektivitas teknik forward chaining dalam meningkatkan keterampilan mengenakan kemeja berkancing pada anak dengan intellectual disability taraf sedang. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 9(1), 64. https://doi.org/10.22219/jipt.v9i1.13547
Zain, A. R., Ummah, U. S., & Huda, A. (2017). The Effect of Forward Chaining Method towards Self-Help Ability for Wearing Buttoned Clothe for Students with Intellectual Disability in the Grade VII. Journal2.Um.Ac.Id, 4(1), 131–135. http://journal2.um.ac.id/index.php/jppplb/article/view/1882
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Melvia Sridenty.M, Johandri Taufan, Nurhastuti Nurhastuti, Ardisal Ardisal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright notice:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access)





This is an open access article under the