Efektivitas Aplikasi Math Kids untuk Meningkatkan Kemampuan Pengurangan bagi Peserta didik Disabilitas Intelektual
DOI:
https://doi.org/10.24256/pijies.v8i3.8131Keywords:
aplikasi math kids, disabilitas intelektual, kemampuan penguranganAbstract
Penelitian ini didasarkan pada permasalahan yang ditemukan di SLB Negeri 1 Muaro Sijunjung, di mana seorang peserta didik dengan disabilitas intelektual ringan belum mencapai tingkat kemampuan maksimal dalam melakukan pengurangan bilangan dari 1 hingga 10. Tujuan utama studi ini adalah untuk membuktikan keefektifan aplikasi math kids dalam meningkatkan keterampilan pengurangan pada peserta didik dengan disabilitas intelektual. Pendekatan yang diterapkan adalah metode eksperimen dengan rancangan penelitian subjek tunggal melalui model A-B-A. Pengumpulan data dilakukan melalui uji coba menggunakan instrumen checklist, sedangkan analisis data disajikan dalam bentuk grafik. Penelitian ini melibatkan satu orang siswa kelas enam dengan disabilitas intelektual di SLB Negeri 1 Muaro Sijunjung. Berdasarkan analisis data dari 14 sesi yang dibagi ke dalam tiga tahap, yakni baseline awal (A1), intervensi (B), dan baseline akhir (A2), hasilnya menunjukkan bahwa pada tahap baseline awal (A1), kemampuan siswa stabil pada 30% selama tiga pengamatan. Pada tahap intervensi (B), terjadi peningkatan bertahap dengan persentase 40%, 50%, 50%, 60%, 60%, 70%, dan 70% dalam tujuh pengamatan. Sedangkan pada tahap baseline akhir (A2), kemampuan siswa terus meningkat, mencapai 80%, 90%, 90%, dan 90% selama empat pengamatan. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa aplikasi math kids terbukti efektif dalam memperbaiki kemampuan pengurangan bilangan 1 sampai 10 pada siswa dengan disabilitas intelektual ringan. Temuan ini menunjukkan bahwa aplikasi tersebut berpotensi sebagai alat pembelajaran matematika yang efektif di lingkungan sekolah khusus.
References
Atmaja, J. R. (2018). Pendidikan dan bimbingan anak berkebutuhan khusus. PT Remaja Rosdakarya.
Efendi, A., Irdamurni, I., Marlina, M., & Efrina, E. (2025). Efektivitas model direct instruksi untuk meningkatkan kemampuan pengurangan bilangan bagi peserta didik. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 6(3), 944–953. https://doi.org/10.54373/imeij.v6i3.3076
Erawati, T., Ayem, S., & Tahu, R. A. (2022). The influence of personal engineering capabilities, education and training, and the advance of information technology on the effectiveness of accounting information systems (Case study on MSMEs in Yogyakarta). J. Ilmu Manaj. Profitab, 6(1), 116–121. https://doi.org/10.26618/profitability.v6i1.6960
Gustina, M., & Nurhastuti, N. (2024). Efektivitas game edukasi Wordwall untuk meningkatkan kemampuan operasi hitung reduksi pada peserta didik cerebral palsy. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 6675–6681. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13429
Hallahan, D. P., Kauffman, J. M., & Pullen, P. C. (2014). Exceptional learners: An introduction to special education (12th ed.). Pearson. https://www.researchgate.net/publication/343324277_Exceptional_Learners
Ika, S. (2025). Pemanfaatan aplikasi math kids untuk mengembangkan berhitung anak usia dini di TK Islam Nurhasanah Bandar Lampung [Tesis doctoral, UIN Raden Intan Lampung]. Repositori UIN Raden Intan Lampung. https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/38120
Komalasari, R. (2020). Manfaat teknologi informasi dan komunikasi di masa pandemi Covid 19. Tematik, 7(1), 38–50. https://doi.org/10.38204/tematik.v7i1.369
Marlina, M. (2021). Single subject research: Penelitian subjek tunggal. PT Raja Grafindo Persada.
Prahmana, R. C. I. (2021). Single subject research teori dan implementasinya: Suatu pengantar. UAD PRESS.
Rahmadani, E., Rahmawati, R., & Nasaruddin, N. (2023). Pengembangan media papan hitung pada materi konsep operasi hitung bagi peserta didik sekolah dasar. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(2), 944–953. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i2.296
Rahmi, K. A. (2025). Meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 melalui aplikasi Wordwall pada anak disabilitas intelektual ringan (Classroom action research di kelas III C SLB Negeri 1 Alahan Panjang) [Skripsi, Universitas Negeri Padang]. Repositori Universitas Negeri Padang.
Refliani, W., & Taufan, J. (2025). Meningkatkan kemampuan penjumlahan bagi peserta didik disabilitas intelektual ringan menggunakan aplikasi Math Master Kids. Jurnal Pendidikan Ilmiah Transformatif, 9(5), 1-5. https://edu.ojs.co.id/index.php/jpit/article/view/900
Sanusi, R., Dianasari, E. L., Khairiyah, K. Y., & Chairudin, R. (2020). Pengembangan flashcard berbasis karakter hewan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak tunagrahita ringan. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(2), 37-46. https://doi.org/10.30734/jpe.v7i2.745
Siregar, A., Rahmayani, Z., & Safira, N. (2023). Penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian pada operasi bilangan bulat. Innovative: Journal of Social Science Research, 3, 6248–6259. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/1092
Siregar, G., Iswari, M., & Efendi, J. (2019). Pemberdayaan tunagrahita ringan sebagai tenaga kerja penjaga kantin. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 3(1), 43–46. https://jpkk.ppj.unp.ac.id/index.php/jpkk/article/view/191
Sudiarta, I. W. (2017). Pengaruh metode jolly phonics terhadap kemampuan membaca dan menulis permulaan bahasa Inggris pada anak kelompok B TK Mahardika Denpasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran PPs Universitas Pendidikan Ganesha, 1(3), 240–251. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/11974/7645
Tinova, A., & Ardisal. (2023). Meningkatkan kemampuan mengenal huruf konsonan menggunakan video animasi pada peserta didik tunagrahita ringan di kelas V SLB Hikmah Miftahul Jannah Padang. Jurnal Pendidikan, 32(2), 207–216. https://doi.org/10.32585/jp.v32i2.3817
Widodo, S. A., Kustantini, K., Kuncoro, K. S., & Alghadari, F. (2021). Single subject research: Alternatif penelitian pendidikan matematika di masa new normal. Journal of Instructional Mathematics, 2(2), 78–89. https://doi.org/10.37640/jim.v2i2.1040
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Fauziah Hilmi, Mega Iswari Biran, Johandri Taufan, Endang Sri Handayani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright notice:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access)





This is an open access article under the