Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Madrasah Ibtidaiyah pada Pembelajaran Matematika
DOI:
https://doi.org/10.24256/pijies.v8i2.7395Keywords:
kemampuan literasi, numerasi, pembelajaran matematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi numerasi siswa kelas IV di MIS Fauzan Al-Islamiyah Marindal dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif. Penelitian dilaksanakan di MIS Fauzan Al Islamiyah Marindal. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV yang berjumlah 22 orang, yang terdiri dari 10 siswa laki-laki, dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kemampuan literasi numerasi siswa terbagi ke dalam tiga kategori, yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Sebanyak 8 siswa memiliki kemampuan literasi numerasi tinggi, 7 siswa berkategori sedang, dan 7 siswa berkategori rendah. Siswa dengan kemampuan tinggi mampu memenuhi keseluruhan indikator literasi numerasi, termasuk kemampuan komunikasi, matematisasi, penalaran, representasi, penggunaan operasi hitung, dan penggunaan alat matematika. Siswa dengan kemampuan sedang memenuhi sebagian besar indikator, sedangkan siswa dengan kemampuan rendah belum mampu memenuhi indikator yang dimaksud. Temuan ini menunjukkan perlunya upaya lebih lanjut dalam meningkatkan kemampuan literasi numerasi melalui pendekatan pembelajaran yang kontekstual dan berpusat pada siswa.
References
Dantes, N., and Handayani, N. N. L. (2021). Peningkatan literasi sekolah dan literasi numerasi melalui model blanded learning pada siswa kelas v sd kota singaraja. Widyalaya: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 269–283.
Kemendikbud. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil. In Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Pelajar Pancasila.
Lestari, N., Yasin, M., and Nurmairina, S. D. (2023). Problematika Pembelajaran di Sekolah Dasar Abad 21. Medan LPPM UMNAW.
Lestari, W. P., and Sujarwo, A. (2018). DevOps: disrupsi pengelolaan ict pendidikan tinggi. In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI).
Mujib, A. (2019). Kesulitan mahasiswa dalam pembuktian matematis: Problem matematika diskrit. Jurnal MathEducation Nusantara, 2(1), 51–57.
Nur, R. R. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Dan Numerasi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Dalam Pemecahan Masalah Matematika. (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).
Pratama, A. Y., Putra, S. D. E., Shofa, A. M. A., and Saputra, M. (2023). Pendidikan Seksual Komprehensif: Standar Materi Dalam Perspektif Indonesia. Suluah Kato Khatulistiwa.
Saputro, R. (2018). Analisis kemampuan literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal tipe PISA 2015. (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Siregar, D. W., and Landong, A. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Model RME (Realistic Mathematics Education) Materi Pecahan pada Kelas IV SD Negeri 068084 Medan Denai. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 4333–4355.
Siskawati, F. S., Chandra, F. E., and Irawati, T. N. (2021). Profil kemampuan literasi numerasi di masa pandemi cov-19. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 3(1), 253–261.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmawarti, S., Hidayat, H., and Liliani, O. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 886–894.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Aldi Aldi, Hidayat Hidayat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright notice:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access)