Efektivitas Metode Graphomotor dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan pada Peserta Didik Hemiplegia Kelas 1

Authors

  • Afrizayuni Azkia Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Johandri Taufan Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Antoni Tsaputra Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Rila Muspita Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Grahita Kusumastuti Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/pijies.v8i3.8156

Keywords:

metode grahomotor, kemampuan menulis permulaan, disabilitas fisik hemiplegia, peserta didik kelas 1

Abstract

Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas graphomotor dalam meningkatkan kemampuan menulis permulaaan peserta didik disabilitas fisik hemiplegia kelas 1. Penelitian ini di dasari belum optimalnya kemampuan motorik halus yang memengaruhi keterampilan menulis permulaan pada peserta didik disabilitas fisik hemiplegia. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen subjek tunggal (Single Subject Research) dengan desain A-B-A. Subjek penelitian terdiri dari satu peserta didik disabilitas hemiplegia kelas I di SLB Negeri 1 Padang Panjang. Data dikumpulkan melalui observasi dan penilaian hasil tulis peserta didik. Data dianalisis menggunakan analisis visual grafik dengan berfokus pada tren, level, dan stabilitas untuk menentukan efektivitas intervensi.. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dari 16 pertemuan yang terbagi menjadi 3 kondisi, yaitu baseline 1 (A1), Intervensi (B), dan Baseline 2 (A2). Paseline A1 menunjukan konsistensi data dengan persentase 38% pada 3 kali pengamatan. Pada kondisi Intervensi (B) terjadi peningkatan bertahap dengan persentase 45%, 45%, 50%, 60%,7 0%, 78%, 78%, 78%. Kemudian pada kondisi baselinea (A2) mendapatkan persentase 78%, 85%, 85%, 85%, 85%. Analisis visual menunjukan adanya peningkatan level baik dalam maupun antar kondisi. Dalam fase intervensi (B), level meningkat sebesar 33% ( dari 45% menjadi 78%). Antar kondisi, level meningkat 7% dari A1 ke B (38%ke 45%) dan 40% dari B ke A2 (45% ke 85%).  Berdasarkan analisis dari pengamatan dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis permulaan dapat meningkat dengan metode graphomotor. Hal ini menunjukan bahwa metode graphomotor dapat digunakan sebagai salah satu metode dalam pembelajaran menulia permulaan.

References

Ali, M. (2021). Peningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Permulaan Dengan Media Gambar Untuk Kelas 2 Pada Sdn 93 Palembang. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 43–51. https://doi.org/10.31851/pernik.v4i1.6796

Anriyani, A. (2024). Pengaruh Media Gambar Sketsa Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi di Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 2(2), 185–196. https://doi.org/10.24256/pijies.v2i2.962

Nurhastuti, & Budi, S. (2021).. Pendidikan Anak Tunadaksa (Dea (Ed.); 1st ed.). PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Galaz, Z., Mucha, J., Zvoncak, V., Mekyska, J., Smekal, Z., Safarova, K., Ondrackova, A., Urbanek, T., Havigerova, J. M., Bednarova, J., & Faundez-Zanuy, M. (2020). Advanced Parametrization of Graphomotor Difficulties in School-Aged Children. IEEE Access, 8, 112883–112897. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2020.3003214

Irah, K., & Wuryani. (2024). Pemberdayaan Guru Slb Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran Anak Tunadaksa Di Kabupaten Sukabumi.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2025). Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah. In https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2024/12/mendikdasmen-perkenalkan-7-kebiasaan-anak-indonesia-hebat (Vol. 15, Issue 1).

Lisma, B. M., Elen, V. P., Emmi, S. H. (2023). Implementasi Pendidikan Bagi Anak Tunadaksa. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(3), 11227–11249.

Muh Zulkifli. (2020). Analisis Data Kuantitatif “Efekitivitas Metode Graphomotor Terhadap Kemampuan Menulis Peserta Didik.” Al-Mujahidah, 1(2), 104–117. https://doi.org/10.51806/al-mujahidah.v1i2.15

Oktaviana, R. (2024). Penerapan Latihan Grapomotor Dalam Meningkatkan Kemampuan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. https://doi.org/10.30999/jpkm.v14i2.3484

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani, undefined. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. 2(1), 1–8. https://www.mendeley.com/catalogue/635e4788-b318-337d-b430-3f0eff3773d7/?utm_source=desktop

Razak, A. (2024). Peningkatan Kemampuan Menulis Prosa Sederhana Berbasis Emosi Pada Siswa Kelas V SDN 09 Mattekko Kota Palopo. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 2(2), 197–208. https://doi.org/10.24256/pijies.v2i2.963

Sari, D. Y., Oktariani, L., & Novira, M. (2024). Upaya dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 03(03), 72–80. https://journal.amikveteran.ac.id/index.php/jpbb/article/view/3837

Republik Indonesia. (2016). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2016 Nomor 69. Jakarta.

Wahyuni, S. (2021). Pendidikan Inklusif pada Anak Berkebutuhan Khusus. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, 2(1), 33–44. https://doi.org/10.33367/ijhass.v2i1.1882

Downloads

Published

2025-10-25

How to Cite

Azkia, A., Taufan, J., Tsaputra, A., Muspita, R., & Kusumastuti, G. (2025). Efektivitas Metode Graphomotor dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan pada Peserta Didik Hemiplegia Kelas 1. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 8(3), 863–874. https://doi.org/10.24256/pijies.v8i3.8156

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)