Efektivitas Metode Graphomotor dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan pada Peserta Didik Hemiplegia Kelas 1
DOI:
https://doi.org/10.24256/pijies.v8i3.8156Keywords:
metode grahomotor, kemampuan menulis permulaan, disabilitas fisik hemiplegia, peserta didik kelas 1Abstract
Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas graphomotor dalam meningkatkan kemampuan menulis permulaaan peserta didik disabilitas fisik hemiplegia kelas 1. Penelitian ini di dasari belum optimalnya kemampuan motorik halus yang memengaruhi keterampilan menulis permulaan pada peserta didik disabilitas fisik hemiplegia. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen subjek tunggal (Single Subject Research) dengan desain A-B-A. Subjek penelitian terdiri dari satu peserta didik disabilitas hemiplegia kelas I di SLB Negeri 1 Padang Panjang. Data dikumpulkan melalui observasi dan penilaian hasil tulis peserta didik. Data dianalisis menggunakan analisis visual grafik dengan berfokus pada tren, level, dan stabilitas untuk menentukan efektivitas intervensi.. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dari 16 pertemuan yang terbagi menjadi 3 kondisi, yaitu baseline 1 (A1), Intervensi (B), dan Baseline 2 (A2). Paseline A1 menunjukan konsistensi data dengan persentase 38% pada 3 kali pengamatan. Pada kondisi Intervensi (B) terjadi peningkatan bertahap dengan persentase 45%, 45%, 50%, 60%,7 0%, 78%, 78%, 78%. Kemudian pada kondisi baselinea (A2) mendapatkan persentase 78%, 85%, 85%, 85%, 85%. Analisis visual menunjukan adanya peningkatan level baik dalam maupun antar kondisi. Dalam fase intervensi (B), level meningkat sebesar 33% ( dari 45% menjadi 78%). Antar kondisi, level meningkat 7% dari A1 ke B (38%ke 45%) dan 40% dari B ke A2 (45% ke 85%). Berdasarkan analisis dari pengamatan dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis permulaan dapat meningkat dengan metode graphomotor. Hal ini menunjukan bahwa metode graphomotor dapat digunakan sebagai salah satu metode dalam pembelajaran menulia permulaan.
References
Ali, M. (2021). Peningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Permulaan Dengan Media Gambar Untuk Kelas 2 Pada Sdn 93 Palembang. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 43–51. https://doi.org/10.31851/pernik.v4i1.6796
Anriyani, A. (2024). Pengaruh Media Gambar Sketsa Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi di Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 2(2), 185–196. https://doi.org/10.24256/pijies.v2i2.962
Nurhastuti, & Budi, S. (2021).. Pendidikan Anak Tunadaksa (Dea (Ed.); 1st ed.). PT RAJAGRAFINDO PERSADA.
Galaz, Z., Mucha, J., Zvoncak, V., Mekyska, J., Smekal, Z., Safarova, K., Ondrackova, A., Urbanek, T., Havigerova, J. M., Bednarova, J., & Faundez-Zanuy, M. (2020). Advanced Parametrization of Graphomotor Difficulties in School-Aged Children. IEEE Access, 8, 112883–112897. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2020.3003214
Irah, K., & Wuryani. (2024). Pemberdayaan Guru Slb Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran Anak Tunadaksa Di Kabupaten Sukabumi.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2025). Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah. In https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2024/12/mendikdasmen-perkenalkan-7-kebiasaan-anak-indonesia-hebat (Vol. 15, Issue 1).
Lisma, B. M., Elen, V. P., Emmi, S. H. (2023). Implementasi Pendidikan Bagi Anak Tunadaksa. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(3), 11227–11249.
Muh Zulkifli. (2020). Analisis Data Kuantitatif “Efekitivitas Metode Graphomotor Terhadap Kemampuan Menulis Peserta Didik.” Al-Mujahidah, 1(2), 104–117. https://doi.org/10.51806/al-mujahidah.v1i2.15
Oktaviana, R. (2024). Penerapan Latihan Grapomotor Dalam Meningkatkan Kemampuan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. https://doi.org/10.30999/jpkm.v14i2.3484
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani, undefined. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. 2(1), 1–8. https://www.mendeley.com/catalogue/635e4788-b318-337d-b430-3f0eff3773d7/?utm_source=desktop
Razak, A. (2024). Peningkatan Kemampuan Menulis Prosa Sederhana Berbasis Emosi Pada Siswa Kelas V SDN 09 Mattekko Kota Palopo. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 2(2), 197–208. https://doi.org/10.24256/pijies.v2i2.963
Sari, D. Y., Oktariani, L., & Novira, M. (2024). Upaya dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 03(03), 72–80. https://journal.amikveteran.ac.id/index.php/jpbb/article/view/3837
Republik Indonesia. (2016). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2016 Nomor 69. Jakarta.
Wahyuni, S. (2021). Pendidikan Inklusif pada Anak Berkebutuhan Khusus. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, 2(1), 33–44. https://doi.org/10.33367/ijhass.v2i1.1882
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Afrizayuni Azkia, Johandri Taufan, Antoni Tsaputra, Rila Muspita, Grahita Kusumastuti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright notice:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access)





This is an open access article under the