Meningkatkan Kemampuan Merawat Luka dalam Pembelajaran Bina Diri melalui Metode Backward Chaining bagi Disabilitas Intelektual di Sekolah Luar Biasa
DOI:
https://doi.org/10.24256/pijies.v8i2.7944Keywords:
disabilitas intelektual, merawat luka, backward chainingAbstract
Penelitian ini dilatarbelangi oleh permasalahan yang ditemukan di SLB Autisma Permata Bunda Bukittinggi, dimana terdapat seorang peserta didik disabilitas intelektual ringan yang belum optimal dalam merawat luka pada program bina diri. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan merawat luka dengan menggunakan metode backward chaining pada peserta didik disabilitas intelektual. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan penelitian subjek tunggal (Single Subject Research) dengan desain A-B. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes praktik dengan menggunakan instrumen ceklis. Analisis data disajikan dengan grafik. Penelitian ini dilakukan pada seorang siswa disabilitas intelektual kelas IV di SLB Autisma Permata Bunda Bukittinggi. Berdasarkan analisis data yang dilakukan pada 8 pertemuan yang terbagi menjadi 2 kondisi, yaitu baseline (A) dan intervensi (B), diperoleh bahwa pada kondisi baseline (A), data menunjukkan konsistensi dengan persentase kemampuan 52% pada 3 kali pengamatan. Pada kondisi intervensi (B) terdapat peningkatan bertahap dengan persentase 70%, 88%, 92%, 92%, 92%. Oleh karena itu disimpulkan bahwa kemampuan merawat luka lecet pada peserta didik disabilitas intelektual dapat meningkat dengan menggunakan metode backward chaining. Hal ini menunjukkan bahwa metode backward chaining dapat digunakan sebagai metode pembelajaran dalam program bina diri di Sekolah Luar Biasa.
References
Ambarwati, P., & Darmawel, P. S. (2020). Implementasi Multimedia Development Life Cycle Pada Aplikasi Media Pembelajaran Untuk Anak Tunagrahita. Majalah Ilmiah UNIKOM, 18(2), 51–58. https://doi.org/10.34010/miu.v18i2.3936
Ani, N. A., Budi, S., Kasiyati, K., Ardisal, A., & Tsaputra, A. (2023). Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Hiasan Dinding dari Kerang Melalui Media Video Tutorial Pada Anak Tunarungu Improving Vocational Skills in Making Wall Decorations from Shells Through Video Tutorials for Deaf Children. Jurnal Pendidikan, 32(1), 153–158. https://doi.org/10.32585/jp.v32i1.3573
Apriyadi, A., Efendi, M., & Sulthoni. (2017). Keefektifan Metode Backward Chaining untuk Meningkatkan Keterampilan Makan pada Anak Disabilitas Intelektual Limited. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 4(1), 37–44.
Atamau, N. A., Bastiana, & Pristiwaluyo, T. (2023). Peningkatan Kemampuan Menyeberang Di Zebra Cross Melalui Media Video Pembelajaran Pada Anak Tunagrahita pada Sekolah Luar Biasa di Kota Makassar. Pinisi Journal Of Art, Humanity & Social Studies. 3(6), 198–210. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35129
Aziz, A. (2018). Pengaruh Video Animasi Terhadap Kemampuan Bina Diri Anak Tunagrahita Ringan Pada Pembelajaran Bina Diri Di SLB Tunas Kasih Surabaya. Jurnal Pendidikan Khusus, 63(6), 1–21.
Bil, O., Selan, W., Wangge, V., Junita, A. H., Desi, A., Pelun, D. M., Talu, T. D., Paus, G. J., & Laiskodat, D. A. K. (2025). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Anggota Tubuh Menggunakan Media Poster Pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas III di SDLBN Pembina Kupang. IMEIJ Indo-Math-Edu Intellectual Journal, 6(1), 701–705. https://doi.org/10.54373/imeij.v6i1.2565
Budi, S., Nurhastuti, N., & Utami, I. S. (2021). Edukasi Mencuci Tangan Dalam Upaya Pencegahan Virus Corona Melalui Video Tutorial Pada Mahasiswa berkebutuhan Khusus Di Pendidikan Tinggi. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 5(1), 19–23. https://doi.org/10.24036/jpkk.v5i1.564
Budi, S., Utami, I. S., Arnez, G., Yulita, M., & Saputri, W. (2023). Implementasi Kurikulum 2013 Bagi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus. Educatio, 17(2), 204–210. https://doi.org/10.29408/edc.v17i2.9158
Budi, S., Utami, I. S., Jannah, R. N., Wulandari, N. L., Ani, N. A., & Saputri, W. (2021). Deteksi Potensi Learning Loss pada Siswa Berkebutuhan Khusus Selama Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Inklusif. Jurnal Basicedu, 5(5), 3607–3613. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1342
Damastuti, E. (2020). Pendidikan Anak Dengan Hambatan Intelektual (P. A. A. Widodo (ed.)). Prodi PLB FKIP ULM.
Fadhilah, A., & Efendi, J. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI pada Keterampilan Bina Diri Bagi Anak Tunagrahita. Jurnal Pendiidkan Kebutuhan Khusus. 1(1).
Fakhiratunnisa, S. A., Pitaloka, A. A. P., & Ningrum, T. K. (2022). Konsep Dasar Anak Berkebutuhan Khusus. Masaliq, 2(1), 26–42. https://doi.org/10.58578/masaliq.v2i1.83
Firnianti Putri, D., Setia Budi, Iswari, M., Zulmiyetri, Z., & Arnez, G. (2024). Meningkatkan Media Pancingan Huruf Untuk Meningkatkan Pengenalan Huruf Konsonan Pada Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan, 33(3), 659–668. https://doi.org/10.32585/jp.v33i3.5498
Huda, N., Meidina, T., Pristiwaluyo, T. (2023). Efektivitas Metode Backward Chaining Terhadap Peningkatkan Kemampuan Memakai Kaos Oblong Murid Tunagrahita Sedang Kelas Dasar II Di SLB Negeri 1 Kota Bima The Effectiveness of the Backward Chaining Method on Increasing the Ability to Wear T-shirts for Mod. Jurnal Nurul Huda, 20, 1–15.
Iftitah, I., Kismawiyati, R., & Megaswarie, R. N. (2025). Intervensi Dini Berbasis Visual Schedule untuk Melatih Kemandirian Anak dengan Disabilitas Intelektual Ringan. SPEED Journal : Journal of Special Education, 9(1), 23–34. https://doi.org/10.31537/speed.v9i1.2420
Lestari, D., & Andayani, B. (2020). Program Pembelajaran Individual: Meningkatkan Keterampilan Mengancingkan Baju pada Anak Disabilitas Intelektual Sedang. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 27–40. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2020.61-03
Lisdiana, A., & Haryana. (2016). Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Terintegrasi Penguatan Pendidikan Karakter Bidang PLB Autis Kelompok Kompetensi C. PPPPTK TK dan PLB BANDUNG.
Manikmaya, P., & Prahmana, R. C. I. (2021). Single Subject Research: Pembelajaran Perbandingan Senilai Dan Berbalik Nilai Berpendekatan Contextual Teaching and Learning Untuk Siswa Slow Learner. Journal of Honai Math, 4(1), 35–48. https://doi.org/10.30862/jhm.v4i1.172
Maula, F., Asmiati, N., Sidik, A. (2023). Pengaruh Metode Backward Chaining Terhadap Keterampilan Bina Diri Anak Cerebral Palsy Di Skh Elok Asri. Jurnal UNIK Pendidikan Luar Biasa, 1(25). http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK
Mawita, S., Budi, S., & Iswari, M. (2024). Meningkatkan Kemampuan Memasang Baju Berkancing Menggunakan Video Tutorial Pada Anak Disabilitas Intelektual Improving the Ability to Put on Buttoned Shirts Using Video Tutorials for Children with Intellectual Disabilities. Jurnal Pendidikan, 33(3), 643–650. https://doi.org/10.32585/jp.v33i3.5485
Ningtyas, L. P., Maryam, W., & Laili, N. (2023). Modifikasi Perilaku Backward Chaining Sebagai Intervensi Meningkatkan Keterampilan Bina Diri Mengancingkan Baju Anak Down Syndrome. Journal of Psychological Science and Profession, 7(3), 179. https://doi.org/10.24198/jpsp.v7i3.47829
Prahmana, R. C. I. (2021). Single Subject Research Teori dan Implementasinya: Suatu Pengantar. UAD PRESS.
Safaruddin, S., Fatmawati, F., & Budi, S. (2019). Program Pelatihan Menggosok Gigi Dalam Meningkatkan Keterampilan Bina Diri Siswa Tunagrahita di SLB se-Kota Padang. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 3(2), 35. https://doi.org/10.24036/jpkk.v3i2.542
Sanusi, R., Dianasari, E. L., Khairiyah, K. Y., & Chairudin, R. (2020). Pengembangan Flashcard Berbasis Karakter Hewan untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(2), 37. https://doi.org/10.30734/jpe.v7i2.745
Saragih, A. A. (2020). Metode Backward Chaining untuk Meningkatkan Keterampilan Bina Diri Berpakaian Anak Tunagrahita Sedang. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K), 1(2), 119–127. https://doi.org/10.51849/j-p3k.v1i2.29
Sitohang, H. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif (E. Murniarti (ed.)). UKI Press.
Soebroto, M. J. A., & Djuwita, E. (2021). Penerapan backward chaining untuk meningkatkan keterampilan berpakaian pada anak dengan disabilitas intelektual. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 9(1), 1. https://doi.org/10.22219/jipt.v9i1.11542
Suarnizal, A., Prasetia, I., & Pratiwi, S. N. (2024). Efektivitas Manajemen Pengembangan Program Khusus Bina Diri Pada Peserta Didik Tunagrahita ( Studi Sekolah Luar Biasa Negeri Pembina Medan) The Effectiveness of the Management of Development of Special Self-Development Programs for Mentally Disabled Stud. Jurnal EduTech, 10(1), 58–76.
Tanjung, H., Budi, S., Arnez, G. (2024). Efektivitas Permainan Modifikasi Ular Tangga terhadap Kemampuan Mengenal Uang pada Siswa Tunagrahita Ringan Kelas V / C di SLB N 1 Bukittinggi The Effectiveness of the Modified Snakes and Ladders Game on the Ability to Recognize Money in Mildly Mentally R. Jurnal Pendidikan, 33(3), 635–642. https://doi.org/10.32585/jp.v33i3.5469
Widiastuti, N. L. G. K., & Winaya, I. M. A. (2019). Prinsip Khusus Dan Jenis Layanan Pendidikan Bagi Anak Tunagrahita. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 9(2), 116–126. https://doi.org/10.36733/jsp.v9i2.392
Widodo, S. A., Kustantini, K., Kuncoro, K. S., & Alghadari, F. (2021). Single Subject Research: Alternatif Penelitian Pendidikan Matematika di Masa New Normal. Journal of Instructional Mathematics, 2(2), 78–89. https://doi.org/10.37640/jim.v2i2.1040
Widya, R., Rozana, S., Harahap, M. Y., Panggabean, N., Agama, F., Pembangunan, U., & Budi, P. (2024). Pelaksanaan Program Bina Diri Dalam Meningkatkan Kemandirian Pada Anak Tuna Grahita Di SLB C Muzdalifah. Journal of Human And Education, 4(6), 317–322. https://doi.org/10.31004/jh.v4i6.1822
Yuwono, I. (2020). Penelitian SSR (Single Subject Research) Buku 1. Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Hanna Nabila Risti, Setia Budi, Grahita Kusumastuti, Mega Iswari, Syari Yuliana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright notice:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access)