Meningkatkan Kemampuan Merawat Luka dalam Pembelajaran Bina Diri melalui Metode Backward Chaining bagi Disabilitas Intelektual di Sekolah Luar Biasa

Authors

  • Hanna Nabila Risti Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Setia Budi Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Grahita Kusumastuti Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Mega Iswari Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Syari Yuliana Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/pijies.v8i2.7944

Keywords:

disabilitas intelektual, merawat luka, backward chaining

Abstract

Penelitian ini dilatarbelangi oleh permasalahan yang ditemukan di SLB Autisma Permata Bunda Bukittinggi, dimana terdapat seorang peserta didik disabilitas intelektual ringan yang belum optimal dalam merawat luka pada program bina diri. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan merawat luka dengan menggunakan metode backward chaining pada peserta didik disabilitas intelektual. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan penelitian subjek tunggal (Single Subject Research) dengan desain A-B. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes praktik dengan menggunakan instrumen ceklis. Analisis data disajikan dengan grafik. Penelitian ini dilakukan pada seorang siswa disabilitas intelektual kelas IV di SLB Autisma Permata Bunda Bukittinggi. Berdasarkan analisis data yang dilakukan pada 8 pertemuan yang terbagi menjadi 2 kondisi, yaitu baseline (A) dan intervensi (B), diperoleh bahwa pada kondisi baseline (A), data menunjukkan konsistensi dengan persentase kemampuan 52% pada 3 kali pengamatan. Pada kondisi intervensi (B) terdapat peningkatan bertahap dengan persentase 70%, 88%, 92%, 92%, 92%. Oleh karena itu disimpulkan bahwa kemampuan merawat luka lecet pada peserta didik disabilitas intelektual dapat meningkat dengan menggunakan metode backward chaining. Hal ini menunjukkan bahwa metode backward chaining dapat digunakan sebagai metode pembelajaran dalam program bina diri di Sekolah Luar Biasa.

References

Ambarwati, P., & Darmawel, P. S. (2020). Implementasi Multimedia Development Life Cycle Pada Aplikasi Media Pembelajaran Untuk Anak Tunagrahita. Majalah Ilmiah UNIKOM, 18(2), 51–58. https://doi.org/10.34010/miu.v18i2.3936

Ani, N. A., Budi, S., Kasiyati, K., Ardisal, A., & Tsaputra, A. (2023). Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Hiasan Dinding dari Kerang Melalui Media Video Tutorial Pada Anak Tunarungu Improving Vocational Skills in Making Wall Decorations from Shells Through Video Tutorials for Deaf Children. Jurnal Pendidikan, 32(1), 153–158. https://doi.org/10.32585/jp.v32i1.3573

Apriyadi, A., Efendi, M., & Sulthoni. (2017). Keefektifan Metode Backward Chaining untuk Meningkatkan Keterampilan Makan pada Anak Disabilitas Intelektual Limited. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 4(1), 37–44.

Atamau, N. A., Bastiana, & Pristiwaluyo, T. (2023). Peningkatan Kemampuan Menyeberang Di Zebra Cross Melalui Media Video Pembelajaran Pada Anak Tunagrahita pada Sekolah Luar Biasa di Kota Makassar. Pinisi Journal Of Art, Humanity & Social Studies. 3(6), 198–210. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35129

Aziz, A. (2018). Pengaruh Video Animasi Terhadap Kemampuan Bina Diri Anak Tunagrahita Ringan Pada Pembelajaran Bina Diri Di SLB Tunas Kasih Surabaya. Jurnal Pendidikan Khusus, 63(6), 1–21.

Bil, O., Selan, W., Wangge, V., Junita, A. H., Desi, A., Pelun, D. M., Talu, T. D., Paus, G. J., & Laiskodat, D. A. K. (2025). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Anggota Tubuh Menggunakan Media Poster Pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas III di SDLBN Pembina Kupang. IMEIJ Indo-Math-Edu Intellectual Journal, 6(1), 701–705. https://doi.org/10.54373/imeij.v6i1.2565

Budi, S., Nurhastuti, N., & Utami, I. S. (2021). Edukasi Mencuci Tangan Dalam Upaya Pencegahan Virus Corona Melalui Video Tutorial Pada Mahasiswa berkebutuhan Khusus Di Pendidikan Tinggi. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 5(1), 19–23. https://doi.org/10.24036/jpkk.v5i1.564

Budi, S., Utami, I. S., Arnez, G., Yulita, M., & Saputri, W. (2023). Implementasi Kurikulum 2013 Bagi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus. Educatio, 17(2), 204–210. https://doi.org/10.29408/edc.v17i2.9158

Budi, S., Utami, I. S., Jannah, R. N., Wulandari, N. L., Ani, N. A., & Saputri, W. (2021). Deteksi Potensi Learning Loss pada Siswa Berkebutuhan Khusus Selama Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Inklusif. Jurnal Basicedu, 5(5), 3607–3613. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1342

Damastuti, E. (2020). Pendidikan Anak Dengan Hambatan Intelektual (P. A. A. Widodo (ed.)). Prodi PLB FKIP ULM.

Fadhilah, A., & Efendi, J. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI pada Keterampilan Bina Diri Bagi Anak Tunagrahita. Jurnal Pendiidkan Kebutuhan Khusus. 1(1).

Fakhiratunnisa, S. A., Pitaloka, A. A. P., & Ningrum, T. K. (2022). Konsep Dasar Anak Berkebutuhan Khusus. Masaliq, 2(1), 26–42. https://doi.org/10.58578/masaliq.v2i1.83

Firnianti Putri, D., Setia Budi, Iswari, M., Zulmiyetri, Z., & Arnez, G. (2024). Meningkatkan Media Pancingan Huruf Untuk Meningkatkan Pengenalan Huruf Konsonan Pada Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan, 33(3), 659–668. https://doi.org/10.32585/jp.v33i3.5498

Huda, N., Meidina, T., Pristiwaluyo, T. (2023). Efektivitas Metode Backward Chaining Terhadap Peningkatkan Kemampuan Memakai Kaos Oblong Murid Tunagrahita Sedang Kelas Dasar II Di SLB Negeri 1 Kota Bima The Effectiveness of the Backward Chaining Method on Increasing the Ability to Wear T-shirts for Mod. Jurnal Nurul Huda, 20, 1–15.

Iftitah, I., Kismawiyati, R., & Megaswarie, R. N. (2025). Intervensi Dini Berbasis Visual Schedule untuk Melatih Kemandirian Anak dengan Disabilitas Intelektual Ringan. SPEED Journal : Journal of Special Education, 9(1), 23–34. https://doi.org/10.31537/speed.v9i1.2420

Lestari, D., & Andayani, B. (2020). Program Pembelajaran Individual: Meningkatkan Keterampilan Mengancingkan Baju pada Anak Disabilitas Intelektual Sedang. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 27–40. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2020.61-03

Lisdiana, A., & Haryana. (2016). Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Terintegrasi Penguatan Pendidikan Karakter Bidang PLB Autis Kelompok Kompetensi C. PPPPTK TK dan PLB BANDUNG.

Manikmaya, P., & Prahmana, R. C. I. (2021). Single Subject Research: Pembelajaran Perbandingan Senilai Dan Berbalik Nilai Berpendekatan Contextual Teaching and Learning Untuk Siswa Slow Learner. Journal of Honai Math, 4(1), 35–48. https://doi.org/10.30862/jhm.v4i1.172

Maula, F., Asmiati, N., Sidik, A. (2023). Pengaruh Metode Backward Chaining Terhadap Keterampilan Bina Diri Anak Cerebral Palsy Di Skh Elok Asri. Jurnal UNIK Pendidikan Luar Biasa, 1(25). http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK

Mawita, S., Budi, S., & Iswari, M. (2024). Meningkatkan Kemampuan Memasang Baju Berkancing Menggunakan Video Tutorial Pada Anak Disabilitas Intelektual Improving the Ability to Put on Buttoned Shirts Using Video Tutorials for Children with Intellectual Disabilities. Jurnal Pendidikan, 33(3), 643–650. https://doi.org/10.32585/jp.v33i3.5485

Ningtyas, L. P., Maryam, W., & Laili, N. (2023). Modifikasi Perilaku Backward Chaining Sebagai Intervensi Meningkatkan Keterampilan Bina Diri Mengancingkan Baju Anak Down Syndrome. Journal of Psychological Science and Profession, 7(3), 179. https://doi.org/10.24198/jpsp.v7i3.47829

Prahmana, R. C. I. (2021). Single Subject Research Teori dan Implementasinya: Suatu Pengantar. UAD PRESS.

Safaruddin, S., Fatmawati, F., & Budi, S. (2019). Program Pelatihan Menggosok Gigi Dalam Meningkatkan Keterampilan Bina Diri Siswa Tunagrahita di SLB se-Kota Padang. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 3(2), 35. https://doi.org/10.24036/jpkk.v3i2.542

Sanusi, R., Dianasari, E. L., Khairiyah, K. Y., & Chairudin, R. (2020). Pengembangan Flashcard Berbasis Karakter Hewan untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(2), 37. https://doi.org/10.30734/jpe.v7i2.745

Saragih, A. A. (2020). Metode Backward Chaining untuk Meningkatkan Keterampilan Bina Diri Berpakaian Anak Tunagrahita Sedang. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K), 1(2), 119–127. https://doi.org/10.51849/j-p3k.v1i2.29

Sitohang, H. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif (E. Murniarti (ed.)). UKI Press.

Soebroto, M. J. A., & Djuwita, E. (2021). Penerapan backward chaining untuk meningkatkan keterampilan berpakaian pada anak dengan disabilitas intelektual. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 9(1), 1. https://doi.org/10.22219/jipt.v9i1.11542

Suarnizal, A., Prasetia, I., & Pratiwi, S. N. (2024). Efektivitas Manajemen Pengembangan Program Khusus Bina Diri Pada Peserta Didik Tunagrahita ( Studi Sekolah Luar Biasa Negeri Pembina Medan) The Effectiveness of the Management of Development of Special Self-Development Programs for Mentally Disabled Stud. Jurnal EduTech, 10(1), 58–76.

Tanjung, H., Budi, S., Arnez, G. (2024). Efektivitas Permainan Modifikasi Ular Tangga terhadap Kemampuan Mengenal Uang pada Siswa Tunagrahita Ringan Kelas V / C di SLB N 1 Bukittinggi The Effectiveness of the Modified Snakes and Ladders Game on the Ability to Recognize Money in Mildly Mentally R. Jurnal Pendidikan, 33(3), 635–642. https://doi.org/10.32585/jp.v33i3.5469

Widiastuti, N. L. G. K., & Winaya, I. M. A. (2019). Prinsip Khusus Dan Jenis Layanan Pendidikan Bagi Anak Tunagrahita. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 9(2), 116–126. https://doi.org/10.36733/jsp.v9i2.392

Widodo, S. A., Kustantini, K., Kuncoro, K. S., & Alghadari, F. (2021). Single Subject Research: Alternatif Penelitian Pendidikan Matematika di Masa New Normal. Journal of Instructional Mathematics, 2(2), 78–89. https://doi.org/10.37640/jim.v2i2.1040

Widya, R., Rozana, S., Harahap, M. Y., Panggabean, N., Agama, F., Pembangunan, U., & Budi, P. (2024). Pelaksanaan Program Bina Diri Dalam Meningkatkan Kemandirian Pada Anak Tuna Grahita Di SLB C Muzdalifah. Journal of Human And Education, 4(6), 317–322. https://doi.org/10.31004/jh.v4i6.1822

Yuwono, I. (2020). Penelitian SSR (Single Subject Research) Buku 1. Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat.

Downloads

Published

2025-09-30

How to Cite

Risti, H. N., Budi, S., Kusumastuti, G., Iswari, M., & Yuliana, S. (2025). Meningkatkan Kemampuan Merawat Luka dalam Pembelajaran Bina Diri melalui Metode Backward Chaining bagi Disabilitas Intelektual di Sekolah Luar Biasa. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 8(2), 839–851. https://doi.org/10.24256/pijies.v8i2.7944

Issue

Section

Articles

Citation Check