Peningkatan Keterampilan Mencuci Sepeda Motor Tanpa Sentuh melalui Model Project Based Learning

Authors

  • Muhammad Fikri Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Damri Damri Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Nurhastuti Nurhastuti Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Syari Yuliana Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/pijies.v8i3.8169

Keywords:

disabilitas intelektual, project based learning, mencuci sepeda motor tanpa sentuh

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan vokasional mencuci sepeda motor tanpa sentuh pada siswa disabilitas intelektual ringan yang masih kesulitan memahami penggunaan alat serta langkah kerja secara mandiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan mencuci sepeda motor tanpa sentuh melalui penerapan model project based learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian tindakan kelas  dengan dua siklus yang meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian terdiri atas dua siswa disabilitas intelektual ringan pada kelas vokasional perbengkelan fase D, dengan peneliti berperan sebagai observer dan guru sebagai fasilitator. Data dikumpulkan melalui observasi, asesmen kinerja, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif deskriptif menggunakan persentase ketuntasan keterampilan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam menyiapkan alat dan bahan serta melaksanakan langkah-langkah mencuci sepeda motor tanpa sentuh dengan benar. Nilai rata-rata keterampilan meningkat dari kategori “kurang” pada pra-siklus menjadi “baik” pada siklus II, dan seluruh siswa mencapai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran. Penerapan model project based learning terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan vokasional, partisipasi aktif, dan kemandirian belajar siswa disabilitas intelektual ringan. Disarankan agar guru pendidikan khusus menerapkan model Project Based Learning secara berkelanjutan dalam pembelajaran keterampilan vokasional lainnya untuk menumbuhkan kemandirian dan kesiapan kerja peserta didik.

References

Ambarwati, P., & Darmawel, P. S. (2020). Teknik Implementasi Multimedia Development Life Cycle. Jurnal UNIKOM, 18(2), 51–58. https://ojs.unikom.ac.id/index.php/jurnal-unikom/article/view/3936

Doyan, A., Mahrus, M., Susilawati, S., Akhzami, R. R. A., Andayani, Y., & Muntari, M. (2023). Pelatihan Project Based Learning Tentang †œStek Tanaman†di SMAS Attohiriyah Bodak untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Magister Pendidikan IPA Universitas Mataram. Unram Journal of Community Service, 4(2), 52–55. https://jurnalpasca.unram.ac.id/index.php/UJCS/article/view/455

Erlina, R., Budi, S., Damri, D., Ardisal, A., Erlina, R., Budi, S., Damri, D., & Ardisal, A. (2024). Meningkatkan Keterampilan Membuat Sabun Cuci Piring melalui Model Project Based Learning pada Siswa Tunagrahita Ringan Improving Dish Soap Making Skills Through a Project Based Learning Model for Mildly Intellectually Impaired Students. 33(3), 679–688. http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp/article/view/5794

Iqbal, M., & Damri. (2021). Efektivitas Pendekatan Project Based Learninig Dalam Ketrampilan Vokasional Membuat Pomade Bagi Siswa Tunarungu Di SLBN 2 Padang. Jurnal UIN Alaudin, X(1), 73. https://share.google/6F0vTXyUNyzrrukee

Kauffman, J. M., Hallahan, D. P., Pullen, P. C., & Badar, J. (2018). Special education: What it is and why we need it. Routledge. https://www.taylorfrancis.com/books/mono/10.4324/9781315211831/special-education-james-kauffman-daniel-hallahan-paige-pullen-jeanmarie-badar

Pasaribu, M., & Harfiani, R. (2021). Vocational Education at Special School in North Sumatra. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(2), 1335–1347. http://journal.staihubbulwathan.id/index.php/alishlah/article/view/641

Pertiwi, F. A., Luayyin, R. H., & Arifin, M. (2023). Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis: Meta Analisis. JSE: Jurnal Sharia Economica, 2(1), 42–49. https://share.google/G6GgKGbHOAj9IBQWC

Rahayu, I., & Nurhastuti. (2022). Pelaksanaan Pembelajaran Keterampilan Mencuci Sepeda Motor Bagi Anak Tunagrahita Ringan Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SLBN 1 Solok. Journal of Basic Education Studies, 5(1), 35–46. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/4867

Shulha, T. (2024). MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENCUCI SEPEDA MOTOR MENGGUNAKAN MODEL DIRECT INSTRUCTION PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS IX SLB WARAQIL JANNAH X KOTO. https://share.google/huvAaVAzMu35NzLwY

Takarina, N. D., Ambarsari, H., Pramudyawardhani, S. A., Rahmawati, M. F. N. K., Johan, E., Matsue, N., & Adidharma, M. A. (2025). Removal of heavy metals from motorcycle washing wastewater using a zeolite-embedded sheet. Makara Journal of Science, 29(2), 250–260. https://doi.org/10.7454/mss.v29i2.2402 https://scholarhub.ui.ac.id/science/vol29/iss2/9/

Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa di Institusi Pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 19. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.821 https://edu.pubmedia.id/index.php/ptk/article/view/821

Vygotsky, L., & Cole, M. (2018). Learning and social constructivism. Learning Theories for Early Years Practice, 66, 58.

Downloads

Published

2025-10-25

How to Cite

Fikri, M., Damri, D., Nurhastuti, N., & Yuliana, S. (2025). Peningkatan Keterampilan Mencuci Sepeda Motor Tanpa Sentuh melalui Model Project Based Learning. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 8(3), 888–903. https://doi.org/10.24256/pijies.v8i3.8169

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.