Peningkatan Keterampilan Mencuci Sepeda Motor Tanpa Sentuh melalui Model Project Based Learning
DOI:
https://doi.org/10.24256/pijies.v8i3.8169Keywords:
disabilitas intelektual, project based learning, mencuci sepeda motor tanpa sentuhAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan vokasional mencuci sepeda motor tanpa sentuh pada siswa disabilitas intelektual ringan yang masih kesulitan memahami penggunaan alat serta langkah kerja secara mandiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan mencuci sepeda motor tanpa sentuh melalui penerapan model project based learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian tindakan kelas dengan dua siklus yang meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian terdiri atas dua siswa disabilitas intelektual ringan pada kelas vokasional perbengkelan fase D, dengan peneliti berperan sebagai observer dan guru sebagai fasilitator. Data dikumpulkan melalui observasi, asesmen kinerja, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif deskriptif menggunakan persentase ketuntasan keterampilan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam menyiapkan alat dan bahan serta melaksanakan langkah-langkah mencuci sepeda motor tanpa sentuh dengan benar. Nilai rata-rata keterampilan meningkat dari kategori “kurang” pada pra-siklus menjadi “baik” pada siklus II, dan seluruh siswa mencapai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran. Penerapan model project based learning terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan vokasional, partisipasi aktif, dan kemandirian belajar siswa disabilitas intelektual ringan. Disarankan agar guru pendidikan khusus menerapkan model Project Based Learning secara berkelanjutan dalam pembelajaran keterampilan vokasional lainnya untuk menumbuhkan kemandirian dan kesiapan kerja peserta didik.
References
Ambarwati, P., & Darmawel, P. S. (2020). Teknik Implementasi Multimedia Development Life Cycle. Jurnal UNIKOM, 18(2), 51–58. https://ojs.unikom.ac.id/index.php/jurnal-unikom/article/view/3936
Doyan, A., Mahrus, M., Susilawati, S., Akhzami, R. R. A., Andayani, Y., & Muntari, M. (2023). Pelatihan Project Based Learning Tentang †œStek Tanaman†di SMAS Attohiriyah Bodak untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Magister Pendidikan IPA Universitas Mataram. Unram Journal of Community Service, 4(2), 52–55. https://jurnalpasca.unram.ac.id/index.php/UJCS/article/view/455
Erlina, R., Budi, S., Damri, D., Ardisal, A., Erlina, R., Budi, S., Damri, D., & Ardisal, A. (2024). Meningkatkan Keterampilan Membuat Sabun Cuci Piring melalui Model Project Based Learning pada Siswa Tunagrahita Ringan Improving Dish Soap Making Skills Through a Project Based Learning Model for Mildly Intellectually Impaired Students. 33(3), 679–688. http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp/article/view/5794
Iqbal, M., & Damri. (2021). Efektivitas Pendekatan Project Based Learninig Dalam Ketrampilan Vokasional Membuat Pomade Bagi Siswa Tunarungu Di SLBN 2 Padang. Jurnal UIN Alaudin, X(1), 73. https://share.google/6F0vTXyUNyzrrukee
Kauffman, J. M., Hallahan, D. P., Pullen, P. C., & Badar, J. (2018). Special education: What it is and why we need it. Routledge. https://www.taylorfrancis.com/books/mono/10.4324/9781315211831/special-education-james-kauffman-daniel-hallahan-paige-pullen-jeanmarie-badar
Pasaribu, M., & Harfiani, R. (2021). Vocational Education at Special School in North Sumatra. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(2), 1335–1347. http://journal.staihubbulwathan.id/index.php/alishlah/article/view/641
Pertiwi, F. A., Luayyin, R. H., & Arifin, M. (2023). Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis: Meta Analisis. JSE: Jurnal Sharia Economica, 2(1), 42–49. https://share.google/G6GgKGbHOAj9IBQWC
Rahayu, I., & Nurhastuti. (2022). Pelaksanaan Pembelajaran Keterampilan Mencuci Sepeda Motor Bagi Anak Tunagrahita Ringan Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SLBN 1 Solok. Journal of Basic Education Studies, 5(1), 35–46. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/4867
Shulha, T. (2024). MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENCUCI SEPEDA MOTOR MENGGUNAKAN MODEL DIRECT INSTRUCTION PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS IX SLB WARAQIL JANNAH X KOTO. https://share.google/huvAaVAzMu35NzLwY
Takarina, N. D., Ambarsari, H., Pramudyawardhani, S. A., Rahmawati, M. F. N. K., Johan, E., Matsue, N., & Adidharma, M. A. (2025). Removal of heavy metals from motorcycle washing wastewater using a zeolite-embedded sheet. Makara Journal of Science, 29(2), 250–260. https://doi.org/10.7454/mss.v29i2.2402 https://scholarhub.ui.ac.id/science/vol29/iss2/9/
Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa di Institusi Pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 19. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.821 https://edu.pubmedia.id/index.php/ptk/article/view/821
Vygotsky, L., & Cole, M. (2018). Learning and social constructivism. Learning Theories for Early Years Practice, 66, 58.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Fikri, Damri Damri, Nurhastuti Nurhastuti, Syari Yuliana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright notice:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access)





This is an open access article under the