Efektifitas Keterampilan Perbengkelan Sepeda Motor melalui Direct Instruction pada Peserta Didik Disabilitas Intelektual Ringan
DOI:
https://doi.org/10.24256/pijies.v8i3.8170Keywords:
direct instruction, keterampilan tambal ban, disabilitas intelektual ringanAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan siswa disabilitas intelektual ringan dalam melakukan kegiatan perbengkelan sepeda motor, khususnya teknik menambal ban yang menuntut ketelitian dan kemandirian. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menambal ban sepeda motor melalui penerapan model pembelajaran Direct Instruction pada siswa disabilitas intelektual ringan di SLB Negeri 1 Ranah Pesisir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Single Subject Research (SSR) dan desain A-B, di mana fase A (baseline) menggambarkan kondisi awal tanpa perlakuan, sedangkan fase B (intervensi) menunjukkan kondisi setelah penerapan model Direct Instruction. Subjek penelitian adalah satu siswa disabilitas intelektual ringan yang dipilih berdasarkan hasil asesmen keterampilan awal. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, sedangkan analisis data menggunakan analisis visual grafik untuk menilai perubahan level, tren, dan stabilitas antara kedua fase. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam keterampilan menambal ban sepeda motor setelah diberikan perlakuan, di mana kemampuan siswa meningkat dari 52% pada fase baseline menjadi 100% pada akhir fase intervensi. Temuan ini membuktikan bahwa model Direct Instruction efektif dalam meningkatkan keterampilan perbengkelan, terutama dalam aspek ketepatan dan kemandirian siswa disabilitas intelektual ringan. Rekomendasi penelitian ini adalah agar guru di sekolah luar biasa menggunakan model Direct Instruction sebagai alternatif pembelajaran keterampilan praktik yang terstruktur, konkret, dan mudah dipahami oleh siswa berkebutuhan khusus.
References
Darmawan, S. S. A., Ahman, A., Fadhilah, R., Ramadhan, R. A., Meliala, A. K., & Fakhrurrozi, I. (2024). Implementasi Single Subject Research dalam Pengukuran Efektivitas Layanan Konseling Individual: Studi Literatur. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 3193–3200. http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/download/3774/3356
Kauffman, J. M., & Hallahan, D. P. (2009). Parental Choices and Ethical Dilemmas Involving Disabilities: Special Education and the Problem of Deliberately Chosen Disabilities. Exceptionality, 17(1), 45–62. https://doi.org/10.1080/09362830802667835
Khoirun Nisah Lubis, Nurmala Sari, & Gusmaneli Gusmaneli. (2024). Konsep Dasar Strategi Pembelajaran Langsung (Direct Instruction). Guruku: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(2), 60–70. https://doi.org/10.59061/guruku.v2i2.638
Magdalena, I., Ramadanti, F., & Rossatia, N. (2020). Upaya Pengembangan Bakat Atau Kemampuan Siswa Sekolah Dasar Melalui Ekstrakurikuler. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(2), 230–243. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang
Putri, F. A., Utami, Y. T., & Pratama, T. Y. (2024). Efektivitas Model Direct Instruction Dalam Meningkatkan Keterampilan Vokasional Merangkai Bunga Artificial The Effectiveness of the Direct Instruction Model in Improving. Jurnal Untirta, 9(2), 75–80. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK/article/viewFile/22709/13656
Sahrul, S. (2024). Triwikrama: Jurnal Multidisiplin Ilmu Sosial UPAYA PSBG BELAIAN KASIH DALAM MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN ANAK DISABILITAS INTELEKTUAL MELALUI PELATIHAN ACTIVITY DAILY LIVING (ADL). Jurnal Multidisiplin Ilmu Sosial, 3(4), 1–8. https://ejournal.warunayama.org/index.php/triwikrama/article/view/2653
Setiawan, R., Nova Resfita, Putri Kholida, Raditia Fath Kharomatudzaky, Sekar Ambarsari Sujatmiko Putri, Sepiah Dwi Cahyani, Erdyvania Apritrycia, Nur Aida Wassi`atu Sakdiah, Denis Pramudia Putra, & Pingki Novita Berliana. (2023). Edukasi Penggunaan Media Pembelajaran Alternatif untuk Eksplorasi Sensorik dan Motorik ABK. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(6), 1618–1628. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v7i6.11512
Siti Nurfazila, D. R. K. N. (2016). KEEFEKTIFAN MODEL DIRECT INSTRUCTION DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN VOKASIONAL MEMBATIK JUMPUTAN BAGI PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA RINGAN. 1–23. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/65011
Vallencia Sherryl Dwi Ariyanti, P., Febri Abadi, R., Alamsyah Sidik, S., Khusus, P., Keguruan Ilmu Pendidikan, F., Sultan Ageng Tirtayasa, U., & Abstract, I. (2024). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Perbengkelan Sepeda Motor Berbasis Canva Pada Siswa Tunagrahita Ringan Di SKH Negeri 02 Kota Serang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 2024(19), 752–760. https://doi.org/10.5281/zenodo.14446683
Wahyuni, M. S. N. S. (2023). Peningkatan Kapasitas Penelitian bagi Guru Pendidikan Khusus melalui Single Subject Research. 1(1), 31–42. https://journal.unilak.ac.id/index.php/Harmoni/article/view/19735
Widodo, S. A., Kustantini, K., Kuncoro, K. S., & Alghadari, F. (2021). Single Subject Research: Alternatif Penelitian Pendidikan Matematika di Masa New Normal. Journal of Instructional Mathematics, 2(2), 78–89. https://doi.org/10.37640/jim.v2i2.1040
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Diva Zaki Alfitrah, Rahmahtrisilvia Rahmahtrisilvia, Nurhastuti Nurhastuti, Johandri Taufan, Syari Yuliana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright notice:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access)





This is an open access article under the