Efektifitas Keterampilan Perbengkelan Sepeda Motor melalui Direct Instruction pada Peserta Didik Disabilitas Intelektual Ringan

Authors

  • Diva Zaki Alfitrah Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Rahmahtrisilvia Rahmahtrisilvia Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Nurhastuti Nurhastuti Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Johandri Taufan Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Syari Yuliana Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/pijies.v8i3.8170

Keywords:

direct instruction, keterampilan tambal ban, disabilitas intelektual ringan

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan siswa disabilitas intelektual ringan dalam melakukan kegiatan perbengkelan sepeda motor, khususnya teknik menambal ban yang menuntut ketelitian dan kemandirian. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menambal ban sepeda motor melalui penerapan model pembelajaran Direct Instruction pada siswa disabilitas intelektual ringan di SLB Negeri 1 Ranah Pesisir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Single Subject Research (SSR) dan desain A-B, di mana fase A (baseline) menggambarkan kondisi awal tanpa perlakuan, sedangkan fase B (intervensi) menunjukkan kondisi setelah penerapan model Direct Instruction. Subjek penelitian adalah satu siswa disabilitas intelektual ringan yang dipilih berdasarkan hasil asesmen keterampilan awal. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, sedangkan analisis data menggunakan analisis visual grafik untuk menilai perubahan level, tren, dan stabilitas antara kedua fase. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam keterampilan menambal ban sepeda motor setelah diberikan perlakuan, di mana kemampuan siswa meningkat dari 52% pada fase baseline menjadi 100% pada akhir fase intervensi. Temuan ini membuktikan bahwa model Direct Instruction efektif dalam meningkatkan keterampilan perbengkelan, terutama dalam aspek ketepatan dan kemandirian siswa disabilitas intelektual ringan. Rekomendasi penelitian ini adalah agar guru di sekolah luar biasa menggunakan model Direct Instruction sebagai alternatif pembelajaran keterampilan praktik yang terstruktur, konkret, dan mudah dipahami oleh siswa berkebutuhan khusus.

References

Darmawan, S. S. A., Ahman, A., Fadhilah, R., Ramadhan, R. A., Meliala, A. K., & Fakhrurrozi, I. (2024). Implementasi Single Subject Research dalam Pengukuran Efektivitas Layanan Konseling Individual: Studi Literatur. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 3193–3200. http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/download/3774/3356

Kauffman, J. M., & Hallahan, D. P. (2009). Parental Choices and Ethical Dilemmas Involving Disabilities: Special Education and the Problem of Deliberately Chosen Disabilities. Exceptionality, 17(1), 45–62. https://doi.org/10.1080/09362830802667835

Khoirun Nisah Lubis, Nurmala Sari, & Gusmaneli Gusmaneli. (2024). Konsep Dasar Strategi Pembelajaran Langsung (Direct Instruction). Guruku: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(2), 60–70. https://doi.org/10.59061/guruku.v2i2.638

Magdalena, I., Ramadanti, F., & Rossatia, N. (2020). Upaya Pengembangan Bakat Atau Kemampuan Siswa Sekolah Dasar Melalui Ekstrakurikuler. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(2), 230–243. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

Putri, F. A., Utami, Y. T., & Pratama, T. Y. (2024). Efektivitas Model Direct Instruction Dalam Meningkatkan Keterampilan Vokasional Merangkai Bunga Artificial The Effectiveness of the Direct Instruction Model in Improving. Jurnal Untirta, 9(2), 75–80. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UNIK/article/viewFile/22709/13656

Sahrul, S. (2024). Triwikrama: Jurnal Multidisiplin Ilmu Sosial UPAYA PSBG BELAIAN KASIH DALAM MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN ANAK DISABILITAS INTELEKTUAL MELALUI PELATIHAN ACTIVITY DAILY LIVING (ADL). Jurnal Multidisiplin Ilmu Sosial, 3(4), 1–8. https://ejournal.warunayama.org/index.php/triwikrama/article/view/2653

Setiawan, R., Nova Resfita, Putri Kholida, Raditia Fath Kharomatudzaky, Sekar Ambarsari Sujatmiko Putri, Sepiah Dwi Cahyani, Erdyvania Apritrycia, Nur Aida Wassi`atu Sakdiah, Denis Pramudia Putra, & Pingki Novita Berliana. (2023). Edukasi Penggunaan Media Pembelajaran Alternatif untuk Eksplorasi Sensorik dan Motorik ABK. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(6), 1618–1628. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v7i6.11512

Siti Nurfazila, D. R. K. N. (2016). KEEFEKTIFAN MODEL DIRECT INSTRUCTION DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN VOKASIONAL MEMBATIK JUMPUTAN BAGI PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA RINGAN. 1–23. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/65011

Vallencia Sherryl Dwi Ariyanti, P., Febri Abadi, R., Alamsyah Sidik, S., Khusus, P., Keguruan Ilmu Pendidikan, F., Sultan Ageng Tirtayasa, U., & Abstract, I. (2024). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Perbengkelan Sepeda Motor Berbasis Canva Pada Siswa Tunagrahita Ringan Di SKH Negeri 02 Kota Serang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 2024(19), 752–760. https://doi.org/10.5281/zenodo.14446683

Wahyuni, M. S. N. S. (2023). Peningkatan Kapasitas Penelitian bagi Guru Pendidikan Khusus melalui Single Subject Research. 1(1), 31–42. https://journal.unilak.ac.id/index.php/Harmoni/article/view/19735

Widodo, S. A., Kustantini, K., Kuncoro, K. S., & Alghadari, F. (2021). Single Subject Research: Alternatif Penelitian Pendidikan Matematika di Masa New Normal. Journal of Instructional Mathematics, 2(2), 78–89. https://doi.org/10.37640/jim.v2i2.1040

Downloads

Published

2025-10-26

How to Cite

Alfitrah, D. Z., Rahmahtrisilvia, R., Nurhastuti, N., Taufan, J., & Yuliana, S. (2025). Efektifitas Keterampilan Perbengkelan Sepeda Motor melalui Direct Instruction pada Peserta Didik Disabilitas Intelektual Ringan. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 8(3), 904–914. https://doi.org/10.24256/pijies.v8i3.8170

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)