Pengembangan Bahan Ajar Rantai Makanan berbasis Augmented Reality untuk Peserta Didik Disabilitas Attention Disorder

Authors

  • Afri Yosi Yuni Saputri Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Marlina Marlina Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Damri Damri Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Johandri Taufan Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/pijies.v8i3.8218

Keywords:

pengembangan bahan ajar, augmented reality, rantai makanan, peserta didik disabilitas adhd

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan peserta didik dengan disabilitas Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) disekolah SDN 21 Lubuk Lintah, Kota Padang terhadap media pembelajaran yang interaktif, menarik, dan mampu membantu mereka memahami konsep secara konkret. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar rantai makanan berbasis Augmented Reality (AR) yang layak dan menarik digunakan dalam proses pembelajaran sains di sekolah dasar inklusi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahapan, yaitu: (1) Analysis, melakukan analisis kebutuhan, karakteristik peserta didik, dan materi pelajaran, (2) Design, merancang tampilan, isi, serta fitur interaktif bahan ajar berbasis AR, (3) Development, mengembangkan produk dengan mengintegrasikan elemen visual, teks, dan animasi 3D, (4) Implementation, mengujicobakan produk kepada peserta didik ADHD di sekolah dasar inklusi, (5) Evaluation, melakukan penilaian kelayakan dan efektivitas bahan ajar. Hasil validasi ahli materi menunjukkan persentase kelayakan sebesar 92% dengan kategori sangat layak, sedangkan hasil validasi ahli media memperoleh persentase 90% dengan kategori sangat layak. Uji coba lapangan yang melibatkan peserta didik ADHD menunjukkan tingkat kemenarikan dan keterlibatan belajar sebesar 94%, yang dikategorikan sangat menarik. Temuan ini menunjukkan bahwa bahan ajar rantai makanan berbasis Augmented Reality yang dikembangkan melalui model ADDIE layak, menarik, dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran yang mampu meningkatkan pemahaman konsep serta fokus belajar peserta didik ADHD.

References

Amelia, V., & Isdaryanti, B. (2024). Application of Assemblr Edu Augmented Reality Media in IPAS Learning on Water Cycle Material at Wonosari 01 State Elementary School. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 14(1). https://doi.org/10.30998/formatif.v14i1.22161

Exploring the effect of an augmented reality literacy programme for reading and spelling difficulties for children diagnosed with ADHD – C. Tosto, T. Hasegawa, E. Mangina et al. (2021). Virtual Reality, 25, 879-894. https://doi.org/10.1007/s10055-020-00485-z

Faturrahman, M. F., Fikri, R. D., Saputri, F. C., Darmawan, P., & Pd, M. (2025). Media Pembelajaran Matematika berbasis Metaverse. Penerbit: Kramantara JS.

Goharinejad, S., Goharinejad, S., Hajesmaeel-Gohari, S., & Bahaadinbeigy, K. (2022). The usefulness of virtual, augmented, and mixed reality technologies in the diagnosis and treatment of attention deficit hyperactivity disorder in children: an overview of relevant studies. BMC Psychiatry, 22(1), 4. https://doi.org/10.1186/s12888-021-03632-1

Jannah, R., & Oktaviani, R. N. (2022). Pengaruh penggunaan media augmented reality terhadap kemampuan literasi numerasi digital pada pembelajaran matematika materi penyajian data kelas V MI At-Taufiq. Jurnal Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 7(2), 123–138.

Judijanto, L., Muhammadiah, M. ud, Utami, R. N., Suhirman, L., Laka, L., Boari, Y., Lembang, S. T., Wattimena, F. Y., Astriawati, N., & Laksono, R. D. (2024). Metodologi Research and Development: Teori dan Penerapan Metodologi RnD. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Lissa’adah, L., & Widiyatmoko, A. (2023). The effectiveness of augmented reality based on Assemblr Edu to increase learning interest and student learning outcomes. Journal of Environmental and Science Education, 3(2), 79–85.

Marlina, M. (2018). Single Subject Research: Penelitian Subjek Tunggal.

Marlina, M., Efrina, E., & Kusumastuti, G. (2020). Model Asesmen Pembelajaran Berdiferensiasi Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusif. Jurnal Orthopedagogik, 1(3), 17–36.

Marlina, M., Yuliana, S., & Handayani, E. S. (2025). Pendampingan Implementasi Model Pembelajaran Berdiferensiasi dan Sekolah Ramah Disabilitas. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 7(1), 236–244.

Marlina, M. (2023). Single Subject Research (Penelitian Subjek Tunggal)-Rajawali Pers. PT. RajaGrafindo Persada.

Nasution, D. E., & Marlina, M. (2024). Development of An Indonesian Language Teaching Module Based on The iSpring Suite Application for Elementary School Students. Jurnal Kependidikan, 10(2), 718–727.

Nur’aeni. (2017). Buku Ajar Psikologi Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. 1–166.

Nur, A., & Suryadi, S. (2018). Kajian Keberlanjutan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Ditinjau Dari Karakteristik Fisik Daerah Dan Sosial Masyarakat Di Daerah Tertinggal Kecamatan Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Counseling Care, 1(2), 9–16. https://doi.org/10.22202/jcc.2017.v1i2.2523

Nursolehah, S., Rasminah, S., Rokmah, S., & Najiyah, S. (2024). Efektivitas Pembelajaran Visual dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa terhadap Sejarah Islam di MI Miftahul Huda. EduSpirit: Jurnal Pendidikan Kolaboratif, 1(3), 414–419.

Quintero, J., Baldiris, S., Rubira, R., Cerón, J., & Velez, G. (2019). Augmented reality in educational inclusion. A systematic review on the last decade. Frontiers in Psychology, 10, 1835. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.01835

Salsabila, Y. R., & Muqowim, M. (2024). Korelasi antara teori belajar konstruktivisme lev vygotsky dengan model pembelajaran problem based learning (pbl). LEARNING: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 813–827.

Susilowati, A. Y., Sayekti, I. C., & Eryani, R. (2021). Penerapan Media Realia untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2090–2096. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1160

Uno, W. A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Augmented Reality untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 28–33.

Wahyudi, A. (2022). Pentingnya pengembangan bahan ajar dalam pembelajaran IPS. JESS: Jurnal Education Social Science, 2(1), 51–61.

Wibowo, A. S., & Putra, G. M. C. (2023). Pengembangan Augmented Reality berbasis Assemblr Edu pada muatan pelajaran IPS kelas V SD. Elementary School Teacher, 6(1), 47–55.

Downloads

Published

2025-10-26

How to Cite

Saputri, A. Y. Y., Marlina, M., Damri, D., & Taufan, J. (2025). Pengembangan Bahan Ajar Rantai Makanan berbasis Augmented Reality untuk Peserta Didik Disabilitas Attention Disorder. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 8(3), 915–931. https://doi.org/10.24256/pijies.v8i3.8218

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.