Pengembangan Bahan Ajar Rantai Makanan berbasis Augmented Reality untuk Peserta Didik Disabilitas Attention Disorder
DOI:
https://doi.org/10.24256/pijies.v8i3.8218Keywords:
pengembangan bahan ajar, augmented reality, rantai makanan, peserta didik disabilitas adhdAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan peserta didik dengan disabilitas Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) disekolah SDN 21 Lubuk Lintah, Kota Padang terhadap media pembelajaran yang interaktif, menarik, dan mampu membantu mereka memahami konsep secara konkret. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar rantai makanan berbasis Augmented Reality (AR) yang layak dan menarik digunakan dalam proses pembelajaran sains di sekolah dasar inklusi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahapan, yaitu: (1) Analysis, melakukan analisis kebutuhan, karakteristik peserta didik, dan materi pelajaran, (2) Design, merancang tampilan, isi, serta fitur interaktif bahan ajar berbasis AR, (3) Development, mengembangkan produk dengan mengintegrasikan elemen visual, teks, dan animasi 3D, (4) Implementation, mengujicobakan produk kepada peserta didik ADHD di sekolah dasar inklusi, (5) Evaluation, melakukan penilaian kelayakan dan efektivitas bahan ajar. Hasil validasi ahli materi menunjukkan persentase kelayakan sebesar 92% dengan kategori sangat layak, sedangkan hasil validasi ahli media memperoleh persentase 90% dengan kategori sangat layak. Uji coba lapangan yang melibatkan peserta didik ADHD menunjukkan tingkat kemenarikan dan keterlibatan belajar sebesar 94%, yang dikategorikan sangat menarik. Temuan ini menunjukkan bahwa bahan ajar rantai makanan berbasis Augmented Reality yang dikembangkan melalui model ADDIE layak, menarik, dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran yang mampu meningkatkan pemahaman konsep serta fokus belajar peserta didik ADHD.
References
Amelia, V., & Isdaryanti, B. (2024). Application of Assemblr Edu Augmented Reality Media in IPAS Learning on Water Cycle Material at Wonosari 01 State Elementary School. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 14(1). https://doi.org/10.30998/formatif.v14i1.22161
Exploring the effect of an augmented reality literacy programme for reading and spelling difficulties for children diagnosed with ADHD – C. Tosto, T. Hasegawa, E. Mangina et al. (2021). Virtual Reality, 25, 879-894. https://doi.org/10.1007/s10055-020-00485-z
Faturrahman, M. F., Fikri, R. D., Saputri, F. C., Darmawan, P., & Pd, M. (2025). Media Pembelajaran Matematika berbasis Metaverse. Penerbit: Kramantara JS.
Goharinejad, S., Goharinejad, S., Hajesmaeel-Gohari, S., & Bahaadinbeigy, K. (2022). The usefulness of virtual, augmented, and mixed reality technologies in the diagnosis and treatment of attention deficit hyperactivity disorder in children: an overview of relevant studies. BMC Psychiatry, 22(1), 4. https://doi.org/10.1186/s12888-021-03632-1
Jannah, R., & Oktaviani, R. N. (2022). Pengaruh penggunaan media augmented reality terhadap kemampuan literasi numerasi digital pada pembelajaran matematika materi penyajian data kelas V MI At-Taufiq. Jurnal Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 7(2), 123–138.
Judijanto, L., Muhammadiah, M. ud, Utami, R. N., Suhirman, L., Laka, L., Boari, Y., Lembang, S. T., Wattimena, F. Y., Astriawati, N., & Laksono, R. D. (2024). Metodologi Research and Development: Teori dan Penerapan Metodologi RnD. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Lissa’adah, L., & Widiyatmoko, A. (2023). The effectiveness of augmented reality based on Assemblr Edu to increase learning interest and student learning outcomes. Journal of Environmental and Science Education, 3(2), 79–85.
Marlina, M. (2018). Single Subject Research: Penelitian Subjek Tunggal.
Marlina, M., Efrina, E., & Kusumastuti, G. (2020). Model Asesmen Pembelajaran Berdiferensiasi Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusif. Jurnal Orthopedagogik, 1(3), 17–36.
Marlina, M., Yuliana, S., & Handayani, E. S. (2025). Pendampingan Implementasi Model Pembelajaran Berdiferensiasi dan Sekolah Ramah Disabilitas. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 7(1), 236–244.
Marlina, M. (2023). Single Subject Research (Penelitian Subjek Tunggal)-Rajawali Pers. PT. RajaGrafindo Persada.
Nasution, D. E., & Marlina, M. (2024). Development of An Indonesian Language Teaching Module Based on The iSpring Suite Application for Elementary School Students. Jurnal Kependidikan, 10(2), 718–727.
Nur’aeni. (2017). Buku Ajar Psikologi Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. 1–166.
Nur, A., & Suryadi, S. (2018). Kajian Keberlanjutan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Ditinjau Dari Karakteristik Fisik Daerah Dan Sosial Masyarakat Di Daerah Tertinggal Kecamatan Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Counseling Care, 1(2), 9–16. https://doi.org/10.22202/jcc.2017.v1i2.2523
Nursolehah, S., Rasminah, S., Rokmah, S., & Najiyah, S. (2024). Efektivitas Pembelajaran Visual dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa terhadap Sejarah Islam di MI Miftahul Huda. EduSpirit: Jurnal Pendidikan Kolaboratif, 1(3), 414–419.
Quintero, J., Baldiris, S., Rubira, R., Cerón, J., & Velez, G. (2019). Augmented reality in educational inclusion. A systematic review on the last decade. Frontiers in Psychology, 10, 1835. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.01835
Salsabila, Y. R., & Muqowim, M. (2024). Korelasi antara teori belajar konstruktivisme lev vygotsky dengan model pembelajaran problem based learning (pbl). LEARNING: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 813–827.
Susilowati, A. Y., Sayekti, I. C., & Eryani, R. (2021). Penerapan Media Realia untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2090–2096. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1160
Uno, W. A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Augmented Reality untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 28–33.
Wahyudi, A. (2022). Pentingnya pengembangan bahan ajar dalam pembelajaran IPS. JESS: Jurnal Education Social Science, 2(1), 51–61.
Wibowo, A. S., & Putra, G. M. C. (2023). Pengembangan Augmented Reality berbasis Assemblr Edu pada muatan pelajaran IPS kelas V SD. Elementary School Teacher, 6(1), 47–55.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Afri Yosi Yuni Saputri, Marlina Marlina, Damri Damri, Johandri Taufan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright notice:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access)





This is an open access article under the