Analisis Kebutuhan Bahan Ajar IPA Berbasis Kearifan Lokal untuk Guru MI/ SD di Kabupaten Gunungkidul

Authors

  • Daluti Delimanuagari STAI Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/pijies.v8i2.7661

Keywords:

bahan ajar ipa, kearifan lokal, literasi sains, madrasah ibtidaiyah, sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis kebutuhan bahan ajar IPA berbasis kearifan lokal dan pendidikan karakter di tingkat MI/SD di Gunungkidul. Latar belakang penelitian berangkat dari keterbatasan ketersediaan bahan ajar kontekstual yang mampu menjembatani konsep-konsep IPA dengan kehidupan sehari-hari siswa, sekaligus kurangnya integrasi nilai karakter dan budaya lokal dalam pembelajaran. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan melibatkan 19 guru MI/SD sebagai responden. Data diperoleh melalui kuesioner terbuka dan semi-terstruktur, kemudian dianalisis secara tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 58% guru menilai panduan praktikum sebagai bahan ajar yang paling dibutuhkan, sedangkan 68% guru lebih menyukai bahan ajar dalam format cetak. Guru juga menghadapi sejumlah kendala, antara lain keterbatasan sarana praktik, minimnya waktu pembelajaran, kurangnya pelatihan, serta terbatasnya media pembelajaran yang relevan dengan konteks lokal. Namun demikian, mereka tetap berinisiatif menggunakan alat peraga sederhana, memanfaatkan lingkungan sekitar, dan mengoptimalkan diskusi kelompok untuk membantu siswa memahami konsep IPA. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar IPA berbasis kearifan lokal sangat diperlukan untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan memperkuat makna pembelajaran. Temuan ini menjadi landasan bagi pengembangan modul kontekstual yang lebih aplikatif dan autentik, sementara penelitian lanjutan disarankan untuk menguji efektivitas bahan ajar tersebut terhadap peningkatan literasi sains siswa.

References

Astuti, M. L. (2024). The Role of 6C Skills in 21st Century Learning of Elementary School Students. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Volume, 7(2), 154–161.

Cresswell. (2018). Research Design (5th ed., Vol. 5). SAGE Publications.

Durratus Sa’diyah. (2023). Analisis Kebutuhan Awal Pengembangan Bahan Ajar IPA bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(1), 11–17. https://doi.org/10.55606/jbpi.v1i1.917

Erman, E., & Wakhidah, N. (2024). Connecting Students to Local Wisdom to Learn Science for Sustainable Development Goals: A Conceptual Framework. KnE Social Sciences, 2024, 1364–1374. https://doi.org/10.18502/kss.v9i13.16076

Ibnu Fitrianto, & Muhammad Farisi. (2025). Integrating Local Wisdom into 21st Century Skills: A Contextual Framework for Culturally Relevant Pedagogy in Rural Classrooms. International Journal of Post Axial: Futuristic Teaching and Learning, 3(2), 109–121. https://doi.org/10.59944/postaxial.v3i2.444

Ikrom Alghofiqi, M., Faif Pasani, C., & Febriyani Putri, R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Literasi Sains Bermuatan Kearifan Lokal dan Karakter Rasa Ingin Tahu. Jurnal Pendidikan Sains Dan Terapan (JPST), 1(1), 2021.

Isty Mubarokah, K., Delimanugari Afiliasi, D., STAI Yogyakarta, A., & PGMI STAI Yogyakarta, D. (2022). Pengembangan Buku Cerita Anak Berbasis Toleransi Bagi Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Al Mumtaz Patuk (Vol. 12, Issue 2). Online.

Janah, A. N., Darmayanti, M., & Saefudin, A. (2024). Kemampuan Literasi Sains di Sekolah Dasar: Systematic Literature Review dan Bibliometric Analysis Periode Tahun 2016 - 2023. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1), 43. https://doi.org/10.29240/jpd.v8i1.9327

Krüger, D., Parchmann, I., & Schecker, H. (2018). Nature Of Science, In Theorien in der naturwissenschaftsdidaktischen Forschung. Springer Berlin. https://doi.org/10.1007/978-3-662-56320-5

Lestari, D. A., Lastari, Rahmawati, I. A., & Fauzi, M. R. (2023). Penerapan Teori Belajar Bruner Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas Vi Sd It Salsabila 8 Pandowoharjo. Al-Ihtirafiah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.47498/ihtirafiah.v3i01.2063

Murthy, D. N. P., & Page, N. W. (2023). Nature and Science. In: Education and Research for the Future. Spring. https://doi.org/10.1007/978-3-031-29685-7_5

Rifai, M. A., Delimanugari, D., & Wahyuni, A. D. (2019). Metode Saintifik Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat, 4(2), 145–154. https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/nuansaakademik/article/view/917

Ristiana, E. (2024). Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal Berdasarkan Systematic Literatur Review. Celebes Journal of Elementary Education, 2(2), 128–136.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D). Alfabeta.

Wibawa, I. M. C., I Gede Margunayasa, & Ni Wayan Eka Widiastini. (2024). Needs Analysis: Development of Contextual Approach Learning Tools Based on Local Balinese Wisdom. Journal of Education Technology, 7(4), 734–741. https://doi.org/10.23887/jet.v7i4.69933

Downloads

Published

2025-08-21

How to Cite

Delimanuagari, D. (2025). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar IPA Berbasis Kearifan Lokal untuk Guru MI/ SD di Kabupaten Gunungkidul. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 8(2), 669–678. https://doi.org/10.24256/pijies.v8i2.7661

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.