Analisis Kebutuhan Bahan Ajar IPA Berbasis Kearifan Lokal untuk Guru MI/ SD di Kabupaten Gunungkidul
DOI:
https://doi.org/10.24256/pijies.v8i2.7661Keywords:
bahan ajar ipa, kearifan lokal, literasi sains, madrasah ibtidaiyah, sekolah dasarAbstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis kebutuhan bahan ajar IPA berbasis kearifan lokal dan pendidikan karakter di tingkat MI/SD di Gunungkidul. Latar belakang penelitian berangkat dari keterbatasan ketersediaan bahan ajar kontekstual yang mampu menjembatani konsep-konsep IPA dengan kehidupan sehari-hari siswa, sekaligus kurangnya integrasi nilai karakter dan budaya lokal dalam pembelajaran. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan melibatkan 19 guru MI/SD sebagai responden. Data diperoleh melalui kuesioner terbuka dan semi-terstruktur, kemudian dianalisis secara tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 58% guru menilai panduan praktikum sebagai bahan ajar yang paling dibutuhkan, sedangkan 68% guru lebih menyukai bahan ajar dalam format cetak. Guru juga menghadapi sejumlah kendala, antara lain keterbatasan sarana praktik, minimnya waktu pembelajaran, kurangnya pelatihan, serta terbatasnya media pembelajaran yang relevan dengan konteks lokal. Namun demikian, mereka tetap berinisiatif menggunakan alat peraga sederhana, memanfaatkan lingkungan sekitar, dan mengoptimalkan diskusi kelompok untuk membantu siswa memahami konsep IPA. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar IPA berbasis kearifan lokal sangat diperlukan untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan memperkuat makna pembelajaran. Temuan ini menjadi landasan bagi pengembangan modul kontekstual yang lebih aplikatif dan autentik, sementara penelitian lanjutan disarankan untuk menguji efektivitas bahan ajar tersebut terhadap peningkatan literasi sains siswa.
References
Astuti, M. L. (2024). The Role of 6C Skills in 21st Century Learning of Elementary School Students. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Volume, 7(2), 154–161.
Cresswell. (2018). Research Design (5th ed., Vol. 5). SAGE Publications.
Durratus Sa’diyah. (2023). Analisis Kebutuhan Awal Pengembangan Bahan Ajar IPA bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(1), 11–17. https://doi.org/10.55606/jbpi.v1i1.917
Erman, E., & Wakhidah, N. (2024). Connecting Students to Local Wisdom to Learn Science for Sustainable Development Goals: A Conceptual Framework. KnE Social Sciences, 2024, 1364–1374. https://doi.org/10.18502/kss.v9i13.16076
Ibnu Fitrianto, & Muhammad Farisi. (2025). Integrating Local Wisdom into 21st Century Skills: A Contextual Framework for Culturally Relevant Pedagogy in Rural Classrooms. International Journal of Post Axial: Futuristic Teaching and Learning, 3(2), 109–121. https://doi.org/10.59944/postaxial.v3i2.444
Ikrom Alghofiqi, M., Faif Pasani, C., & Febriyani Putri, R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Literasi Sains Bermuatan Kearifan Lokal dan Karakter Rasa Ingin Tahu. Jurnal Pendidikan Sains Dan Terapan (JPST), 1(1), 2021.
Isty Mubarokah, K., Delimanugari Afiliasi, D., STAI Yogyakarta, A., & PGMI STAI Yogyakarta, D. (2022). Pengembangan Buku Cerita Anak Berbasis Toleransi Bagi Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Al Mumtaz Patuk (Vol. 12, Issue 2). Online.
Janah, A. N., Darmayanti, M., & Saefudin, A. (2024). Kemampuan Literasi Sains di Sekolah Dasar: Systematic Literature Review dan Bibliometric Analysis Periode Tahun 2016 - 2023. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1), 43. https://doi.org/10.29240/jpd.v8i1.9327
Krüger, D., Parchmann, I., & Schecker, H. (2018). Nature Of Science, In Theorien in der naturwissenschaftsdidaktischen Forschung. Springer Berlin. https://doi.org/10.1007/978-3-662-56320-5
Lestari, D. A., Lastari, Rahmawati, I. A., & Fauzi, M. R. (2023). Penerapan Teori Belajar Bruner Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas Vi Sd It Salsabila 8 Pandowoharjo. Al-Ihtirafiah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.47498/ihtirafiah.v3i01.2063
Murthy, D. N. P., & Page, N. W. (2023). Nature and Science. In: Education and Research for the Future. Spring. https://doi.org/10.1007/978-3-031-29685-7_5
Rifai, M. A., Delimanugari, D., & Wahyuni, A. D. (2019). Metode Saintifik Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat, 4(2), 145–154. https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/nuansaakademik/article/view/917
Ristiana, E. (2024). Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal Berdasarkan Systematic Literatur Review. Celebes Journal of Elementary Education, 2(2), 128–136.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D). Alfabeta.
Wibawa, I. M. C., I Gede Margunayasa, & Ni Wayan Eka Widiastini. (2024). Needs Analysis: Development of Contextual Approach Learning Tools Based on Local Balinese Wisdom. Journal of Education Technology, 7(4), 734–741. https://doi.org/10.23887/jet.v7i4.69933
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Daluti Delimanuagari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright notice:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access)