Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Canva dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Penyandang Disabilitas Daksa
DOI:
https://doi.org/10.24256/pijies.v8i3.8232Keywords:
media pembelajaran interaktif, canva, membaca permulaan, disabilitas daksaAbstract
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan permasalahan yang ditemui pada anak disabilitas daksa kelas VI yang belum mampu dalam membaca suku kata. Oleh karena itu, anak perlu dibantu dalam proses pembelajaran menggunakan media. Media Canva merupakan media yang dapat membantu dalam membaca permulaan anak. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk melihat efektivitas media pemebelajaran interaktif dengan menggunakan Canva untuk peningkatan kemampuan membaca permulaan bagi anak disabilitas daksa kelas VI di SLB 1 Pariaman. Metode penelitian ini yang digunakan adalah Single Subject Reseacrh (SSR) dengan desain A-B. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian wawancara. Teknik analisis data digunakan analisis visual grafik. Dari hasil penelitian yang dilakukan sebanyak 9 pertemuan yang terbagi dalam 2 tahap, yaitu tahap baseline (A) sebanyak 3 pertemuan mendapatkan hasil 50%, 50%, 50% dan terakhir intervensi (B) sebanyak 6 pertemuan mendapata hasil 60%, 80%, 80%, 90%, 90%, 90%. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dan diperoleh bahwa kemampuan membaca permulaan bagi anak disabilitas daksa dapat meningkat dengan menggunakan media Canva
References
Adams, M. J. (1994). Beginning to read: Thinking and learning about print.
CAST, C. (2018). Universal design for learning guidelines version 2.2. Http://Udlguidelines. Cast. Org.
Ginayah, R., Iswara, P. D., & Karlina, D. A. (2024). Pengembangan Media Interaktif Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Keterampilan Membaca Permulaan. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(4), 1770–1784. https://doi.org/10.35931/am.v8i4.4066
Hidayat, H., Ilham, I., & Ningsih, R. M. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Digital pada Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 5(4), 424–430. https://doi.org/10.54371/ainj.v5i4.459
Imam, Y. (2020). Penelitian SSR (Single Subject Research) Buku 2. Program Studi Pendidikan Luar Biasa FKIP ULM.
Inzani, Vidia, & Nur. (2022). PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN JEJAK ABJAD PADA MURID AUTIS KELAS I DI SLB–C YPPLB MAKASSAR.
Kartika, S. D., Rahmi, S., & Wibowo, N. A. (2025). Pemanfaatan Permainan Edukatif Digital untuk Meningkatkan Kemampuan Fonologis Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Anak Usia Dini, 1(2), 31–37.
Kementerian Pendidikan dan Budaya. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Fase A-Fase F Untuk SDLB, SMPLB, dan SMALB. Kemendikbud, hal 6.
Maghfiroh, R., & Hendratno, H. (2024). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Aplikasi Canva Untuk Keterampilan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(7). https://doi.org/10.24036/e-jipsd.v12i1.15263
Marlina, S. P. (2023). Single Subject Research (Penelitian Subjek Tunggal)-Rajawali Pers. PT. RajaGrafindo Persada.
Mat, R. C. (2020). Inovasi dan Kreativiti Berteraskan Teknologi (UUM Press). UUM Press.
Mayer, R. E. (2014). Incorporating motivation into multimedia learning. Learning and Instruction, 29, 171–173. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2013.04.003
Nurhastuti, N. (2024). Kesadaran Anti-Bullying Siswa Normal Terhadap Siswa Berkebutuhan Khusus Kelas Xl di SMKN 7 Padang. Orasi: Jurnal Ilmu Politik Dan Sosial, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.63217/orasi.v1i1.6
Oliver, M. (1990). The politics of disablement—New social movements. In The politics of disablement (pp. 112–131). Springer. https://doi.org/10.1007/978-1-349-20895-1_8
Pramesti, T., & Alwi, N. A. (2024). PEMANFAATAN APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(04), 134–139.
Rahmawati, S. T., Wijayama, B., Rahmayanti, N., & Utami, C. P. C. (2023). Media pembelajaran matematika di sekolah dasar era digital. Cahya Ghani Recovery. https://doi.org/10.31237/osf.io/37z5r
Rizki, M. Y., Rukhmana, T., Ikhlas, A., Sari, I. W., & Pesak, S. A. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis HOTS untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika. Indonesian Research Journal on Education, 4(4), 3140–3145. https://doi.org/10.31004/irje.v4i4.1516
Said, C. S., Umar, I. N., Muniandy, B., & Desa, S. (2015). Aplikasi Teknologi Multimedia dalam Pembelajaran Sains Biologi: Kesan Terhadap Pelajar Berbeza Tahap Keupayaan Spatial: Multimedia Technology Application in Biology Science Learning: Effects on Students with Different Levels of Spatial Ability. Journal of ICT in Education, 2, 12–25.
Suleman, D., Hanafi, Y. R., & Rahmat, A. (2021). Meningkatkan kemampuan siswa membaca permulaan melalui metode Scramble di kelas II SDN 3 Tibawa Kabupaten Gorontalo. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 713–726. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.713-726.2021
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Ulmi Halviani, Nurhastuti Nurhastuti, Damri Damri, Safarruddin Safarruddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright notice:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access)
 
							
 
  



 This is an open access article under the
 This is an open access article under the 