Pengaruh Media Video Pembelajaran Animasi Melihat Karna Cahaya terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Siswa

Authors

  • Putri durrotul hikmah Hikmah STKIP PGRI Bangkalan, Indonesia
  • Ihwan Firmansyah Firmansyah STKIP PGRI Bangkalan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/pijies.v8i1.6379

Keywords:

media video pembelajaran animasi, hasil belajar, motivasi

Abstract

Pembelajaran pada Ilmu Pengetahuan Alam masih berbasis teacher centered atau hanya berpusat pada guru, sehingga timbul beberapa permasalahan yang dihadapi oleh seorang guru seperti kondisi siswa yang bosan dan mengantuk pada saat pembelajaran, hasil belajar siswa untuk aktif dalam pembelajaran akan menjadi rendah yang mengakibatkan kemampuan siswa menerima informasi menjadi sulit sehingga motivasi siswa untuk  mengerjakan soal menjadi rendah. Media video pembelajaran animasi melihat karna cahaya merupakan media yang sesuai untuk menyelesaikan permasalahan pembelajaran tersebut karena berbasis video animasi. Tujuan pada penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh media video pembelajaran animasi melihat karna cahaya terhadap hasil belajar dan motivasi siswa di SDN Pejagan 1. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Hasil penelitian menunjukkan media video pembelajaran animasi melihat karna cahaya berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar dan motivasi  siswa berdasarkan hasil analisis nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05 untuk hasil belajar siswa dan nilai sig. sebesar 0,004 < 0,05 untuk motivasi siswa.

Author Biography

Ihwan Firmansyah Firmansyah, STKIP PGRI Bangkalan

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP PGRI Bangkalan

References

Aliyyah, R. R., Amini, A., Subasman, I., Sri, E., Herawati, B., & Febiantina, S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Penggunaan Media Video Pembelajaran Efforts Toimprove the Science Learning Results Through the Use of Learning Video Media. Jurnal Sosial Humaniora, 12(1), 54–71.

Gulo, F., Laia, A., & Ndruru, K. (2022). Kesalahan Penggunaan Tanda Baca Pada Karangan Eksposisi Siswa Kelas X Iis-B Sma Swasta Kampus Telukdalam Tahun Pembelajaran 2020/2021. KOHESI : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 52–63. https://doi.org/10.57094/kohesi.v2i2.430

Hera, T., & Nurdin, N. (2019). Kontribusi Motivasi Mahasiswa Dalam Proses Kreatif Penciptaan Tari Pada Mata Kuliah Koreografi. Jurnal Sitakara, 4(1). https://doi.org/10.31851/sitakara.v4i1.2558

Kurniawan, D., Kuswandi, D., & Husna, A. (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Ipa Tentang Sifat Dan Perubahan Wujud Benda Kelas Iv Sdn Merjosari 5 Malang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 4(2), 119–125. https://doi.org/10.17977/um031v4i22018p119

Meilinda, G., Sunaengsih, C., & Sujana, A. (2024). Penggunaan Media Flipbook Digital untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Materi Cahaya dan Sifatnya. Academy of Education Journal, 15(1), 978–990. https://doi.org/10.47200/aoej.v15i1.2351

Nurlina, N., Nurfaidah, N., & Bahri, A. (2021). Teori Belajar dan Pembelajaran. In LPP Unismuh Makassar (Lembaga Perpustakaan dan Penerbitan Universitas Muhammadiyah Makassar) (Issue April).

Pebriani, C. (2017). Pengaruh penggunaan media video terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif pembelajaran IPA kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 11–21. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8461

Prastica, Y., Hidayat, M. T., Ghufron, S., & Akhwani, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3260–3269. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1327

Puspasari, H., & Puspita, W. (2022). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Tingkat Pengetahuan dan Sikap Mahasiswa terhadap Pemilihan Suplemen Kesehatan dalam Menghadapi Covid-19. Jurnal Kesehatan, 13(1), 65–71. https://doi.org/10.26630/jk.v13i1.2814

Qur’ani, B. (2023). Belajar dan Pembelajaran. Tahta Media Group, 01, 1–23.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D (ke-26). CV. Alfabeta.

Ummah, M. S. (2019). Peran Guru Dalam Inovasi Pembelajaran. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Hikmah, P. durrotul hikmah, & Firmansyah, I. F. (2025). Pengaruh Media Video Pembelajaran Animasi Melihat Karna Cahaya terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Siswa. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 8(1), 78–89. https://doi.org/10.24256/pijies.v8i1.6379

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.