Pengaruh Media Video Pembelajaran Animasi Melihat Karna Cahaya terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Siswa
DOI:
https://doi.org/10.24256/pijies.v8i1.6379Keywords:
media video pembelajaran animasi, hasil belajar, motivasiAbstract
Pembelajaran pada Ilmu Pengetahuan Alam masih berbasis teacher centered atau hanya berpusat pada guru, sehingga timbul beberapa permasalahan yang dihadapi oleh seorang guru seperti kondisi siswa yang bosan dan mengantuk pada saat pembelajaran, hasil belajar siswa untuk aktif dalam pembelajaran akan menjadi rendah yang mengakibatkan kemampuan siswa menerima informasi menjadi sulit sehingga motivasi siswa untuk mengerjakan soal menjadi rendah. Media video pembelajaran animasi melihat karna cahaya merupakan media yang sesuai untuk menyelesaikan permasalahan pembelajaran tersebut karena berbasis video animasi. Tujuan pada penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh media video pembelajaran animasi melihat karna cahaya terhadap hasil belajar dan motivasi siswa di SDN Pejagan 1. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Hasil penelitian menunjukkan media video pembelajaran animasi melihat karna cahaya berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar dan motivasi siswa berdasarkan hasil analisis nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05 untuk hasil belajar siswa dan nilai sig. sebesar 0,004 < 0,05 untuk motivasi siswa.
References
Aliyyah, R. R., Amini, A., Subasman, I., Sri, E., Herawati, B., & Febiantina, S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Penggunaan Media Video Pembelajaran Efforts Toimprove the Science Learning Results Through the Use of Learning Video Media. Jurnal Sosial Humaniora, 12(1), 54–71.
Gulo, F., Laia, A., & Ndruru, K. (2022). Kesalahan Penggunaan Tanda Baca Pada Karangan Eksposisi Siswa Kelas X Iis-B Sma Swasta Kampus Telukdalam Tahun Pembelajaran 2020/2021. KOHESI : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 52–63. https://doi.org/10.57094/kohesi.v2i2.430
Hera, T., & Nurdin, N. (2019). Kontribusi Motivasi Mahasiswa Dalam Proses Kreatif Penciptaan Tari Pada Mata Kuliah Koreografi. Jurnal Sitakara, 4(1). https://doi.org/10.31851/sitakara.v4i1.2558
Kurniawan, D., Kuswandi, D., & Husna, A. (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Ipa Tentang Sifat Dan Perubahan Wujud Benda Kelas Iv Sdn Merjosari 5 Malang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 4(2), 119–125. https://doi.org/10.17977/um031v4i22018p119
Meilinda, G., Sunaengsih, C., & Sujana, A. (2024). Penggunaan Media Flipbook Digital untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Materi Cahaya dan Sifatnya. Academy of Education Journal, 15(1), 978–990. https://doi.org/10.47200/aoej.v15i1.2351
Nurlina, N., Nurfaidah, N., & Bahri, A. (2021). Teori Belajar dan Pembelajaran. In LPP Unismuh Makassar (Lembaga Perpustakaan dan Penerbitan Universitas Muhammadiyah Makassar) (Issue April).
Pebriani, C. (2017). Pengaruh penggunaan media video terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif pembelajaran IPA kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 11–21. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8461
Prastica, Y., Hidayat, M. T., Ghufron, S., & Akhwani, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3260–3269. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1327
Puspasari, H., & Puspita, W. (2022). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Tingkat Pengetahuan dan Sikap Mahasiswa terhadap Pemilihan Suplemen Kesehatan dalam Menghadapi Covid-19. Jurnal Kesehatan, 13(1), 65–71. https://doi.org/10.26630/jk.v13i1.2814
Qur’ani, B. (2023). Belajar dan Pembelajaran. Tahta Media Group, 01, 1–23.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D (ke-26). CV. Alfabeta.
Ummah, M. S. (2019). Peran Guru Dalam Inovasi Pembelajaran. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Putri durrotul hikmah Hikmah, Ihwan Firmansyah Firmansyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright notice:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access)