Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Kewirausahaan dalam Meningkatkan Semangat Gotong Royong Siswa

Authors

  • Erni Wantini Widaningsih STKIP Pasundan, Indonesia
  • Khaerul Syobar STKIP Pasundan, Indonesia
  • Neneng Tri Puspita STKIP Pasundan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/pijies.v8i2.6886

Keywords:

p5, kewirausahaan, gotong royong, pendidikan karakter

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema kewirausahaan dalam meningkatkan semangat gotong royong siswa di SDN Ciseah. Urgensi penelitian ini terletak pada menurunnya kemampuan kolaborasi siswa sekolah dasar. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap 150 siswa kelas 4, 5, dan 6. Hasil penelitian menunjukkan: a) projek kewirausahaan mampu meningkatkan interaksi sosial dan kerja sama siswa; b) peran orang tua sangat penting dalam mendukung dan memotivasi siswa selama projek; c) terdapat kendala seperti partisipasi yang belum merata, keterbatasan waktu, dan sarana prasarana. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan agar pelaksanaan P5 dilakukan secara berkelanjutan dan terstruktur guna menanamkan nilai gotong royong dan pendidikan karakter.

References

Adha, E., & Permatasari, C. L. (2021). Peran Pendidikan Kewirausahaan Dalam Menumbuhkan Kesiapan Berwirausahaa Siswa. Journal of Economic Education, 15, 60–71. https://doi.org/10.19184/jpe.v15i1.21158

Aries, A. M. (2022). Peningkatan Karakter Gotong Royong Melalui Market Day Di Sekolah Dasar. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 1(4), 68–81. https://doi.org/10.30640/dewantara.v1i4.388

Aryani, E. D., Fadjrin, N., Azzahro', T. A., & Fitriono, R. A. (2022). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Pendidikan Karakter. Gema Keadilan, 9(3). https://doi.org/10.14710/gk.2022.16430

Creswell, J. W. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). Sage Publications.

Fajar, A., Halimah, L., & Heryani, H. (2023). Implementing Pancasila Values in Facing the COVID-19 Pandemic-A Study from the City of Cimahi. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 1(8), 2–12. https://doi.org/10.26618/jed.v8i1.8702

Hamida Ombili, D. M., Sunarti Rauf, A. R., & Rusmin Husain. (2022). Project Program Sekolah Untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Melalui Literasi Kewirausahaan Di Sdn 29 Kota Selatan. Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 1(3), 75–79. https://doi.org/10.56127/jushpen.v1i3.377

Haq, S. (2022). Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Ranah Kewirausahaan. Cived, 9(2), 184. https://doi.org/10.24036/cived.v9i2.117804

Jedinasrul, J., Waskito, W., Ambiyar, A., & Elfizon, E. (2022). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Meningkatkan Jiwa Kewirausahaan Siswa Pada SMK Negeri 6 Merangin. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1815. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1815-1822.2022

Kemendikbudristek. (2022). Buku Saku: Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/25344

Kharisma, M. E., Faridi, F., & Yusuf, Z. (2023). Penanaman Karakter Gotong Royong Berbasis P5 di SMP Muhammadiyah 8 Batu. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(2), 1152–1161. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i2.1420

Koentjaraningrat. (2009). Pengantar Ilmu Antropologi. Rineka Cipta.

Laily, M. K. M., Usman, A., & Hidayati, N. (2024). Penanaman Karakter Gotong Royong Melalui Tema Kewirausahaan dan Kearifan Lokal pada P5 Kurikulum Merdeka. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(3), 10. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i3.86

Lickona, T. (1991). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. Bantam Books.

Maharani, L., Rondli, W. S., & Darmuki, A. (2024). PELAJAR PANCASILA: PEMBELAJARAN BERPIHAK PADA MURID DALAM PENDIDIKAN ABAD 21. Jurnal Butuh Ilmu, 11(2), 157–165. https://doi.org/10.36706/jbti.v11i02.51

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Analisis Data Kualitatif. Universitas Indonesia Press.

Musdalifah, S. (2024). Penerapan Budaya Gotong Royong Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kelas IV SD Negeri 006 Trimulya Jaya. Sakola, 1(2), 348–357. https://doi.org/10.57235/sakola.v1i2.3291

Riyadi, F. S., Nuroso, H., Handayani, R. S., & Saputra, B. A. (2024). Penerapan Nilai Gotong Royong Berbasis Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Pada Jenjang Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(5), 697–709.

Salsabila, Y. R., & Muqowim, M. (2024). Korelasi Antara Teori Belajar Konstruktivisme Lev Vygotsky Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl). LEARNING: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 813–827. https://doi.org/10.51878/learning.v4i3.3185

Satria, M. R., Adiprima, P., Jeanindya, M., Anggraena, Y., Anitawati, Kandi, S., & Tracey, Y. H. (2024). Buku Panduan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/file/1720050654_manage_file.pdf

Sufyadi, S., Harjatanaya, T. Y., Adiprima, P., Satria, M. R., Andiarti, A., & Herutami, I., et al. (2021). Panduan pengembangan projek peguatan profil pelajar pancasila jenjang pendidikan dasar dan menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA). Kemendikbudristek. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila

Tilaar, H. A. R. (2002). Pendidikan, Kebudayaan, dan Masyarakat Madani Indonesia. Remaja Rosdakarya.

Trihastuti, M., Romlah, O. Y., Syobar, K., Ali, Y. F., Andrian, & Belladonna, A. (2024). Menggali Potensi Daerah dengan Mengembangkan Jiwa Entrepreneur di dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga. Jurnal Pengabdian, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.58740/mjp.v1i1.104

Yin, R. K. (2014). Case Study Research: Design and Methods (5th ed.). Sage Publications.

Yuliastuti, S., Ansori, I., & FAthurrahman, M. (2022). Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kewirausahaan Kelas 4 SD Labschool UNNES Kota Semarang. Lembaran Ilmu Kependidikan, 51(2), 76–87.

Downloads

Published

2025-08-22

How to Cite

Widaningsih, E. W., Syobar, K., & Puspita, N. T. (2025). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Kewirausahaan dalam Meningkatkan Semangat Gotong Royong Siswa. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 8(2), 679–693. https://doi.org/10.24256/pijies.v8i2.6886

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.