Studi Eksploratif Kecemasan Matematis dan Determinannya pada Mahasiswa Baru Calon Guru Sekolah Dasar

Authors

  • Ika Febriana Wati Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Yunita Miftahul Jannah Universitas Katolik Parahyangan, Indonesia
  • Melania Eva Wulanningtyas Universitas Katolik Parahyangan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/pijies.v8i1.6915

Keywords:

kecemasan matematika, mahasiswa baru, determinan, calon guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi tingkat kecemasan matematika serta mengidentifikasi faktor-faktor penyebabnya pada mahasiswa baru program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) di Kampus Unesa 5. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif-deskriptif dengan teknik total sampling, yang melibatkan seluruh mahasiswa baru PGSD tahun akademik 2024/2025 sebanyak 157 orang. Data dikumpulkan melalui angket skala Likert lima poin yang mencakup empat dimensi kecemasan (mood, motorik, kognitif, dan somatik), serta satu pertanyaan terbuka untuk mendalami persepsi mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa (69,4%) berada pada kategori kecemasan matematika sedang, sementara 18,5% menunjukkan kecemasan tinggi. Determinan utama yang memengaruhi kecemasan meliputi pengalaman belajar negatif di masa lalu, ketidakpahaman konsep dasar, gaya mengajar dosen yang monoton, rendahnya kepercayaan diri, serta tekanan sosial dan akademik. Temuan ini menguatkan hipotesis bahwa kecemasan matematika di kalangan mahasiswa calon guru bersifat kompleks dan multidimensional, serta membutuhkan intervensi pedagogis yang empatik dan kontekstual.

References

Abdussamad, S. N., Doholio, N. P., Lasaleng, W. P., Usia, P. A. I. N., Rahman, M. I., & Adam, D. P. J. (2025). Klasifikasi Tingkat Depresi Mahasiswa Menggunakan Image Recognition dengan Support Vector Machine. Research in the Mathematical and Natural Sciences, 4(1), 30–36.

Asari, I., Pakpahan, R., & Salamah, S. (2023). ANALISIS GENDER TENTANG MATH ANXIETY PADA SISWA SMP NEGERI 14 MEDAN. Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 319–328.

Ashcraft, M. H. (2002). Math Anxiety: Personal, Educational, and Cognitive Consequences. Current Directions in Psychological Science, 11(5), 181–185. https://doi.org/10.1111/1467-8721.00196

Ashcraft, M. H., & Kirk, E. P. (2001). The relationships among working memory, math anxiety, and performance. Journal of Experimental Psychology: General, 130(2), 224.

Ashcraft, M. H., & Ridley, K. S. (2005). Math anxiety and its cognitive consequences: A tutorial review. The Handbook of Mathematical Cognition, 315–327.

Bandura, A. (1997). Self-efficacy: The exercise of control. Macmillan.

Bekdemir, M. (2010). The pre-service teachers’ mathematics anxiety related to depth of negative experiences in mathematics classroom while they were students. Educational Studies in Mathematics, 75(3), 311–328.

Boaler, J. (2002). Experiencing school mathematics: Traditional and reform approaches to teaching and their impact on student learning. Routledge. https://www.taylorfrancis.com/books/mono/10.4324/9781410606365/experiencing-school-mathematics-jo-boaler

Crespo, S. (2020). En La Lucha/in the Struggle for Mathematics Teacher Education Without Borders. In N. Radakovic & L. Jao (Eds.), Borders in Mathematics Pre-Service Teacher Education (pp. 3–18). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-44292-7_1

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.

Erza, A. S. (2022). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kecemasan Terkait Prestasi Akademik Mahasiswa Literature Review [PhD Thesis, STIKES HANG TUAH SURABAYA]. http://repository.stikeshangtuah-sby.ac.id/id/eprint/466/

Fanani, A. J., Mutamaqin, M. I., & Aziz, M. I. (2024). Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Menurunkan Kecemasan Matematika pada Siswa SMA. Dharma Pendidikan, 19(2), 156–163.

Fatmawati, J., & Laksmiwati, H. (2022). Hubungan antara efikasi diri dengan kecemasan menghadapi ujian skripsi pada mahasiswa. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 9(8), 63–73.

Gresham, G. (2018). Preservice to Inservice: Does Mathematics Anxiety Change With Teaching Experience? Journal of Teacher Education, 69(1), 90–107. https://doi.org/10.1177/0022487117702580

Hadi, F. Z., Fathurrohman, M., & Santosa, C. A. H. F. (2020). Kecemasan matematika dan kemampuan berpikir kritis matematis siswa di sekolah menengah pertama. ALGORITMA Journal of Mathematics Education (AJME), 2(1), 59–72.

Jehadus, E., Sugiarti, L., & Jelimun, Y. (2024). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika ditinjau dari Kecemasan Matematis Siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1457–1468.

Julya, D., & Nur, I. R. D. (2022). Studi literatur mengenai kecemasan matematis terhadap pembelajaran matematika. Didactical Mathematics, 4(1), 181–190.

Kusmaryono, I., & Ulia, N. (2020). Interaksi gaya mengajar dan konten matematika sebagai faktor penentu kecemasan matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 143–154.

Larkin, K., & Jorgensen, R. (2016). ‘I Hate Maths: Why Do We Need to Do Maths?’ Using iPad Video Diaries to Investigate Attitudes and Emotions Towards Mathematics in Year 3 and Year 6 Students. International Journal of Science and Mathematics Education, 14(5), 925–944. https://doi.org/10.1007/s10763-015-9621-x

Lyons, I. M., & Beilock, S. L. (2012). When math hurts: Math anxiety predicts pain network activation in anticipation of doing math. PloS One, 7(10), e48076.

Putri, M. A. R., & Rudhito, M. A. (2025). Analisis Tingkat Kecemasan Matematika Siswa Kelas X SMA Seminari Mertoyudan Magelang. J-PiMat: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 1605–1614.

Ramirez, G., Shaw, S. T., & Maloney, E. A. (2018). Math Anxiety: Past Research, Promising Interventions, and a New Interpretation Framework. Educational Psychologist, 53(3), 145–164. https://doi.org/10.1080/00461520.2018.1447384

Rawa, N. R., & Yasa, P. A. E. M. (2018). Kecemasan matematika pada mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar. Journal of Education Technology, 2(2), 36–45.

Richardson, F. C., & Suinn, R. M. (1972). The mathematics anxiety rating scale: Psychometric data. Journal of Counseling Psychology, 19(6), 551.

Rizta, A., & Antari, L. (2019). Tingkat mathematics anxiety pada mahasiswa calon guru matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 9–20.

Sa’adah, L., & Mariana, N. (2018). Studi Auto| etnografi: Kecemasan Guru Kelas Sekolah Dasar Saat Mengajarkan Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(7). https://core.ac.uk/download/pdf/230635526.pdf

Sugiyono, S. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Alfabeta, Bandung, 4.

Sutomo, W. A. B., & Juandi, D. (2024). Systematic literature review: Identification of students’ mathematical anxiety in mathematics learning. Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 12(1), 35–47.

Tobias, S. (1993). Overcoming math anxiety. WW Norton & Company.

Trujillo, K. M., & Hadfield, O. D. (1999). Tracing the roots of mathematics anxiety through in-depth interviews with preservice elementary teachers. College Student Journal, 33(2).

Vukovic, R. K., Roberts, S. O., & Green Wright, L. (2013). From Parental Involvement to Children’s Mathematical Performance: The Role of Mathematics Anxiety. Early Education & Development, 24(4), 446–467. https://doi.org/10.1080/10409289.2012.693430

Wigfield, A., & Meece, J. L. (1988). Math anxiety in elementary and secondary school students. Journal of Educational Psychology, 80(2), 210.

Yanti, D., & Yunita, H. (2020). Kecemasan Matematika dan Self Efficacy dalam melakukan Pembuktian Matematika. Journal of Mathematics Science and Education, 2(2), 68–79.

Yuniarti, S., Ishak, M. Z., & Pang, V. (2019). The influences of mathematical beliefs on mathematics anxiety among pre-service elementary school teachers in East Borneo, Indonesia. Borneo International Journal of Education (BIJE), 1. https://jurcon.ums.edu.my/ojums/index.php/bije/article/view/1778

Yuniawatika, Y., Rini, T. A., Manggala, I. S. A., & Wati, I. F. (2024). Pengaruh Math Anxietydan Self-RegulationTerhadap Number SenseMahasiswa Calon Guru. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 33(2), 117–128.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Wati, I. F., Jannah, Y. M., & Wulanningtyas, M. E. (2024). Studi Eksploratif Kecemasan Matematis dan Determinannya pada Mahasiswa Baru Calon Guru Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 8(1), 382–397. https://doi.org/10.24256/pijies.v8i1.6915

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)