Implementasi Tadarus Al-Qur’an dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik Madrasah Ibtida’iyah
DOI:
https://doi.org/10.24256/pijies.v8i1.6960Keywords:
tadarus al-qur’an, disiplin, pendidikan karakter, madrasah ibtidaiyahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi tadarus Al-Qur’an dalam membentuk karakter disiplin peserta didik di MI Miftahul Huda Bulungan, Jepara. Latar belakang penelitian ini berangkat dari pentingnya pembentukan karakter melalui pembiasaan religius yang kontekstual dan terintegrasi dalam kehidupan sekolah dasar Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi, dengan subjek penelitian terdiri dari kepala madrasah, guru, dan siswa kelas IV hingga VI yang aktif dalam kegiatan tadarus. Temuan menunjukkan bahwa pembiasaan tadarus yang dilakukan secara konsisten setiap pagi memberikan kontribusi nyata terhadap pembentukan disiplin siswa, baik dalam aspek waktu, tanggung jawab, maupun keteraturan perilaku. Guru berperan sebagai teladan dan pembina, sedangkan siswa mengalami internalisasi nilai secara alami melalui praktik yang berulang dan bernilai spiritual. Penelitian ini menyimpulkan bahwa tadarus bukan sekadar aktivitas keagamaan, tetapi juga merupakan media pendidikan karakter yang efektif, sistematis, dan berkelanjutan dalam konteks madrasah ibtidaiyah.
References
Amalia, D. R., Pratiwi, W., Mushodiq, M. A., Saifullah, M., & Khotimah, T. N. (2020). Hermeneutika Perspektif Gadamer dan Fazlur Rahman. Al-Fathin: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab, 3(02), 183–205. https://doi.org/10.32332/AL-FATHIN.V3I02.2416
Ambarwati, A. P., Budiarti, A. R., Laela, N., Haqq, A. Q. ‘Ainin D., & Makhful, M. (2023). Urgensi Pendidikan Karakter Religius dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa. Jurnal Pendidikan dan Media Pembelajaran, 1(1), 35–46. https://doi.org/10.61813/JPMP.V0I0.58
Ananda, M., Rahmadani, F., & Gusmaneli, G. (2025). Optimalisasi Strategi Pembelajaran Islami dalam Menumbuhkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik. Ikhlas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 2(2), 252–270. https://doi.org/10.61132/IKHLAS.V2I2.789
Anindhita, B. K., & Fatimah, N. (2025). Habituasi Nilai Karakter Per Ardua Ad Astra dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik SMA Institut Indonesia. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(1), 10–22. https://doi.org/10.29303/JIPP.V10I1.2853
Arfani, M. (2024). Implikasi Pembelajaran Non Formal terhadap Peningkatan Pemahaman Pendidikan Agama Islam di Lembaga Pendidikan. Islamic Education Review, 1(1), 38–59. https://barkah-ilmi-fiddunya.my.id/ojs/index.php/ier/article/view/13
Ariani, H. S., & Nadiah. (2024). Pengaruh Pembiasaan Tadarus Al-Quran Terhadap Pendidikan Karakter (Survei di SMA Pelita Tiga Jakarta). Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 73–82. https://doi.org/10.30599/JPIA.V11I2.3448
Astuti, M., Lestari, I., Muzdalifah, M., Nurmalina, N., & Apriliani, S. (2025). Pelaksanaan Pembiasaan Kegiatan Tadarus Qur’an terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa SMP Negeri 10 Palembang. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 6(1), 15–25. https://doi.org/10.54373/IMEIJ.V6I1.2328
Bahri, S., Sakdiyah, H., Tanjung, H. B., & Samsu. (2024). Relasi guru dengan murid dalam perspektif pendidikan Islam. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 17(2), 473–494. https://doi.org/10.32832/TAWAZUN.V17I2.16731
Candra, P., Ayu, S., Putri, K., & Dirgantoro, S. (2023). Guru Sebagai Teladan dalam Menumbuhkan Sikap Toleransi Murid di Kelas. Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan Karakter, 7(1), 62–80. https://doi.org/10.21776/UB.WASKITA.2023.007.01.5
Chairuddin, M. (2025). Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Kegiatan Pesantren Ramadhan di SMPN 6 Kediri. Madrasah Ibtidaiyah Education Journal, 2(2), 86–94. https://doi.org/10.63321/MIEJ.V2I2.69
Ervina, E., Putri Nilasari, N., & Syafiq, M. (2025). Penerapan Metode Story Telling Islami Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Terhadap Materi Sejarah Nabi Dalam Pendidikan Agama Islam. MUDABBIR Journal Research and Education Studies, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.56832/MUDABBIR.V5I2.1073
Fadillah, A. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Deduktif Matematis Siswa. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika), 3(1), 15–21. https://doi.org/10.31764/JTAM.V3I1.752
Francisca, L., & Ajisuksmo, C. R. P. (2015). Keterkaitan Antara Moral Knowing, Moral Feeling, Dan Moral Behavior Pada Empat Kompetensi Dasar Guru the Correlations Among Moral Knowing, Moral Feeling, and Moral Behavior on Four Basic Competencies of Teachers. Jurnal Pendidikan, 45(2), 211–221.
Haki, U., Danik Prahastiwi, E., & Hasibuan, N. S. (2024). Strategi Pengumpulan dan Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif Pendidikan. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pendidikan, 3(1), 1–19. https://doi.org/10.46306/JURINOTEP.V3I1.67
Hamami, T., Dewantoro, M. H., Madjid, A., & Wasim, A. T. (2021). Liberasi Kepemimpinan Propetik dalam Satuan Sekolah Dasar dan Menengah Muhammadiyah. Millah: Journal of Religious Studies, 20(2), 385–416. https://doi.org/10.20885/MILLAH.VOL20.ISS2.ART8
Hilmi, F. (2023). The Role of Islamic Character Education in Developing Discipline in Schools: Peran Pendidikan Karakter Islami Dalam Pembinaan Kedisiplinan Di Sekolah. Edukasi: Journal of Educational Research, 3(2), 20–30. https://doi.org/10.57032/EDUKASI.V3I2.172
Idwin, M., Kustati, M., & Amelia, R. (2025). Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam dalam Perspektif Manajemen Pendidikan. Jurnal Riset Rumpun Agama dan Filsafat, 4(1), 604–620. https://doi.org/10.55606/JURRAFI.V4I1.4999
Ilmi, A. M., & Sholeh, M. (2021). Manajemen Kepala Sekolah Dalam Mewujudkan Budaya Religius Di Sekolah Islam. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 389–402. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/39485
Lesilolo, H. J. (2019). Penerapan Teori Belajar Sosial Albert Bandura Dalam Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi, 4(2), 186–202. https://doi.org/10.37196/kenosis.v4i2.67
Lutfihyanto, W. A., Sendow, G. M., & Samadi, R. L. (2022). Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Kinerja Individu di Organisasi Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Manado. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(3), 09–21. https://doi.org/10.35794/EMBA.V10I3.41113
Mulyadi, W., & Maulana, I. (2025). Kreativitas Guru dalam Menanamkan Sikap Disiplin Melalui Manajemen Kela. Kreatif: Jurnal Pemikiran Pendidikan Agama Islam, 23(1), 79–88. https://doi.org/10.52266/KREATIF.V24I1.2515
Patianansa, S. G., & Shodiq, M. (2025). Lingkungan Belajar dan Karakter Islami: Telaah Q.S Al Kahfi Ayat 28 di Pondok Pesantren Banu Sanusi Lombok. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Kemanusiaan, 9(1), 272–287. https://doi.org/10.52266/TADJID.V9I1.4301
Sa’adah, M., Rahmayati, G. T., & Prasetiyo, Y. C. (2022). Strategi dalam Menjaga Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif. Al-’Adad: Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 54–64. https://doi.org/10.24260/ADD.V1I2.1113
Saefudin Wahid, F., Badrun Zaman, M., Yasin, Y., Linda Antika, T., & Ubaedillah, U. (2024). Implementasi Strategi Manajemen Kelas Berbasis Karakter untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Siswa SD Negeri 1 Kalirahayu Losari Cirebon. Era Literasi: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(4). https://jurnal.eraliterasi.com/index.php/eraliterasi/article/view/256
Salahudin, S., Irawan, E., & Furkan, F. (2024). The Role of Physical Education and Sports in Shaping the Nation’s Character. Champions: Education Journal of Sport, Health, and Recreation, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.59923/CHAMPIONS.V2I1.91
Sandra, R., N, N., & Nirwana, H. (2025). Perkembangan Ilmu Psikologi Belajar dalam Mendukung Praktik Bimbingan Konseling di Abad 21; Behavioristik ke Konstruktivisme. Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 2(10). https://doi.org/10.5281/ZENODO.15395366
Supriatna, I. (2022). Pendidikan Akhlak Dalam Perspektif Tafsir Surah Al-A’raf Ayat 26-27. JURNAL PENDIDIKAN AR-RASYID, 7(2), 1–16.
Suwartini, S. (2017). Pendidikan Karakter dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Keberlanjutan. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 4(1). https://doi.org/10.30738/TRIHAYU.V4I1.2119
Syaifuddin, M. A., & Fahyuni, E. F. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter melalui Kurikulum Muatan Lokal di SMP Muhammadiyah 2 Taman. Palapa, 7(2), 267–285. https://doi.org/10.36088/palapa.v7i2.358
Syal Sabillah Purnama, I., Damayanti Sholikhah, D., Luqna Hunaida, W., & Achmad Khoirur Rozaq. (2024). Aktualisasi Nilai-Nilai Akhlakul Karimah Peserta didik melalui Pembiasaan Salat Dhuha Berjamaah di SMP Negeri 26 Surabaya. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 83–94. https://doi.org/10.30599/JPIA.V11I2.3427
Widianti, A., Sulistyaningsih, D., Fauziati, E., & Sumardjoko, B. (2025). Penanaman Karakter Disiplin Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Pembiasaan Pagi dalam Perspektif Behaviorisme. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01), 221–235. https://doi.org/10.23969/JP.V10I01.21741
Yasin, M. (2023). Membangun Karakter Unggul melalui Pelita Ilmu. Attractive : Innovative Education Journal, 5(3), 534–540. https://doi.org/10.51278/AJ.V5I3.989
Zaini, M., Iskandar, Wardani, M., & Gina, M. (2025). Integrasi Kecerdasan Buatan (AI) dalam Pembelajaran : Dampaknya pada Literasi Digital dan Berpikir Kritis Siswa. Maulana Atsani: Jurnal Pendidikan Multidisipliner, 1(4), 151–157. https://doi.org/10.51806/5FJXZV59
Zubaidah, S. (2019). Pendidikan Karakter Terintegrasi Keterampilan Abad ke-21. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, 3(2), 1–24. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v3i2.125
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Iin Munfarihah, Fathur Rohman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright notice:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access)