Pemetaan Program 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat terhadap Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.24256/pijies.v8i3.8743Keywords:
program 7 kebiasaan anak indonesia hebat, pendidikan karakter, pelaksanaan program, sekolah dasar, pembentukan karakter siswaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kedisiplinan, tanggung jawab, serta kepedulian sosial siswa sekolah dasar sehingga diperlukan program pembiasaan yang terstruktur untuk memperkuat karakter sejak dini. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan Program 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat di sekolah dasar sebagai rumusan masalah pertama. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain survei, melibatkan 716 siswa dari lima sekolah dasar di Kota Jambi. Data dikumpulkan melalui kuesioner 49 item dan dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif serta PLS-SEM untuk melihat kualitas instrumen dan gambaran pelaksanaan program. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat yang meliputi kebiasaan bangun pagi, beribadah, berolahraga, makan sehat dan bergizi, gemar belajar, bermasyarakat, dan tidur cepat telah terlaksana dengan kategori baik di kelima sekolah, ditandai dengan konsistensi pembiasaan harian melalui buku jurnal dan dukungan guru dalam kegiatan rutin. Tiga kebiasaan yang paling konsisten diterapkan adalah beribadah, gemar belajar, dan bermasyarakat, sedangkan kebiasaan makan sehat serta tidur cepat menjadi aspek yang paling rendah keterlaksanaannya. Temuan ini merekomendasikan perlunya pelibatan lebih besar dari orang tua serta peningkatan monitoring guru untuk memastikan pembiasaan berlangsung konsisten baik di sekolah maupun di rumah. Secara keseluruhan, pelaksanaan program menunjukkan arah positif sebagai dasar pembentukan karakter siswa.
References
Abdullah, N. (2020). Learning from the perspectives of Albert Bandura and Abdullah Nashih Ulwan: Implications towards the 21st century education. AI-Hayat: Journal of Islamic Education, 20(2), 199–218.
Hair Jr, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., Sarstedt, M., Danks, N. P., & Ray, S. (2021). Partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) using R: A workbook (p. 197). Springer Nature.
Covey, S. R. (2016). The 7 habits of highly effective people. Texila International Journal of Nursing, 2(1), 1–5. https://doi.org/10.21522/tijnr.2015.02.01.art023
Duckworth, A. L., & Kern, M. L. (2011). A meta-analysis of the convergent validity of self-control measures. Journal of Research in Personality, 45(3), 259–268. https://doi.org/10.1016/j.jrp.2011.02.004
Gardner, B., Rebar, A. L., & Lally, P. (2022). How does habit form? Guidelines for tracking real-world habit formation. Cogent Psychology, 9(1), 2041277. https://doi.org/10.1080/23311908.2022.2041277
Habiibah, H., Munifah, M., Ningsih, W., Luthfiyah, L., Zahro, H. M., & Sitarianti, T. F. (2025). Implementasi program "7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat" untuk membentuk karakter mandiri siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(3), 303–313.
Lisnasari, S. F., Hidayat, R., & Sari, M. (2025). Sosialisasi 7 kebiasaan anak Indonesia hebat dalam membangun karakter bangsa sejak dini. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 127–136.
Rhomadiyah, D. (2023). Implementasi pendidikan karakter terhadap sikap kepedulian lingkungan sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6, 558–570.
Roberts, M., Tolar-Peterson, T., Reynolds, A., Wall, C., Reeder, N., & Mendez, G. R. (2022). The effects of nutritional interventions on the cognitive development of preschool-age children: A systematic review. Nutrients, 14(3), 1–15. https://doi.org/10.3390/nu14030532
Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2000). Self-determination theory and the facilitation of intrinsic motivation, social development, and well-being. American Psychologist, 55(1), 68–78. https://doi.org/10.1037/0003-066X.55.1.68
Suprapti, S. (2025). Tujuh kebiasaan anak Indonesia hebat dalam membentuk karakter tanggung jawab siswa SDN 1 Dimoro. Jurnal Guru Sekolah Dasar, 2(1), 72–81. https://doi.org/10.70277/jgsd.v2i1.7
Susanti, S. E. (2022). Pendidikan karakter dalam membangun kecerdasan moral bagi anak usia dini perspektif Thomas Lickona. TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora, 3(1), 10–17. https://doi.org/10.33650/trilogi.v3i1.3396
Teixeira, P. J., Marques, M. M., & Silva, M. N. (2021). Self-regulatory physical activity theory (SR-PAT): A framework for understanding physical activity behavior. Health Psychology Press.
Zimmerman, B. J., & Schunk, D. H. (2021). Self-regulated learning and academic achievement: An overview. In B. J. Zimmerman & D. H. Schunk (Eds.), Self-regulated learning and academic achievement: Theoretical perspectives (pp. 1–65). Routledge.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Khalisya Azzura Ramadhani, Muhammad Sofwan, Risdalina Risdalina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright notice:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access)





This is an open access article under the