Pengaruh Open Ended Problem Terhadap Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit

Authors

  • M Raidil Universitas Cenderawasih, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/pijies.v7i2.7094

Keywords:

berpikir kreatif, larutan elektrolit dan non elektrolit, open ended problem

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh soal Open Ended Problem Terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi larutan elektrolit dan non eletrolit. Metode penelitian Quasi Expriment dengan Pretest Posttest Nonequivalent Control Group Design dengan teknik random sampling, kelas eksperimen menggunakan model POE berbasis open ended problem dan kelas kontrol menggunakan model CPS. Instrumen yang digunakan berupa tes essay yang terdiri dari 10 butir soal terbuka. Hasil analisis menunjukkan peningkatan rata-rata pretest dan posttest yaitu  47.40% - 63.74 % di kelas kontrol dengan selisih kenaikan 16,34%, sedangkan di kelas eksperimen 47.89% - 71.14% dengan selisih kenaikan 23.25%. Jika ditinjau dari hasil per indikator kemampuan berpikir kreatif didapatkan yaitu; sensitivity 64,17% - 72,75%, fluency 63.75% - 70.00%, flexibility 62.50% - 67.33%, originality 67.92% - 73.47%, dan elaboration 60.33% - 72.08%. Analisis data menggunakan uji t, sebelum dilakukan uji t terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas. Terbukti terdapat pengaruh signifikan penggunaan soal Open Ended Problem terhadap kemampuan berpikir kreatif dibuktikan dengan t hitung > t tabel.

References

Bahroini, I., & Agustin, R. R. (2017). Pengaruh model pembelajaran POE terhadap kreativitas siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(2), 145-152.

Guilford, J. P. dalam Munandar, U. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Jumi, R., Suleman, H., & Tangio, J. (2018). Penerapan soal open ended untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Jurnal Pendidikan MIPA, 8(1), 45-54.

Johnstone, A. H. (2000). Teaching of Chemistry: Logical or Psychological?. Chemistry Education: Research and Practice in Europe, 1(1), 9–15.

Kemendikbud. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Kemendikbud. (2017). Permendikbud No. 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Krulik, S., & Rudnick, J. A. (1999). Innovative Tasks to Improve Critical and Creative Thinking. Massachusetts: Allyn & Bacon.

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century

Downloads

Published

2024-10-31

How to Cite

Raidil, M. (2024). Pengaruh Open Ended Problem Terhadap Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 7(2), 106–114. https://doi.org/10.24256/pijies.v7i2.7094

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.