Integrasi Teknologi dalam Evaluasi Pembelajaran: Model Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) untuk Mengembangkan Kompetensi Digital
DOI:
https://doi.org/10.24256/pijies.v8i2.7514Keywords:
tpack, integrasi teknologi, evaluasi pembelajaran, kompetensi digitalAbstract
Kemajuan teknologi digital mendorong perubahan signifikan dalam sistem evaluasi pembelajaran. Evaluasi tradisional dinilai kurang adaptif terhadap kebutuhan peserta didik di era digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji integrasi teknologi dalam evaluasi pembelajaran melalui pendekatan pedagogis berbasis model TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) untuk meningkatkan kompetensi digital peserta didik. Metode yang digunakan adalah literatur review dengan pendekatan kualitatif deskriptif, menggunakan sumber dari jurnal baik nasional (Sinta) sebanyak 34 jurnal dan internasional (Scopus) sebanyak 5 jurnal yang membahas evaluasi pembelajaran berbasis teknologi, model TPACK, serta tantangan dan solusinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi seperti Google Forms, LMS, dan learning analytics secara efektif meningkatkan objektivitas, fleksibilitas, dan akurasi evaluasi pembelajaran. Pendekatan pedagogis berbasis TPACK memungkinkan pendidik mengintegrasikan teknologi secara bermakna sesuai dengan isi materi dan metode pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan peserta didik. Meskipun demikian, integrasi ini masih menghadapi hambatan seperti keterbatasan infrastruktur, kurangnya literasi digital guru, dan minimnya pelatihan digital berkelanjutan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model evaluasi TPACK dalam integrasi teknologi berpotensi menciptakan sistem evaluasi yang adaptif, inklusif, dan mendukung penguatan kompetensi digital peserta didik di abad ke-21.
References
Agustin, R., Surani, D., Nur Khasanah, A., Septina Pratiwi, K., Nafizah, D., & Intan Mutiara Fajrin, R. (2023). Penggunaan Tes Pilihan Ganda Sebagai Alat Evaluasi di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Kedawung Sragen. Pandu: Jurnal Pendidikan Anak Dan Pendidikan Umum, 1(4), 1–9. https://doi.org/10.59966/pandu.v1i4.965
Amelia, U. (2023). Tantangan Pembelajaran Era Society 5.0 dalam Perspektif Manajemen Pendidikan. Al-Marsus : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 68. https://doi.org/10.30983/al-marsus.v1i1.6415
Anwar, K., & Yuliansyah, M. (2025). Pembelajaran Deep Learning Dapat Meningkatkan Penilaian Formatif Dan Sumatif Pada Tingkat Smp Kota Banjarmasin. https://doi.org/10.47353/bj.v4i12.545
Aranda, D.D. (2024). Peningkatan dan Pemerataan Perkembangan Teknologi di Dunia Pendidikan Melalui E-Learning di Indonesia: Kajian Literatur. Jurnal Cakrawala Akademika, 1(4), 1434–1446. https://doi.org/10.70182/JCA.v1i4.32
Arifin, B., & Mu’id, A. (2024). Pengembangan Kurikulum Berbasis Keterampilan dalam Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad 21. Daarus Tsaqofah Jurnal Pendidikan Pascasarjana Universitas Qomaruddin, 1(2), 118–128. https://jurnalpasca.uqgresik.ac.id/index.php/pendidikan|118
Bahtiar, B., Yusuf, Y., Doyan, A., & ... (2023). The trend of technology pedagogical content knowledge (TPACK) research in 2012-2022: Contribution to science learning of 21st century. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. https://jppipa.unram.ac.id/index.php/jppipa/article/view/3685
Caswanda, Sutisna, E., & Saputra, A. (2024). Peran Manajemen Pendidikan pada Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi, 2(1), 57–67. https://journal.pipuswina.com/index.php/jippsi/about
Fatmawati, I. (2024). Transformasi Pembelajaran Sejarah dengan Deep Learning Berbasis Digital untuk Gen Z. Jurnal Revorma, 5(1), 25–39. https://doi.org/10.17977/um084v3i12025p182-188
Fricticarani, A., Hayati, A., Hoirunisa, I., & Mutiara Rosdalina, G. (2023). Strategi Pendidikan Untuk Sukses Di Era Teknologi 5.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 4(1), 56–68. https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/JIPTI
Fuadiy, M. R. (2021). Evaluasi Pembelajaran Sebagai Sebuah Studi Literatur. DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam. http://ejournal.stit-almubarok.ac.id/index.php/DIMAR/article/view/83
Hanifah, U., & Niar, S. (2021). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pembelajaran. In Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan (Vol. 3, Issue 1). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/islamika
Harlin, I., Siri Dangnga, M., Buhaera, Hamdana, & Akib, M. (2024). Pemanfaatan Google Form Sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK YPPP Wonomulyo. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 19(1), 58–74. https://doi.org/10.56338/iqra.v19i1.3907
Huq,S. M. R., Jeng, A. M., & Raihan, M. A. (2024). University teachers’ perceptions of ICT-based teaching to construct knowledge for effective classroom interaction in the context of TPACK model. Heliyon, 10(8), e28577. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e28577
Kharis A.A.S. (2022). Learning Analytics dan Educational Data Mining pada Data Pendidikan. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 6.
Kurniawan, S., Syaodih, C., Mubarokah, S., & ... (2023). Implementasi learning management system (lms) untuk meningkatkan kinerja guru di sekolah menengah pertama negeri (smpn) 4 kota bandung. Al-Afkar, Journal For …. https://al-afkar.com/index.php/Afkar_Journal/article/view/575
Lachner, A., Fabian, A., Franke, U., Preiß, J., Jacob, L., Führer, C., Küchler, U., Paravicini, W., Randler, C., & Thomas, P. (2021). Fostering pre-service teachers’ technological pedagogical content knowledge (TPACK): A quasi-experimental field study. Computers & Education, 174, 104304. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104304
Made, N., Svari, F. D., & Arlinayanti, K. D. (2024). Perubahan Paradigma Pendidikan Melalui Pemanfaatan Teknologi di Era Global. Jayapangus Press Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 4. https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/metta
Meylani, R. (2024). A Comparative Analysis of Traditional and Modern Approaches to Assessment and Evaluation in Education. Batı Anadolu Eğitim Bilimleri Dergisi, 15(1), 520–555. https://doi.org/10.51460/baebd.1386737
Muzaini, M. C., Prastowo, A., & Salamah, U. (2024). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Kemajuan Pendidikan Islam di Abad 21. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 70–81. http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan
Nazika, A. (2021). Penggunaan Learning Management System (LMS) Moodel pada Konsep Sistem Pencernaan di SMA Huffadz Darul Munir Bekasi. repository.uinjkt.ac.id. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/59297
Pareza, A. D., Apsari, A., Dewi, D., & Abdurrahmansyah, A. (2025). Kebijakan Pendidikan Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Pendidikan Dasar Di Era Digital. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 10(2), 48–58. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v10i2.18791
Prasetyo, G. A., & Wantoro, J. (2024). E-Learning Mata Pelajaran Informatika melalui Model Problem Based Learning berbasis Moodle. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 8(1), 65–74. https://doi.org/10.29408/edumatic.v8i1.25264
Putera, B. R., Indriastuti, P. D., Kasmawati, & Mas’adi. (2025). Pentingnya Evaluasi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kualitas Pengajaran Di Era Modern. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 3(4), 2632–2638. https://doi.org/10.31004/jerkin.v3i4.949
Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Pediaqu:Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082
Rofiq, S. A., Firdausiyah, J., Dwi Irmawati Setiawan Putri, I., Romli, M., Imam Bukhori, M., & Syamsuddin. (2025). Pengembangan Penilaian Pembelajaran PAI Berbasis Learning Analyties, IBM Watson Education, Adaptive Learning AI: Motivasi dan Konsekuensi di MTs Mambaul Hikam. In Indonesian Research Journal on Education Web Jurnal Indonesian Research Journal on Education (Vol. 5). https://irje.org/index.php/irje
Rohmah, S. S. (2025). Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik Smpn 4 Bumiayu. Indonesian Journal of Islamic Educational Review, 2(1), 49–54. https://ssed.or.id/journal/ijier
Sahroni, Su’aidi, Widdah el, M., Anisyah, N., & Indrawati. (2025). Analisis Kebijakan Pendidikan Islam (Suatu Kajian Studi Letaratur Manajemen Pendidikan). At-Ta’lim: Jurnal Kajian Pendidikan Agama Islam, 7(1), 104–113. https://doi.org/10.38035/jmpis.v4i1.1376
Schubatzky, T., Burde, J.-P., Große-Heilmann, R., Lachner, A., Riese, J., & Weiler, D. (2025). From knowledge to intention: The role of TPACK and self-efficacy in technology integration. Computers and Education Open, 8, 100246. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.caeo.2025.100246
Silvina, D., Shalshabila, S., & Gusmaneli, G. (2025). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Peserta Didik di Era Teknologi. Ihsanika : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 91–103. https://doi.org/10.59841/ihsanika.v3i2.2616
Smiling, J., & Hollebrands, K. (2025). Examining the effect of active participation on the TPACK knowledge of mathematics educators in a teaching mathematics with technology MOOC. International Journal of Educational Research Open, 9, 100469. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2025.100469
Sugiarto, R., & Musyafa, A. (2024). Learning Management System (LMS) pada SMK 1 Barunawati Jakarta. Jurnal Teknologi Informatika Dan Komputer, 10(2), 768–789. https://doi.org/10.37012/jtik.v10i2.2422
UNESCO. (2023). Technology in education: A tool on whose terms? (1st ed.). GEM Report UNESCO. https://doi.org/10.54676/UZQV8501
Wang, Claudia and Zhang, Monique and Sesunan, Ali and Yolanda, & Laurencia. (2023). Peran Teknologi dalam Transformasi Pendidikan di Indonesia: Tinjauan Dampak Terkini Gerakan Merdeka Belajar.
Widiyarto, A., & Inayati, N. L. (2023). Penerapan Evaluasi Pembelajaran Tes Dan Non-Tes Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan. Munaddhomah, 4(2), 307–316. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i2.439
Wisman, & Kurniawan, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Keterampilan Menyimak Berbasis Online Menggunakan Google Form Dan Google Classroom. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 3(2), 289–309. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v3i2
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Anggi Anggraini, Gus Nafi Unnur Hasan, Indah Aminatuz Zuhriyah, Muhammad Aminullah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright notice:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access)