Integrasi Teknologi dalam Evaluasi Pembelajaran: Model Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) untuk Mengembangkan Kompetensi Digital

Authors

  • Anggi Anggraini UIN Maulana Malik Ibrahim, Indonesia
  • Gus Nafi Unnur Hasan UIN Maulana Malik Ibrahim, Indonesia
  • Indah Aminatuz Zuhriyah UIN Maulana Malik Ibrahim, Indonesia
  • Muhammad Aminullah UIN Maulana Malik Ibrahim, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/pijies.v8i2.7514

Keywords:

tpack, integrasi teknologi, evaluasi pembelajaran, kompetensi digital

Abstract

Kemajuan teknologi digital mendorong perubahan signifikan dalam sistem evaluasi pembelajaran. Evaluasi tradisional dinilai kurang adaptif terhadap kebutuhan peserta didik di era digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji integrasi teknologi dalam evaluasi pembelajaran melalui pendekatan pedagogis berbasis model TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) untuk meningkatkan kompetensi digital peserta didik. Metode yang digunakan adalah literatur review dengan pendekatan kualitatif deskriptif, menggunakan sumber dari jurnal baik nasional (Sinta) sebanyak 34 jurnal dan internasional (Scopus) sebanyak 5 jurnal yang membahas evaluasi pembelajaran berbasis teknologi, model TPACK, serta tantangan dan solusinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi seperti Google Forms, LMS, dan learning analytics secara efektif meningkatkan objektivitas, fleksibilitas, dan akurasi evaluasi pembelajaran. Pendekatan pedagogis berbasis TPACK memungkinkan pendidik mengintegrasikan teknologi secara bermakna sesuai dengan isi materi dan metode pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan peserta didik. Meskipun demikian, integrasi ini masih menghadapi hambatan seperti keterbatasan infrastruktur, kurangnya literasi digital guru, dan minimnya pelatihan digital berkelanjutan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model evaluasi TPACK dalam integrasi teknologi berpotensi menciptakan sistem evaluasi yang adaptif, inklusif, dan mendukung penguatan kompetensi digital peserta didik di abad ke-21.

References

Agustin, R., Surani, D., Nur Khasanah, A., Septina Pratiwi, K., Nafizah, D., & Intan Mutiara Fajrin, R. (2023). Penggunaan Tes Pilihan Ganda Sebagai Alat Evaluasi di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Kedawung Sragen. Pandu: Jurnal Pendidikan Anak Dan Pendidikan Umum, 1(4), 1–9. https://doi.org/10.59966/pandu.v1i4.965

Amelia, U. (2023). Tantangan Pembelajaran Era Society 5.0 dalam Perspektif Manajemen Pendidikan. Al-Marsus : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 68. https://doi.org/10.30983/al-marsus.v1i1.6415

Anwar, K., & Yuliansyah, M. (2025). Pembelajaran Deep Learning Dapat Meningkatkan Penilaian Formatif Dan Sumatif Pada Tingkat Smp Kota Banjarmasin. https://doi.org/10.47353/bj.v4i12.545

Aranda, D.D. (2024). Peningkatan dan Pemerataan Perkembangan Teknologi di Dunia Pendidikan Melalui E-Learning di Indonesia: Kajian Literatur. Jurnal Cakrawala Akademika, 1(4), 1434–1446. https://doi.org/10.70182/JCA.v1i4.32

Arifin, B., & Mu’id, A. (2024). Pengembangan Kurikulum Berbasis Keterampilan dalam Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad 21. Daarus Tsaqofah Jurnal Pendidikan Pascasarjana Universitas Qomaruddin, 1(2), 118–128. https://jurnalpasca.uqgresik.ac.id/index.php/pendidikan|118

Bahtiar, B., Yusuf, Y., Doyan, A., & ... (2023). The trend of technology pedagogical content knowledge (TPACK) research in 2012-2022: Contribution to science learning of 21st century. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. https://jppipa.unram.ac.id/index.php/jppipa/article/view/3685

Caswanda, Sutisna, E., & Saputra, A. (2024). Peran Manajemen Pendidikan pada Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi, 2(1), 57–67. https://journal.pipuswina.com/index.php/jippsi/about

Fatmawati, I. (2024). Transformasi Pembelajaran Sejarah dengan Deep Learning Berbasis Digital untuk Gen Z. Jurnal Revorma, 5(1), 25–39. https://doi.org/10.17977/um084v3i12025p182-188

Fricticarani, A., Hayati, A., Hoirunisa, I., & Mutiara Rosdalina, G. (2023). Strategi Pendidikan Untuk Sukses Di Era Teknologi 5.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 4(1), 56–68. https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/JIPTI

Fuadiy, M. R. (2021). Evaluasi Pembelajaran Sebagai Sebuah Studi Literatur. DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam. http://ejournal.stit-almubarok.ac.id/index.php/DIMAR/article/view/83

Hanifah, U., & Niar, S. (2021). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pembelajaran. In Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan (Vol. 3, Issue 1). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/islamika

Harlin, I., Siri Dangnga, M., Buhaera, Hamdana, & Akib, M. (2024). Pemanfaatan Google Form Sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK YPPP Wonomulyo. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 19(1), 58–74. https://doi.org/10.56338/iqra.v19i1.3907

Huq,S. M. R., Jeng, A. M., & Raihan, M. A. (2024). University teachers’ perceptions of ICT-based teaching to construct knowledge for effective classroom interaction in the context of TPACK model. Heliyon, 10(8), e28577. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e28577

Kharis A.A.S. (2022). Learning Analytics dan Educational Data Mining pada Data Pendidikan. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 6.

Kurniawan, S., Syaodih, C., Mubarokah, S., & ... (2023). Implementasi learning management system (lms) untuk meningkatkan kinerja guru di sekolah menengah pertama negeri (smpn) 4 kota bandung. Al-Afkar, Journal For …. https://al-afkar.com/index.php/Afkar_Journal/article/view/575

Lachner, A., Fabian, A., Franke, U., Preiß, J., Jacob, L., Führer, C., Küchler, U., Paravicini, W., Randler, C., & Thomas, P. (2021). Fostering pre-service teachers’ technological pedagogical content knowledge (TPACK): A quasi-experimental field study. Computers & Education, 174, 104304. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104304

Made, N., Svari, F. D., & Arlinayanti, K. D. (2024). Perubahan Paradigma Pendidikan Melalui Pemanfaatan Teknologi di Era Global. Jayapangus Press Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 4. https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/metta

Meylani, R. (2024). A Comparative Analysis of Traditional and Modern Approaches to Assessment and Evaluation in Education. Batı Anadolu Eğitim Bilimleri Dergisi, 15(1), 520–555. https://doi.org/10.51460/baebd.1386737

Muzaini, M. C., Prastowo, A., & Salamah, U. (2024). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Kemajuan Pendidikan Islam di Abad 21. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 70–81. http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan

Nazika, A. (2021). Penggunaan Learning Management System (LMS) Moodel pada Konsep Sistem Pencernaan di SMA Huffadz Darul Munir Bekasi. repository.uinjkt.ac.id. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/59297

Pareza, A. D., Apsari, A., Dewi, D., & Abdurrahmansyah, A. (2025). Kebijakan Pendidikan Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Pendidikan Dasar Di Era Digital. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 10(2), 48–58. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v10i2.18791

Prasetyo, G. A., & Wantoro, J. (2024). E-Learning Mata Pelajaran Informatika melalui Model Problem Based Learning berbasis Moodle. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 8(1), 65–74. https://doi.org/10.29408/edumatic.v8i1.25264

Putera, B. R., Indriastuti, P. D., Kasmawati, & Mas’adi. (2025). Pentingnya Evaluasi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kualitas Pengajaran Di Era Modern. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 3(4), 2632–2638. https://doi.org/10.31004/jerkin.v3i4.949

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Pediaqu:Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082

Rofiq, S. A., Firdausiyah, J., Dwi Irmawati Setiawan Putri, I., Romli, M., Imam Bukhori, M., & Syamsuddin. (2025). Pengembangan Penilaian Pembelajaran PAI Berbasis Learning Analyties, IBM Watson Education, Adaptive Learning AI: Motivasi dan Konsekuensi di MTs Mambaul Hikam. In Indonesian Research Journal on Education Web Jurnal Indonesian Research Journal on Education (Vol. 5). https://irje.org/index.php/irje

Rohmah, S. S. (2025). Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik Smpn 4 Bumiayu. Indonesian Journal of Islamic Educational Review, 2(1), 49–54. https://ssed.or.id/journal/ijier

Sahroni, Su’aidi, Widdah el, M., Anisyah, N., & Indrawati. (2025). Analisis Kebijakan Pendidikan Islam (Suatu Kajian Studi Letaratur Manajemen Pendidikan). At-Ta’lim: Jurnal Kajian Pendidikan Agama Islam, 7(1), 104–113. https://doi.org/10.38035/jmpis.v4i1.1376

Schubatzky, T., Burde, J.-P., Große-Heilmann, R., Lachner, A., Riese, J., & Weiler, D. (2025). From knowledge to intention: The role of TPACK and self-efficacy in technology integration. Computers and Education Open, 8, 100246. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.caeo.2025.100246

Silvina, D., Shalshabila, S., & Gusmaneli, G. (2025). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Peserta Didik di Era Teknologi. Ihsanika : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 91–103. https://doi.org/10.59841/ihsanika.v3i2.2616

Smiling, J., & Hollebrands, K. (2025). Examining the effect of active participation on the TPACK knowledge of mathematics educators in a teaching mathematics with technology MOOC. International Journal of Educational Research Open, 9, 100469. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2025.100469

Sugiarto, R., & Musyafa, A. (2024). Learning Management System (LMS) pada SMK 1 Barunawati Jakarta. Jurnal Teknologi Informatika Dan Komputer, 10(2), 768–789. https://doi.org/10.37012/jtik.v10i2.2422

UNESCO. (2023). Technology in education: A tool on whose terms? (1st ed.). GEM Report UNESCO. https://doi.org/10.54676/UZQV8501

Wang, Claudia and Zhang, Monique and Sesunan, Ali and Yolanda, & Laurencia. (2023). Peran Teknologi dalam Transformasi Pendidikan di Indonesia: Tinjauan Dampak Terkini Gerakan Merdeka Belajar.

Widiyarto, A., & Inayati, N. L. (2023). Penerapan Evaluasi Pembelajaran Tes Dan Non-Tes Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan. Munaddhomah, 4(2), 307–316. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i2.439

Wisman, & Kurniawan, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Keterampilan Menyimak Berbasis Online Menggunakan Google Form Dan Google Classroom. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 3(2), 289–309. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v3i2

Downloads

Published

2025-09-11

How to Cite

Anggraini, A., Hasan, G. N. U., Zuhriyah, I. A., & Aminullah, M. (2025). Integrasi Teknologi dalam Evaluasi Pembelajaran: Model Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) untuk Mengembangkan Kompetensi Digital. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 8(2), 722–735. https://doi.org/10.24256/pijies.v8i2.7514

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.