Lintasan Belajar pada Materi Bangun Ruang dengan Pendekatan Problem Based Learning (PBL)
DOI:
https://doi.org/10.24256/pijies.v8i2.7688Keywords:
hypothetical learning trajectory, problem based learning, bangun ruangAbstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian desain. Tujuan penelitian ini adalah mendesain perangkat pembelajaran berupa Hypothetical Learning Trajectory (HLT) yang berisikan aktivitas-aktivitas pembelajaran dengan pendekatan PBL dan mendeskripsikan kemampuan pemahamn konsep siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP St. Isidorus, Desa Bantala, Kecamatan Lewolema pada bulan Mei 2025. Subjek penelitian ini siswa-siswi SMP St. Isidorus pada kelas VIII A sebagai kelas uji coba dan kelas VIII B sebagai kelas penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah proses pembelajaran, Lembar Kerja Siswa (LKS), dokumentasi, tes tertulis, wawancara dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah teknik analisis menurut Miles dan Huberman (Syamsuddin, 2023) yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan verifikasi atau penarikan kesimpulan (conclusion). Lintasan belajar untuk membelajarkan materi bangun ruang dengan pendekatan PBL secara teoritis mampu memfasilitasi penemuan konsep luas permukaan dan volume limas persegi dan mampu meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini hanya terbatas pada materi limas. Oleh karena itu, peneliti lain dapat mengembangkan lintasan belajar pada materi bangun ruang dan meteri lainnya untuk membantu siswa dalam pembelajaran matematika.
References
Andhini, D. P., Wanabuliandari, S., & Purwaningrum, J. P. (2023). Pengaruh model problem based learning berbantuan geogebra terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dan self-concept siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika dan Statistika, 4(2), 879–891. https://doi.org/10.46306/lb.v4i2.352
Arif, D. S., Zaenuri, & Cahyono, A. N. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis pada model problem based learning (PBL) berbantuan media pembelajaran interaktif dan Google Classroom. Dalam Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (pp. 323–328).
Armela, R., & Juwita, N. S. (2019). Pengaruh model PBL terhadap pemahaman konsep siswa materi luas jajargenjang di kelas VII. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 1(1), 48–54.
Budiman, A. (2011). Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis siswa melalui pendekatan berbasis masalah berbantuan software Cabri 3D. Dalam Prosiding Seminar Nasional FMIPA-UT 2011.
Hadi, S. (2018). Pendidikan matematika realistik: Teori, pengembangan, dan implementasinya. PT Raja Grafindo Persada.
Irma, M., & Nada, Y. H. (2024). Desain hypothetical learning trajectory pada materi statistika konteks adiwiyata. Fraktal: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(1), 64–76. https://doi.org/10.35508/fractal.v5i1.14952
Kemendikbud. (2016). Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Isi dan Kompetensi Dasar Pendidikan Dasar dan Menengah.
Meirida, U., Johar, R., & Ahmad, A. (2021). Pengembangan lintasan belajar untuk mengembangkan kemampuan spasial siswa melalui pendidikan matematika realistik berbantuan geogebra. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 16(1), 54–64. https://doi.org/10.21831/pg.v16i1.36157
Napiah, N. (2019). Upaya peningkatan pemahaman konsep matematika siswa pada materi himpunan melalui penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL). JPMM: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 2(2), 535–547.
Nurlita, J., Robandi, B., & Fitriani, A. D. (2019). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 178–184.
Nursyahidah, F., Saputro, B. A., & Albab, I. U. (2021). Desain pembelajaran kerucut berkonteks tradisi Megono Gunungan. Jurnal Elemen, 7(1), 14–27. https://doi.org/10.29408/jel.v7i1.2655
Prahmana, R. C. (2017). Design research: Teori dan implementasinya, suatu pengantar. Rajawali Pers.
Rachmawati, M. P., & Sukirwan. (2023). Desain pembelajaran kesebangunan bangun datar melalui model problem based learning berbantuan geogebra. Jurnal PROXIMAL: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2), 239-247.
Simamora, J. I. (2021). Pengembangan lintasan belajar pokok bahasan segitiga dengan pendekatan pendidikan matematika realistik kelas VII di MTs Negeri 1 Padangsidimpuan. Jurnal UNISSULA, 1(1), 54–62. https://doi.org/10.37010/duconomics.v1.5429
Sudia, M., Masi, L., & Husmar, B. (2017). Peningkatan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIIA SMP Negeri 37 Konawe Selatan melalui model pembelajaran berbasis masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.31100/histogram.v1i1.18
Susanto, J., Laurens, T., & Tamalene, H. (2025). Pengembangan hypothetical learning trajectory pada materi luas persegi dan persegi panjang melalui Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) di siswa kelas IV MIS Al-Hilaal Wanakarta. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 5(2), 79–87. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v5.i2.p79-87
Syamsuddin, S., Naidin, N., Simbolon, G. A. H., Surni, S., Gani, R. A., Bugis, H., Towe, M. M., Guntur, M., Maulidah, S., Taufik, M., Presty, M. R., & Pitri, A. D. (2023). Dasar-dasar metode penelitian kualitatif. Yayasan Hamzah Diha.
Towe, M. M. (2021). Analisis pemahaman konsep siswa dengan menggunakan problem based learning (PBL) pada materi luas permukaan balok. ASIMTOT: Jurnal Kependidikan Matematika, 3(2), 113–124. https://doi.org/10.30822/asimtot.v3i2.1364
Towe, M. M. (2023). Desain lintasan belajar dengan menggunakan problem based learning pada materi luas permukaan dan volume prisma. Jurnal GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 54–64. https://doi.org/10.30656/gauss.v6i2.7957
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Selfiana Bura Hewen, Mariana Marta Towe

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright notice:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access)