Peran Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran pada Implementasi Kurikulum Merdeka

Authors

  • Alya Rifa Nurjanah Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia https://orcid.org/0009-0009-2869-1396
  • Anam Sutopo Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Sofyan Anif Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/pijies.v8i3.8680

Keywords:

supervisi kepala sekolah, implementasi kurikulum merdeka, mutu pembelajaran di sekolah dasar

Abstract

Meningkatkan mutu pembelajaran, terutama di era Kurikulum Merdeka yang menuntut guru lebih kreatif, adaptif, dan berorientasi pada kebutuhan peserta didik. Melalui penelitian ini, penulis ingin menjelaskan peran kepala sekolah dalam menjalankan supervisi serta kontribusinya terhadap peningkatan kualitas pembelajaran di SD Negeri Sanggrahan Kota Surakarta. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif riset ini dirancang sebagai studi kasus dan mencakup keterlibatan kepala sekolah sebagai subjek utama, penentuan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, serta penelaahan berbagai dokumen. Selanjutnya, analisis mengacu pada langkah-langkah Miles dan Huberman, yaitu mereduksi data, menampilkan data, kemudian menarik kesimpulan. Dari proses tersebut diperoleh hasil bahwa supervisi dilaksanakan secara terencana dan dialogis melalui tahap konsultasi awal, observasi kelas, umpan balik, serta tindak lanjut yang berkesinambungan. Supervisi berperan penting dalam membantu guru memperbaiki strategi pembelajaran, meningkatkan kreativitas, dan menyesuaikan praktik mengajar dengan prinsip Kurikulum Merdeka. Selain itu, supervisi juga berkontribusi pada pengembangan profesional guru dan penguatan budaya reflektif di sekolah. Penelitian ini merekomendasikan agar supervisi kepala sekolah diperkuat melalui pelibatan lebih banyak guru dalam proses refleksi, peningkatan pelatihan kompetensi pedagogik, serta pengembangan mekanisme supervisi yang lebih kolaboratif dan berkelanjutan untuk mendukung peningkatan mutu pembelajaran secara lebih optimal.

References

Aini, N., Nuralyanti, P., Pribadi, R. A., & Safitri, R. (2024). Optimalisasi supervisi kepala sekolah dalam merealisasikan pembelajaran berkualitas berbasis kurikulum merdeka. Jurnal Genta Mulia, 15(1), 75–81.

Alimuddin, J. (2023). Implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 4(02), 67–75. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v4i02.995

As-Shidqi, M. H., Nugraha, M. S., & Arifudin, O. (2024). Integrasi pendidikan manajemen dengan prinsip-prinsip tasawuf. *Al-Mawardi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1*(1), 83–95.

Badrun, M. (2025). Peran kepala sekolah sebagai manajer dan supervisor dalam implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar. Manajemen Pendidikan.

Bappenas. (2019). Indonesia 2045: Berdaulat, maju, adil, dan makmur. Kementerian PPN/Bappenas RI.

Brock, J. D., Beach, D. M., Musselwhite, M., & Holder, I. (2021). Instructional supervision and the COVID-19 pandemic: Perspectives from principals. Journal of Educational Research and Practice, 11(1), 168–180. https://doi.org/10.5590/JERAP.2021.11.1.12

Dewi, D. R. (2019). Pengembangan kurikulum di Indonesia dalam menghadapi tuntutan abad ke-21. *As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 8*(1), 1–22. https://doi.org/10.51226/assalam.v8i1.123

Ernawati, E., Kusumaningsih, W., & Ginting, R. B. (2024). Supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik pada kurikulum merdeka SD Krista Citra Kabupaten Temanggung. Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah, 5(1), 252–261. https://doi.org/10.51874/jips.v5i1.215

Glickman, C. D., Gordon, S. P., & Ross-Gordon, J. M. (2014). Supervision and instructional leadership: A developmental approach (9th ed.). Pearson Education, Inc.

Glickman, C. D., Gordon, S. P., & Ross-Gordon, J. M. (2018). SuperVision and instructional leadership: A developmental approach (10th ed.). Pearson.

Goertzen, L., Schils, T., & Heeneman, S. (2023). Co-designing formative assessment practices: A collaboration between elementary school teachers and researchers to conceptualize and implement formative assessment as a unified practice. Teaching and Teacher Education, 134, 104306. https://doi.org/10.1016/j.tate.2023.104306

Hariandja, M. T. E. (2002). Manajemen sumber daya manusia. Grasindo.

Haryanti, S., Lastini, F., Sutopo, A., & Narimo, S. (2025). Penerapan program supervisi akademik kepala sekolah dalam peningkatan kemampuan manajemen kelas di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar.

Hattu, Y., Ratumanan, T. G., & Rumfot, S. (2024). Pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru (Studi kasus di SMP Negeri 28 Maluku Tengah). EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 1833–1840.

Hendarman, I. (2019). Pendidikan karakter era milenial.

Isbianti, P., & Andriani, D. E. (2021). Pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah menengah pertama. Jurnal Manajemen Pendidikan, 16(1). https://doi.org/10.21831/jump.v3i1.39020

Lahiya, A., Arifudin, O., & Matiala, T. F. (2025). Education administration reform: A case study on the implementation of the Merdeka curriculum. INJOSEDU: International Journal of Social and Education, 2(3), 555–565.

McGhee, M. W., & Stark, M. D. (2021). Empowering teachers through instructional supervision: Using solution focused strategies in a leadership preparation program. Journal of Educational Supervision, 4(1). https://doi.org/10.31045/jes.4.1.5

Miles, M. B., Huberman, A. M., Rohidi, T. R., & Mulyarto. (1992). Analisis data kualitatif: Buku sumber tentang metode-metode baru. Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press).

Moleong, L. J., & Surjaman, T. (2014). Metodologi penelitian kualitatif.

Nanik, N., Haryati, T., & Nurkolis, N. (2022). Pengaruh supervisi akademik dan komitmen organisasi terhadap disiplin kerja guru sekolah dasar negeri di Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 11(2). https://doi.org/10.26877/jmp.v11i2.10755

Nurulhadi, Marwan, & Idris, J. (2025). Evaluasi kinerja pengawas sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui supervisi akademik di TK Kabupaten Bireuen: Penelitian. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 4(1), 579–583. https://doi.org/10.31004/jerkin.v4i1.1630

Putri, F. (2024). Implementasi kurikulum merdeka dalam membentuk profil pelajar Pancasila peserta didik kelas IV di SDN 78 Kota Bengkulu [Doctoral dissertation, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu].

Rahman, A. (2024). Perencanaan strategis & operasional pendidikan (Konsep, aplikasi dan contoh). AMU Press.

Sanglah, I. N. (2021). Peningkatan kinerja guru melalui supervisi kepala sekolah pada sekolah dasar. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(3), 528–534. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i3.40700

Sari Komala, N. (2025). Peran kepemimpinan transformasi kepala sekolah dalam mendorong kreativitas guru. JITIM: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi dan Multidisiplin, 5(3). https://doi.org/10.52690/jitim.v5i3.953

Sergiovanni, T. J. (1984). Expanding conceptions of inquiry and practice in supervision and evaluation. Educational Evaluation and Policy Analysis, 6(4), 355–365. https://doi.org/10.3102/01623737006004355

Setiati, R., & Rugaiyah, R. (2023). Implementasi supervisi klinis terhadap kualitas pembelajaran yang berpusat pada murid. *JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6*(9), 7205–7209. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2863

Shelvia, B. (2025). Efektivitas supervisi akademik berbasis digital dalam meningkatkan kinerja guru di era kurikulum merdeka. Equity In Education Journal, 7(1), 48–55. https://doi.org/10.37304/eej.v7i1.21228

Siagian, S. (2023). Manajemen sumber daya manusia. Yayasan Drestanta Pelita Indonesia.

Soro, S. H., Handayani, S., Zein, I. F., & Danuwijaya, C. (2023). Elaborasi fungsi supervisi kepala sekolah terhadap penerapan tugas pokok dan fungsi guru studi tindakan sekolah di SMP Azzainiyyah. Journal on Education, 5, 851–858. https://doi.org/10.31004/joe.v5i1.692

Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan (kuantitatif, kualitatif, kombinasi, R&D dan penelitian pendidikan).

Syaiful, S. (2007). Manajemen strategik dalam peningkatan mutu pendidikan. Alfabeta.

Valdés Sánchez, V., & Gutiérrez-Esteban, P. (2023). Challenges and enablers in the advancement of educational innovation. The forces at work in the transformation of education. Teaching and Teacher Education, 135, 104359. https://doi.org/10.1016/j.tate.2023.104359

Wartoni. (2019). Merdeka belajar dan masa depan pendidikan kita di era industri 4.0.

Wisman, Y., & Syarif, A. (2023). Manajemen sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan pada tingkat SD. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 14(2), 410–418. https://doi.org/10.37304/jikt.v14i2.262

Yin, R. K. (2018). Case study research and applications: Design and methods (6th ed.). Sage.

Downloads

Published

2025-12-23

How to Cite

Nurjanah, A. R., Sutopo, A., & Anif, S. (2025). Peran Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran pada Implementasi Kurikulum Merdeka. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 8(3), 1139–1162. https://doi.org/10.24256/pijies.v8i3.8680

Citation Check

Similar Articles

<< < 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.