Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Kepercayaan Diri Terhadap Kecemasan Belajar Mahasiswa Pendas di Pokjar Jeneponto dan Takalar Tahun 2018

Fatmawati Halim

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh dukungan sosial teman sebaya terhadap kecemasan belajar mahasiswa dan pengaruh kepercayaan diri terhadap kecemasan belajar mahasiswa pendas di pokjar Jeneponto & Takalar tahun 2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenisnya adalah penelitian korelasional dengan rancangan ex-post facto. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Terbuka  di pokjar Jeneponto & Takalar yang terdaftar pada tahun ajaran 2018 yang berjumlah  299 orang dengan sampel 150. Analisis data yang digunakan adala statistik desktiptif dan statistik inferensial. Adapun hasil penelitian ini adalah  hasil uji normalitas menunjukkan bahwa signifikansi yang diperoleh adalah 0,200  karena nilai signifikasi  > 0,05 . Maka data tersebut berdistribusi  normal. Sedangkan hasil uji hipotesis 1 menggambarkan bahwa pengaruh dukungan sosial teman sebaya terhadap kecemasan belajar mahasiswa pendas pada pokjar Jenneponto dan Takalar 2018.  Diketahui nilai t hitung adalah 1,897 dengan tingkat sifnifikasi atau probabilitas 0,05. Jika nilai signifikasinsi atau probabilitas yang diperoleh lebih kecil dari 0,05 jika t hitung > dari t tabel maka hipotesis diterima.Sedangkan uji hipotesis 2 menggambarkan Nilai t hitung variabel dukungan sosial teman sebaya adalah 1,897 dan t tabel N= 150 sehingga df-1 = 149, dengan taraf signifikasi 5% sebesar 1,655. Maka t hitung > t tabel (1,897 > 1,655 berarti Ho ditolak  sehingga pengambilan keputusan menyatakan bahwa  terdapat hubungan positif antara dukungan sosial teman sebaya dengan kecemasan belajar mahasiswa

Keywords


Dukungan sosial; Kecemasan; Kepercyaan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24256/pijies.v2i2.917

Article Metrics

Abstract view : 20 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pedagogik Journal of Islamic Elementary School licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License Based on a work at https://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/PiJIES

 Copyright CC-BY- SA.

Creative Commons License

 

View My Stats