Peningkatan Kemampuan Menulis Prosa Sederhana Berbasis Emosi Pada Siswa Kelas V SDN 09 Mattekko Kota Palopo

Attiyah Razak

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan kemampuan guru merencanakan, melaksanakan pembelajaran, dan hasil belajar siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia tentang menulis prosa sederhana berbasis emosi pada siswa kelas V SDN 09 Mattekko. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus dilaksanakan sebanyak II kali pertemuan, dengan tahapan Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 09 Mattekko Kota Palopo pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa 24 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: dengan diterapkannya sistem pembelajaran berbasis emosi dapat meningkatkan hasilĀ  belajar siswa setiap pembelajaran, setiap siklus mengalami peningkatan. Berdasarkan tes hasil belajar siswa kelas V SDN 09 Mattekko Kota Palopo yang dilakukan sebanyak dua siklus menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan, dari siklus I nilai rata-ratanya 72% dengan persentase ketuntasan 65%, sedangkan siklus II nilai rata-ratanya 92 dengan persentase 100% dan sudah memenuhi nilai KKM yaitu 70.


Keywords


Berbasis Emosi; Kemampuan; Menulis Prosa Sederhana

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24256/pijies.v2i2.963

Article Metrics

Abstract view : 25 times
PDF - 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Pedagogik Journal of Islamic Elementary School Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Palopo In Collaboration with Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PD PGMI) Indonesia.

Editorial Office:

Tarbiyah Building, 1st Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Palopo.  Jl. Agatis I Balandai, Palopo City, South Sulawesi, Indonesia 91914, Email: jurnal_pijies@iainpalopo.ac.id