Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bermain Peran di Sekolah Dasar

Hayani Hayani

Abstract


Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berbicara siswa pada kelas V SDN 50 Bulu’ Datu kota Palopo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil proses pelaksanaan keterampilan berbicara melalui metode bermain peran pada siswa kelas V SDN 50 Bulu’ Datu kota Palopo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan, dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, tes, dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: dengan diterapkan penggunaan metode bermain peran setiap siklusnya mengalami peningkatan. Berdasarkan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN 50 Bulu’ Datu kota Palopo yang dilakukan sebanyak dua siklus menunjukkan bahwa keterampilan berbicara siswa dapat meningkat, dari siklus I nilai rata-ratanya 71,10 dengan ketuntasan 74,07 %, sedangkan siklus II nilai rata-ratanya 76,72 dengan ketuntasan 92,59% dan sudah memenuhi nilai KKM yaitu 70. Dengan demikian, hasil penelitian ini dapat  disimpulkan bahwa, dengan menggunakan metode bermain peran dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada kelas V SDN 50 Bulu’ Datu kota Palopo.

Keywords


KeteKeterampilan Berbicara, Metode Bermain Peranrampilan Berbicara, Metode Bermain Peran

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24256/pijies.v2i2.965

Article Metrics

Abstract view : 30 times
PDF - 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Pedagogik Journal of Islamic Elementary School Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Palopo In Collaboration with Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PD PGMI) Indonesia.

Editorial Office:

Tarbiyah Building, 1st Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Palopo.  Jl. Agatis I Balandai, Palopo City, South Sulawesi, Indonesia 91914, Email: jurnal_pijies@iainpalopo.ac.id