Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bermain Peran di Sekolah Dasar

Hayani Hayani

Abstract


Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berbicara siswa pada kelas V SDN 50 Bulu’ Datu kota Palopo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil proses pelaksanaan keterampilan berbicara melalui metode bermain peran pada siswa kelas V SDN 50 Bulu’ Datu kota Palopo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan, dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, tes, dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: dengan diterapkan penggunaan metode bermain peran setiap siklusnya mengalami peningkatan. Berdasarkan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN 50 Bulu’ Datu kota Palopo yang dilakukan sebanyak dua siklus menunjukkan bahwa keterampilan berbicara siswa dapat meningkat, dari siklus I nilai rata-ratanya 71,10 dengan ketuntasan 74,07 %, sedangkan siklus II nilai rata-ratanya 76,72 dengan ketuntasan 92,59% dan sudah memenuhi nilai KKM yaitu 70. Dengan demikian, hasil penelitian ini dapat  disimpulkan bahwa, dengan menggunakan metode bermain peran dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada kelas V SDN 50 Bulu’ Datu kota Palopo.

Keywords


KeteKeterampilan Berbicara, Metode Bermain Peranrampilan Berbicara, Metode Bermain Peran

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24256/pijies.v2i2.965

Article Metrics

Abstract view : 17 times
PDF - 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pedagogik Journal of Islamic Elementary School licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License Based on a work at https://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/PiJIES

 Copyright CC-BY- SA.

Creative Commons License

 

View My Stats