TINJAUAN HUKUM E-COMMERS DALAM MENGHIMPUN ZAKAT SECARA ONLINE

Authors

  • Arifatul Uyun UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

DOI:

https://doi.org/10.24256/alw.v7i2.2465

Keywords:

hukum ekonomi islam

Abstract

Zakat mempunyai peranan yang sangat penting dalam meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat. Adanya platform digital e-commers yang mulai menyediakan layanan penghimpunan zakat secara online, dapat menjadi solusi bagi masyarakat dalam membayar zakat di tengah-tengah kesibukannya. Tulisan ini mengkaji tentang bagaimana tinjauan terhadap pengumpulan zakat secara online yang dilakukan oleh e-commers. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan yuridis-normatif. Data yang digunakan yaitu data-data yang berkaitan dengan pengumpulan zakat melalui layanan e-commers, buku-buku, jurnal, dan peraturan yang mengatur tentang zakat. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa; pertama, sistem pembayaran zakat secara online dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi e-commers yang telah bermitra dengan BAZNAS dalam sistem pembayaran zakat. Kedua, dalam pandangan hukum islam, pembayaran zakat secara online dianggap sah dan sesuai dengan ketentuan syariat islam. Ketiga, dalam kajian yuridis, e-commers atau platform yang melakukan pengumpulan zakat secara online dapat digolongkan sebagai unit pengumpulan zakat, dikarenakan e-commers atau platform yang menyediakan pelayanan dalam pembayaran zakat hanya memiliki tugas menghimpun dana zakat, yang kemudian dana zakat diberikan kepada BAZNAS untuk didistribusikan kepada yang berhak menerima.

Kata Kunci: Tinjauan Hukum, E-Commers, Zakat

References

Sumber Buku

Rosadi, Aden. Zakat dan Wakaf: Konsepsi, Regulasi, dan Implementasi. Bandung, Simbiosa Rekatama. Media.

Qodir, Abdurrachman.Zakat dalam dimensi mahdhah dan sosial. 1998. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.

Rasyid, Sulaiman. Fiqih Islam. 1994. Bandung. Sinar Baru Algesindo.

Amirudin K. Model-model Pengelolaan Zakat di Dunia Muslim.Surabaya. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Qadir, Abdurrachman.Zakat (Dalam Dimensi Mahdhah dan Sosial). 2001. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.

Aflah, Noor. Arsitektur Zakat Indonesia. 2009. Jakarta. Universitas Indonesia.

Ahmad Supadie, Didiek, dkk. Studi Islam II. 2015. Jakarta. PT RajaGrafindo Persada.

Mu’iz, Fahrur.Panduan Mudah, Lengkap, dan Praktis tentang Zakat. 2011. Solo. Tinta Madina.

Sumber Jurnal

Faisal, Sejarah Pengelolaan Zakat Di Dunia Muslim dan Indonesia (Pendekatan Teori Investigasi-Sejarah Charles Peirce dan Defisit Kebenaran Lieven Boeve), Lampung; IAIN Raden Intan)

Mariyatul Qibtiyah, Pandangan Tokoh Agama Terhadap Sistem Distribusi Zakat Fitrah Model Tukar Antar Muzakki, Jurnal Studi Hukum Keluarga, Vol 3 Issue 1, 2019.

Ma’rufah, Sheila Ardhilla Yughi, Universitas Pamulang, Prefensi Muzakki dalam Membayar Zakat di Lembaga Zakat Formal, Jurnal Al Falah, Vol 3, No 2, 2018.

Andi Hidayat, Muhklisin, Analisis Pertumbuhan Zakat Pada Aplikasi Zakat Online Dompet Dhuafa, Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 2477-6157; E-ISSN 2579-6534.

Ruslan Abdul Ghofur, Afiful Ichwan, Overview The Law Of Zakat Payment Uses Fintech Islamic Perspective, Jurnal Al Infaq, ISSN: 2087-2178, e-ISSN: 2579-6453, Vol 11, No 2, 2020.

Sumber Online

https://baznas.go.id/Press_Release/baca/BAZNAS_Ajak_Masyarakat_Zakat_Digital/531

https://ayosemarang.com/read/2020/05/19/57270/begini-penjelasan-ulama-soal-hukum-zakat-fitrah-online

Sambutan Prof. Dr. Bambang Sudibyo selaku Sekertaris Jenderal WZF, dalam Konferensi Internasional World Zakat Forum, 2019, https://www.baznasjabar.org/news/world-zakat-forum-2019-optimalkan-peran-zakat-dengan-teknologi-digital

Kementrian Agama Republik Indonesia, Direktorat Jenderal Bimbingan Masyrakat Islam, Direktorat Pemberdayaan Zakat, Modul Penyuluhan Zakat, 2013

Downloads

Published

2022-09-29

How to Cite

Uyun, A. (2022). TINJAUAN HUKUM E-COMMERS DALAM MENGHIMPUN ZAKAT SECARA ONLINE. Al-Amwal : Journal of Islamic Economic Law, 7(2), 13–23. https://doi.org/10.24256/alw.v7i2.2465

Citation Check