ANALISIS KONSEP PERILAKU PRODUSEN DALAM HUKUM EKONOMI ISLAM (Tijauan Q.S Al – Maidah Ayat 87)

Nadila Nadila, Achmad Abubakar, Halimah Basri

Abstract


Penelitian ini membahas tentang konsep perilaku produsen dalam ekonomi islam berdasarkan tinjauan Q.S Al – Maidah ayat 87. Studi ini didasarkan pada apa yang telah ditulis dan menggunakan sumber informasi sekunder. Metode deskriptif kualitatif dan pendekatan interpretasi maudhu'i (tematik) digunakan untuk mendeskripsikan dan mengkaji data. Metode dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data kajian, dan analisis isi digunakan untuk mengetahui apa maksud dari data tersebut. Data yang terkumpul disatukan dan dianalisis untuk menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produsen dalam ekonomi Islam bertindak dengan cara yang memenuhi standar kejujuran dan moralitas tertinggi. Hal ini karena dalam ekonomi Islam, manusia bekerja tidak hanya untuk menjadikan dunia ini lebih baik dan sejahtera, tetapi juga untuk mendatangkan kebahagiaan di kehidupan selanjutnya. Alasan mengapa para pendiri Islam melakukan apa yang mereka lakukan harus selalu melakukan hal yang sama dan hasil yang mereka inginkan. Jika tujuan produksi adalah untuk memenuhi kebutuhan fisik dan mental agar maslahah dapat dibuat, maka tujuan pembuat adalah membuat maslahah.

Keywords


Al – Maidah 87, Perilaku Produsen.

Full Text:

PDF

References


Abubakar, Achmad dan Hasyim Hadade, “The Study Of Proverty In The Al-Qur’an(Islamic Economic Perspektif),†Journal Of Management Science 6.1 (2023).

Abubakar, Achmad dkk, Ulumul Qur’an Pisau Analisis dalam Menafsirkan Al-Qur’an (Cet. I; Bantul: Semesta Aksara, 2019).

Aditya, Hanif. "Analisa Perilaku Konsumen, Produksi, Dan Pasar Dalam Islam." Ihtiyath: Jurnal Manajemen Keuangan Syariah (2020).

Aini, Riani Nur. "Analisis Perilaku Konsumen, Produsen, dan Pasar dalam Islam pada Masyarakat." Journal of Islamic Economics and Finance Studies 1.2 (2020): 213-229.

Al Arif, M. Nur Rianto, and Euis Amalia. Teori mikroekonomi: Suatu perbandingan ekonomi Islam dan ekonomi konvensional. (Prenada Media, 2016)

Al Quran. Alquran dan Terjemahnya. (Jakarta : Departemen Agama RI, Yayasan Penerjemah dan Penerbit Alquran. 2023)

Aziz, Abdul, Etika Bisnis Perspektif Islam Implementasi Etika Islami Untuk Dunia Usaha, (Cet. I, Bandung: Alfabet, 2013)

Beekun, Rafik Issa, Etika Bisnis Islami, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004)

Cholidiyah, Nurul. "Perilaku Produsen Menurut Yusuf Qordhowi dan Karl Marx." Laa Maisyir: Jurnal Ekonomi Islam 5.2 (2018).

Kamma, Hamzah. "Urgensi Teori Produksi dan perilaku produsen dalam perspektif Islam." MUAMALAH 5.1 (2015): 59-70.

Lestari, Niken, and Sulis Setianingsih. "Analisis Produksi Dalam Perspektif Ekonomi Islam." LABATILA: Jurnal Ilmu Ekonomi Islam 3.01 (2019).

Lukman Hakim, Prinsip-prinsip Ekonomi Islam (Erlangga, 2012).

M.M Metwally, Teori dan Model Ekonomi Islam. (Bangkit Daya Insana.2013)

Maharani, Dewi. "Ekonomi Islam: Solusi Terhadap Masalah Sosial-Ekonomi." Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam 10.1 (2018): 20-34.

Maya, Muayadah. "Perilaku Produsen Dalam Perspektif Ekonomi Islam." JEKIS: Jurnal Ekonomi Islam 1.1 (2023).

Muhammad, Prinsip-prinsip Ekonomi Islam, ( Yogjakarta: Graha Ilmu, 2007 ).

Mustafa, A. Terjemah Tafsir Al-Maraghi Juz 13,14, dan 15. (Semarang: CV Toha Putra, 2015).

Pardanawati, Sri Laksmi. "Perilaku Produsen Islam." Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 1.01 (2015).

Qardhawi, Yusuf, Norma dan Etika Ekonomi Islam, (Jakarta:Gema Insani Press, 2007)

Ruslan Abdullah dan Fasiha, Pengantar Ekonomi Islam, (Makassar: Lmbung Informasi Pendidikan (LIPa), 2003 ).

Suharyono, Suharyono. "Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Ekonomi Islam." Al-Intaj: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah 4.2 (2018).

Sukirno, Sadono. Pengantar Teori Mikro ekonomi. Edisi Ketiga, (PT Raja Grafindo Persada: Jakarta, 2004).

Takdir dan Harfika, “Teori Perilaku Produsen Dalam Ekonomi Islam Dan Ekonomi Konvensional (Studi Perbandingan)â€, Journal Of Institution And Sharia Finance, 2.1 (2019).

Wahyuni, Sri. "Teori Konsumsi Dan Produksi Dalam Perspektif Ekonomi Islam." Akuntabel 10.1 (2013).

Zannah, Tiara Nur Fasiatul. "Analisis Prilaku Konsumen, Produsen dan Pasar dalam Ekonomi Islam." IJoIS: Indonesian Journal of Islamic Studies 1.2 (2020).




DOI: https://doi.org/10.24256/alw.v8i2.3831

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright CC-BY- SA.

Creative Commons License

Al-Amwal, Journal of Islamic Economic Law, p-ISSN: 2541-0105 and e-ISSN: 2541-3910

 
View My Stats