PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN COOKING CLASS UNTUK MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK YAPI JAYA MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.24256/cendekia.v3i2.1612Keywords:
Cooking Class Model, Fine MotorAbstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui tingkat kebutuhan pengembangan model permainan cooking class untuk meningkatkan motorik halus anak usia dini, 2) untuk mendeskripsikan desain pengembangan model permainan cooking class untuk meningkatkan motorik halus anak usia dini, 3) untuk mengetahui tingkat validitas dan kepraktisan pengembangan model permainan cooking class untuk meningkatkan motorik halus anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pengembangan ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini yaitu: (1) Dari analisis kebutuhan pengembangan model permainan cooking class untuk meningkatkan motorik halus anak usia dini pelaksanaan pembelajarannya masih bersifat monoton, karena pada saat pembelajaran hanya guru yang berperan aktif. Berdasarkan analisis kebutuhan bahwa dibutuhkan suatu pembelajaran baru yang kreatif dan menarik yang dapat mengembangkan motorik halus anak. (2) Desain dari model permainan cooking class dilakukan melalui beberapa tahap sehingga didapatkan bahwa perlunya suatu produk yang berupa buku pedoman pengembangan model permainan cooking class untuk meningkatkan motorik halus anak usia dini. (3) Tingkat validitas isi dan kepraktisan pengembangan model permainan cooking class untuk meningkatkan motorik halus anak usia dini di TK Yapi Jaya Makassar menunjukkan bahwa penilaian validator dari semua perangkat yang telah disajikan dapat dinyatakan valid untuk digunakan dan pengembangan model permainan cooking class untuk meningkatkan motorik halus anak usia dini memenuhi aspek praktis sehingga layak digunakan.
Kata Kunci: Permainan Cooking Class, Motorik Halus
References
Bartono dan Ruffino. 2006. Dasar-Dasar Food Product. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Davis, Amanda. 2012. 5 Manfaat Memasak Bersama Untuk Anak. Berita Satu.Com.(http://www.beritasatu.com/kelu arga/52275-5-manfaat-memasak-bersama- untuk-anak.html, diakses 15 Juni 2017).
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.
Hasnida. 2015. Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini. Jakarta: Luxima Metro Media.
Hasyim, Adelina. 2016. Metode Penelitian dan Pengembangan Di Sekolah. Yogyakarta: Media Akademi.
Hurlock, Elizabeth B. 1978. Perkembangan Anak Jilid 1. Alih Bahasa: Med. Meitasari Tjandrasa dan Muslichah Zarkasih Edisi keenam. Jakarta: Erlangga.
Indra, Kunti.2013. Lihat Aku Bisa Memasak.
Jakarta: Cerdas Interaktif.
Iskandar. 2005. Kebijakan Pendidikan. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Khabibah, Siti. 2006. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika dengan Soal Terbuka untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Muhibbin, Syah. 2004. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. 2012. Manajemen PAUD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nuryani. 2005. Peranan Permainan Terhadap Aspek Gerak Motorik pada Anak Taman Kanak-Kanak. Karya Tulis Guru Berprestasi Kabupaten Bantul.
Ridwan, Abdullah. 2015. Pembelajaran Cooking untuk Anak Usia Dni. Jakarta: Bumi Aksara
Samsuddin. 2008. Pembelajaran Motorik Di Taman kanak-Kanak. Jakarta: Litera Prenada Media Group.
Saputra, Yudha dan Rudiyanto. 2005. Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan keterampilan Anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Slamet Suyanto. 2005. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development). Bandung: Alfabeta.
Suyanto, 2005. Konsep Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Wiyani, Novan Ardy. 2014. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media.
Yin, Robert K. 2003. Studi Kasus Desain dan Metode. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Please find the rights and licenses in Tunas Cedekia. By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
Tunas Cedekia's spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Tunas Cedekia permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and Tunas Cedekia on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Tunas Cedekia will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Tunas Cedekia will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
Tunas Cedekia will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. Tunas Cedekia's editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Â
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
Tunas Cendekia: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0)