PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI TARI SIGER LAMPUNG
DOI:
https://doi.org/10.24256/cendekia.v3i1.1219Keywords:
Keterampilan Motorik Halus, Tari Siger LampungAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan motorik halus anak melalui tarian Siger Lampung. Penelitian ini dilakukan di PAUD Sukamaju Lampung dengan 9 responden. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan menggunakan Kemmis and Taggart yang dimodifikasi oleh Martini Jamaris yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahapan yaitu: perencanaan, aksi, pengamatan dan refleksi. Data yang diperoleh dari penelitian ini ada 2 macam yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif dianalisis menggunakan menggunakan analisa data kualitatif versi Mills untuk mengetahui pelaksanaan progam stimulasi tari Siger Lampung. Data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan mean skor untuk mengetahui perbedaan peningkatan keterampilan motorik halus dengan membandingkan hasil pengamatan sebelum tindakan dengan hasil pengamatan setelah tindakan siklus satu dan siklus kedua. Berdasarkan analisis tersebut diperoleh hasil kualitatif yaitu adanya suatu progtam stimulasi tari siger yang dirancang khusus bagi anak usia dini dengan kegiatan yang dilakukan selama ± 1 jam, tiga kali seminggu dan melibatkan kepala sekolah, guru dan staf PAUD Sukamaju Lampung. Berdasarkan analisis kuantitatif diperoleh hasil perhitungan pra siklus adalah 31,56% pada siklus 66,22% dan sedangkan siklus II adalah 93,11%. Hasil tersebut menunjukkan terdapat peningkatan taraf keterampilan motorik halus yang signifikan antara sebelum dan sesudah tindakan. Implikasi dari temuan tersebut antara lain diperlukan upaya dari semua pihak memberikan motivasi dan stimulasi kepada anak-anak untuk mengikuti latihan tari Siger Lampung serta sebagai pengetahuan anak untuk mengenal kesenian ciri kha budaya daerah Lampung dan tetap menjaga kelestariannya. Dengan demikian, saran yang dikemukakan antara lain adalah hendaknya membuat suasana menyenangkan saat mengembangkannya, seperti menerapkan tari Siger Lampung.Â
References
Gormly, Anne V. and Brodzinsky, David M. 1993. lifespan Human Development, Fifth Edition. New York: Harcourt Brace Jovanoviich College Publishers.
Sujiono, Bambang. “Stimulasi Kinestetik yang Mengoptimalkan Aspek Kecerdasan anak†Makalah,Jakarta,
David L. Gallahue dan John C. Ozmun. 1989. Understanding Motor Development : Infants, Children, Adolescent (Indiana: Benchmarka Press, Inc.
Desmita. 2008. Psikologi Perkembangan. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.
E. Mills, 2003. Action Research A Guide For the Teacher Researcher, United States: Pearson Education.
Santrock, John W. 2003. Perkembangan Anak (Children), edisi 11. Jakarta: Penerbit salemba Humanika.
Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak, Edisi Kesebelas. Jakarta: Penerbit Erlangga.
John W. Santrock, 2002. Life-Span Development- Perkembangan Masa Hidup, Edisi Kelima, terjemahan Achmad Chusairi (Jakarta: Penerbit Erlangga.
Jamaris, Martini. 2010. Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan, Jakarta: Yayasan Pemanas Murni.
Ramli, Syamsul Alam. 2019. Evektivitas Media Celemek Ilmu terhadap Pengembangan Aritmatika Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Kota Palopo. Jurnal Awlady: jurnal Pendidikan Anak. 5 (2).
Richard A Magill, 2001. Motor Learning, Concepts and Application (Boston: Mc Graw Hill.
Soedarsono. 1997. Tari Tradisional Indonesia (Jakarta : Yayasan Harapan Kita.
Sujiono, Yuliani Nurani dan Bambang Sujiono. 2004. Menu Pembelajaran anak Usia Dini, Jakarta: Citra Pendidikan.
Sujiono, Yuliani Nurani. 2011. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia dini, Jakarta : PT Indeks.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Please find the rights and licenses in Tunas Cedekia. By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
Tunas Cedekia's spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Tunas Cedekia permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and Tunas Cedekia on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Tunas Cedekia will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Tunas Cedekia will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
Tunas Cedekia will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. Tunas Cedekia's editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Â
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
Tunas Cendekia: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0)