TRANSFORMASI PEMBELAJARAN BAHASA ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN PANCING HURUF

Authors

  • Rabiatul Adwiya TK Al-Hidayah
  • Nur Rahmah IAIN Palopo

DOI:

https://doi.org/10.24256/tunascendekia.v6i1.5525

Keywords:

Pembelajaran Bahasa, Mengenal Huruf, Pancing Huruf, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini mengevaluasi efektivitas permainan pancing huruf dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak-anak kelompok A di TK AL-Hidayah, Desa Cenning, Kec. Malangke Barat, Kab. Luwu Utara. Pada siklus I, permainan pancing huruf digunakan untuk mengembangkan keterampilan linguistik anak-anak berusia 4-5 tahun. Hasil menunjukkan bahwa kemampuan berbahasa anak-anak umumnya baik, meskipun ada variasi dalam tingkat perkembangan. Dari 15 anak, 20% belum berkembang, 47% berkembang sesuai harapan, 13% berkembang sangat baik, dan 20% baru mulai berkembang. Secara keseluruhan, 53% anak menunjukkan peningkatan kemampuan bahasa yang signifikan. Pada siklus II, dilakukan perbaikan dan penyesuaian dalam pelaksanaan permainan untuk mengatasi tantangan yang ada. Hasil siklus II menunjukkan peningkatan yang signifikan, dengan 0% anak tergolong belum berkembang, 20% mulai berkembang, 33% berkembang sesuai harapan, dan 47% berkembang sangat baik. Sebanyak 80% anak mengalami peningkatan keterampilan bahasa, menunjukkan keberhasilan metode permainan pancing huruf dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak-anak secara klasikal. Penelitian ini menggarisbawahi efektivitas permainan sebagai strategi pembelajaran yang menyenangkan dan bermanfaat dalam pengembangan bahasa anak usia dini.

References

Alqazwiiniy, A.A.M.Y. (1982). Sunan Ibnu Majah Kitab. Al-Adab Juz. 2. Darul Fikri: Beirut – Libanon.

Azizah & Eliza, D. (2021). Pelaksanaan Metode Bermain Peran Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Pada Anak. Jurnal Basicedu. 5 (2), 717-723. http://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.798

Cendana, H. (2022). Perkembangan Permainan Tradisional Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini”. Jurnal Pendidika Anak Usia Dini. (2022), 6 (2). 771-778. 10.31004/obsesi.v6i2.1516

Departemen Agama RI, Al-Qur'an dan Terjemahnya 598, (Surabaya, September 2018).

Hayati, S.N. (2021). Permainan Dan Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4 (1). https://doi.org/10.25299/jge. 6985.

Irwansyah, R. (2022). Perkembangan Peserta Didik. UPI Bandung.

Kurniati, F., Sukmawati, S., & Wulandari, R. (2022). Pengelolaan Anak Didik Anak Usia Dini di Lembaga Kelompok Bermain Bintang Desa Sidang Emas Banyu Asin III. Jurnal Multidisipliner Kapalamada, 1(03), 345–350. https://doi.org/10.62668/kapalamada.v1i03.247

Maghfiroh, S., & Suryana, D. (2021). Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1560–1566. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1086

Rupnidah & Suryana, D. (2022). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 6 (1), 49-58. https://ejournal.upi.edu/index.php/agapedia/article/view/48199/19571

Salma Aulia Khosibah dan Dimyati, “Bahasa Reseptif Anak Usia Dini 3-6 Tahun di Indonesia”, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. (2020). Vol. 5 (2) 1860-1869. 10-31004/obsesi. V512. 1015.

Tania, A. & Rakimahwati, R. (2023). Pengaruh Permainan Memancing Huruf Terhadap Kemampuan Mengenal Abjad Pada Anak di Taman Kanak-Kanak Sabbihisma 2 Ulak Karang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 15344–15351. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.14528

Ulwan, A.N. (2019). Tarbiyatul Aulad fil Islam (Terj. Jamaludin Miri). Pustaka Amani.

Downloads

Published

2023-04-27