PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN KOTAK MATEMATIKA DI TK. REINA KEC. GALESONG UTARA KABUPATEN TAKALAR
DOI:
https://doi.org/10.24256/tunas%20cendekia.v3i1.1378Keywords:
Kemampuan Berhitung, AUD, Permainan Kotak MatematikaAbstract
Dalam pembelajaran berhitung anak usia dini di Taman Kanak-Kanak sangat membutuhkan alat peraga agar anak tertarik dalam proses belajar dan tidak bosan. Oleh Karena itu diperlukan strategi-strategi dalam proses pembelajaran. Di sinilah kehadiran metode menempati posisi penting dalam menyampaikan bahan pelajaran. Belajar pada hakekatnya merupakan proses kognitif yang mendapat dukungan dari fungsi ranah psikomotor tentu berbeda antara satu peristiwa belajar dengan peristiwa belajar lainnya. Tugas guru dalam hal ini memberi contoh penggunaan strategi yang tepat dalam arti sesuai dengan kepastian umum anak didik dan selaras dengan kebutuhan serta tingkat kesulitan materi yang guru ajarkan kepada mereka sehingga anak didik pahan dan mengerti apa yang diajarakan kepada mereka. Di Taman Kanak-Kanak Reina Kec.Galesong Utara Kab. Takalar masih banyak peserta didik kami yang kemampuan berhitung dalam pengenalan konsep bilangan dengan benda-benda masih rendah oleh karena itu kami membuat rumusan masalah yaitu sebagai berikut: Apakah dengan melalui permainan Kotak Mate-matika dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak TK Reina Kec. Galesong Utara Kab.Takalar? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatan kemampuan berhitung anak dengan permainan kotak matematika. Data penelitian di peroleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, analisis data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam kemampuan berhitung anak dengan menggunakan permainan kotak matematika.References
Arikunto, Suharsimi. 2008. Penelitian TindakanKelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Alwen, Bentri. 2005. Usulan penelitian untuk meningkatkan kualitas
Alwen, Bentri. 2005. Usulan penelitian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Padang:LPTK UNP.
Arikunto,Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.
Aisyah, Siti. 2007. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini.Jakarta.Universitas Terbuka.
Departemen Pendidikan Nasional. 2000. Permainan Berhitung Taman Kanak- Kanak.Jakarta.
Depdikbud, 2000. Pedoman penggunaan Alat Peraga Taman Kanak-kanak. Jakarta.
Depdiknas, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. 2007. Pedoman Pembelajaran Permainan Berhitung Permulaan di Taman Kanak-kanak. Jakarta. Direktorat Pembinaan Taman Kanak-kanakdan Sekolah Dasar.
Imrayanti. 2012. Peningkatan kemampuan berhitung anak usia dini melalui permainan kotak mate-matika di Taman Kanak-Kanak Padang. Padang.
Kamtini dan Husni Wardi Tanjung. 2005. Bermain Melalui Gerak dan Lagu di Taman Kanak-kanak. Jakarta.
Montolalu, B.E.F, dkk. 2008. Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas terbuka.
Wardhani, Igak dan Kuswaya Wihardit. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta.
Wijana, Widarmi D, dkk. 2011. Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:Universitas Terbuka.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Please find the rights and licenses in Tunas Cedekia. By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
Tunas Cedekia's spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Tunas Cedekia permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and Tunas Cedekia on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Tunas Cedekia will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Tunas Cedekia will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
Tunas Cedekia will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. Tunas Cedekia's editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Â
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
Tunas Cendekia: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0)