PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN KOTAK MATEMATIKA DI TK. REINA KEC. GALESONG UTARA KABUPATEN TAKALAR

Authors

  • TADZKIRAH IRA ZULKIFLI iain pare pare

DOI:

https://doi.org/10.24256/tunas%20cendekia.v3i1.1378

Keywords:

Kemampuan Berhitung, AUD, Permainan Kotak Matematika

Abstract

Dalam pembelajaran berhitung anak usia dini di Taman Kanak-Kanak sangat membutuhkan alat peraga agar anak tertarik dalam proses belajar dan tidak bosan. Oleh Karena itu diperlukan strategi-strategi dalam proses pembelajaran. Di sinilah kehadiran metode menempati posisi penting dalam menyampaikan bahan pelajaran. Belajar pada hakekatnya merupakan proses kognitif yang mendapat dukungan dari fungsi ranah psikomotor tentu berbeda antara satu peristiwa belajar dengan peristiwa belajar lainnya. Tugas guru dalam hal ini memberi contoh penggunaan strategi yang tepat dalam arti sesuai dengan kepastian umum anak didik dan selaras dengan kebutuhan serta tingkat kesulitan materi yang guru ajarkan kepada mereka sehingga anak didik pahan dan mengerti apa yang diajarakan kepada mereka. Di Taman Kanak-Kanak Reina Kec.Galesong Utara Kab. Takalar masih banyak peserta didik kami yang kemampuan berhitung dalam pengenalan konsep bilangan dengan benda-benda masih rendah oleh karena itu kami membuat rumusan masalah yaitu sebagai berikut: Apakah dengan melalui permainan Kotak Mate-matika dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak TK Reina Kec. Galesong Utara Kab.Takalar? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatan kemampuan berhitung anak dengan permainan kotak matematika. Data penelitian di peroleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, analisis data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam kemampuan berhitung anak dengan menggunakan permainan kotak matematika.

Author Biography

TADZKIRAH IRA ZULKIFLI, iain pare pare

Pendidikan Anak Usia Dini

References

Arikunto, Suharsimi. 2008. Penelitian TindakanKelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Alwen, Bentri. 2005. Usulan penelitian untuk meningkatkan kualitas

Alwen, Bentri. 2005. Usulan penelitian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Padang:LPTK UNP.

Arikunto,Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.

Aisyah, Siti. 2007. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini.Jakarta.Universitas Terbuka.

Departemen Pendidikan Nasional. 2000. Permainan Berhitung Taman Kanak- Kanak.Jakarta.

Depdikbud, 2000. Pedoman penggunaan Alat Peraga Taman Kanak-kanak. Jakarta.

Depdiknas, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. 2007. Pedoman Pembelajaran Permainan Berhitung Permulaan di Taman Kanak-kanak. Jakarta. Direktorat Pembinaan Taman Kanak-kanakdan Sekolah Dasar.

Imrayanti. 2012. Peningkatan kemampuan berhitung anak usia dini melalui permainan kotak mate-matika di Taman Kanak-Kanak Padang. Padang.

Kamtini dan Husni Wardi Tanjung. 2005. Bermain Melalui Gerak dan Lagu di Taman Kanak-kanak. Jakarta.

Montolalu, B.E.F, dkk. 2008. Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas terbuka.

Wardhani, Igak dan Kuswaya Wihardit. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta.

Wijana, Widarmi D, dkk. 2011. Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2020-08-12