HUBUNGAN ANTARA MOTORIK KASAR ANAK DAN BODY MOVEMENT DI KURSUS BACA TULIS BACAANKU KOTA JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.24256/tunascendekia.v7i1.5384Keywords:
Motorik Kasar, Body Movement, Anak usia 4-8 tahunAbstract
Motorik kasar merupakan gerakan yang terjadi karena adanya koordinasi otot-otot besar, gerakan motorik kasar adalah kemampuan mengubah beragam posisi tubuh dengan menggunakan otot-otot besar. Aspek perkembangan motorik kasar selalu berkaitan dengan setiap gerakan tubuh yang anak lakukan setiap harinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gerakan tubuh berhubungan dengan kemampuan motorik kasar anak-anak yang berusia 4-8 tahun di Kursus Baca Tulis Bacaanku Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitaif korelasi dengan pengambilan sampel secara acak. Kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi adalah metode pengumpulan data yang digunakan. dan Analisis data menggunakan korelasi Product Moment. Penelitian ini dilakukan di Kursus Baca Tulis Bacaanku Kota Jambi. Peneliti mengambil sampel 33 anak yang rentang usia 4-8 tahun. Berdasarkan hasil penelitian taraf signifikan 5% sebesar (0,349). Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa r hitung (0,838) > r tabel (0,349). Hipotesis alternatif (Ha) diterima dan (Ho) ditolak karena rxy lebih besar dari r table, nilai r hitung 0,838 berada di antara d 0,80 dan 1,00, yang menunjukkan bahwa nilai r hitung termasuk dalam kategori kuat. Dengan demikian, dapat disimpulkan kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya hubungan yang kuat dan signifikan antara bodymovement dan motorik kasar anak di Kursus Baca Tulis Bacaanku Kota Jambi.
References
Asfinolia, A., & Jafar, E. S. (2023). Penerapan Sensory Path dalam Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia 4 – 5 Tahun. Jurnal Edukasi Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2). https://doi.org/10.35914/jepkm.v1i2.10
Baan, A. B., Rejeki, H. S., & Nurhayati. (2020). Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Bungamputi, 6 (0).
Fadlan, A., Ridwan, R., Nopriansyah, U., & Nurfaizah, N. (2021). Penerapan Metode TPR (Total Physical Respone) Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Anak Usia Dini. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/10.24042/ajipaud.v4i1.8619
Hanum, A., & Rohita, R. (2021). Kegiatan Sentra Olah Tubuh Dalam Menstimulasi Kemampuan Motorik Kasar Anak. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 2(2). https://doi.org/10.36722/jaudhi.v2i2.584
Haryani, M., & Qalbi, Z. (2021). Pemahaman Guru PAUD Tentang Alat Permainan Edukatif (APE) DI TK Pertiwi 1 Kota Bengkulu. Jurnal Educhild : Pendidikan Dan Sosial, 10(1). https://doi.org/10.33578/jpsbe.v10i1.7699
Hidayat, Y., & Nurlatifah, L. (2023). Analisis Komparasi Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini (STPPA) Berdasarkan Permendikbud NO. 137 TAHUN 2014 DENGAN Permendikbudristek NO. 5 TAHUN 2022. Jurnal Intisabi, 1(1). https://doi.org/10.61580/itsb.v1i1.4
Isna, A. (2019). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Al-Athfal, 2(2).
Qomariah, D. N., & Hamidah, S. (2022). Menggali manfaat permainan tradisional dalam meningkatkan keterampilan motorik kasar: konteks anak usia dini. Jendela PLS, 7(1).
Sugiyono, D. (2010). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. In Penerbit Alfabeta.
Syafril, S., Kuswanto, C. W., Farida, & Muriyan, O. (2020). Dua Cara Pengembangan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini Melalui Gerakan-Gerakan Senam. Jurnal Pelita PAUD, 5(1).
Ulfah, A. A., Dimyati, D., & Putra, A. J. A. (2021). Analisis Penerapan Senam Irama dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.993
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nurmalia Nurmalia, Nurlinda Nurlinda, Nazila Rizki Azzahra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Please find the rights and licenses in Tunas Cedekia. By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
Tunas Cedekia's spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Tunas Cedekia permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and Tunas Cedekia on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Tunas Cedekia will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Tunas Cedekia will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
Tunas Cedekia will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. Tunas Cedekia's editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Â
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
Tunas Cendekia: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0)