HUBUNGAN ANTARA MOTORIK KASAR ANAK DAN BODY MOVEMENT DI KURSUS BACA TULIS BACAANKU KOTA JAMBI

Authors

  • Nurmalia Nurmalia Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Nurlinda Nurlinda Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Nazila Rizki Azzahra Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.24256/tunascendekia.v7i1.5384

Keywords:

Motorik Kasar, Body Movement, Anak usia 4-8 tahun

Abstract

Motorik kasar merupakan gerakan yang terjadi karena adanya koordinasi otot-otot besar, gerakan motorik kasar adalah kemampuan mengubah beragam posisi tubuh dengan menggunakan otot-otot besar. Aspek perkembangan motorik kasar selalu berkaitan dengan setiap gerakan tubuh yang anak lakukan setiap harinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gerakan tubuh berhubungan dengan kemampuan motorik kasar anak-anak yang berusia 4-8 tahun di Kursus Baca Tulis Bacaanku Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitaif korelasi dengan pengambilan sampel secara acak. Kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi adalah metode pengumpulan data yang digunakan. dan Analisis data menggunakan korelasi Product Moment. Penelitian ini dilakukan di Kursus Baca Tulis Bacaanku Kota Jambi. Peneliti mengambil sampel 33 anak yang rentang usia 4-8 tahun. Berdasarkan hasil penelitian taraf signifikan 5% sebesar (0,349). Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa r hitung (0,838) > r tabel (0,349). Hipotesis alternatif (Ha) diterima dan (Ho) ditolak karena rxy lebih besar dari r table, nilai r hitung 0,838 berada di antara d 0,80 dan 1,00, yang menunjukkan bahwa nilai r hitung termasuk dalam kategori kuat. Dengan demikian, dapat disimpulkan kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya hubungan yang kuat dan signifikan antara bodymovement dan motorik kasar anak di Kursus Baca Tulis Bacaanku Kota Jambi.

References

Asfinolia, A., & Jafar, E. S. (2023). Penerapan Sensory Path dalam Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia 4 – 5 Tahun. Jurnal Edukasi Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2). https://doi.org/10.35914/jepkm.v1i2.10

Baan, A. B., Rejeki, H. S., & Nurhayati. (2020). Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Bungamputi, 6 (0).

Fadlan, A., Ridwan, R., Nopriansyah, U., & Nurfaizah, N. (2021). Penerapan Metode TPR (Total Physical Respone) Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Anak Usia Dini. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/10.24042/ajipaud.v4i1.8619

Hanum, A., & Rohita, R. (2021). Kegiatan Sentra Olah Tubuh Dalam Menstimulasi Kemampuan Motorik Kasar Anak. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 2(2). https://doi.org/10.36722/jaudhi.v2i2.584

Haryani, M., & Qalbi, Z. (2021). Pemahaman Guru PAUD Tentang Alat Permainan Edukatif (APE) DI TK Pertiwi 1 Kota Bengkulu. Jurnal Educhild : Pendidikan Dan Sosial, 10(1). https://doi.org/10.33578/jpsbe.v10i1.7699

Hidayat, Y., & Nurlatifah, L. (2023). Analisis Komparasi Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini (STPPA) Berdasarkan Permendikbud NO. 137 TAHUN 2014 DENGAN Permendikbudristek NO. 5 TAHUN 2022. Jurnal Intisabi, 1(1). https://doi.org/10.61580/itsb.v1i1.4

Isna, A. (2019). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Al-Athfal, 2(2).

Qomariah, D. N., & Hamidah, S. (2022). Menggali manfaat permainan tradisional dalam meningkatkan keterampilan motorik kasar: konteks anak usia dini. Jendela PLS, 7(1).

Sugiyono, D. (2010). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. In Penerbit Alfabeta.

Syafril, S., Kuswanto, C. W., Farida, & Muriyan, O. (2020). Dua Cara Pengembangan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini Melalui Gerakan-Gerakan Senam. Jurnal Pelita PAUD, 5(1).

Ulfah, A. A., Dimyati, D., & Putra, A. J. A. (2021). Analisis Penerapan Senam Irama dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.993

Downloads

Published

2024-04-25