MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI METODE BERMAIN PLASTISIN KELOMPOK B TK DARUL FALAH SAMARINDA KALIMANTAN TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.24256/cendekia.v3i1.860Keywords:
Kreativitas Anak, Metode Bermain PlastisinAbstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui apakah metode bermain plastisin dapat meningkatkan kreativitas anak, khususnya di TK Darul Falah Samarinda Kalimantan Timur. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelompok B TK Darul Falah Samarinda Kalimantan Timur dengan jumlah peserta didik 21 orang dengan rentang usia 5-6 tahun. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & MC Taggart dengan pertimbangan model penelitian ini adalah model yang mudah dipahami dan sesuai dengan rencana kegiatan yang akan dilakukan peneliti yaitu dalam dua siklus dan pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi untuk menilai kreativitas dan keterlibatan anak Data hasil observasi dianalisis secara deskriptif dengan pendektan kualitatif dan data skor pencapaian kreativitas dan keterlibatan anak dalam kegiatan bermain plastisin kelompok B tidak hanya terfokus pada angka tapi pada gambaran kejadian yang berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kreativitas ana dari nilai rata-rata pada siklus I sebesar 70,2 dan pada siklus II menjadi 80,95. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode bermain plastrisin bagi anak kelompok B TK Darul Falah Samarinda Kalimantan Timur dapat meningkatkan kreativitas anak.
References
Arikunto, S. Suhardjono, Supardi. 2008, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara.
Depdiknas. 2010 Pedoman Penilaian Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Dwijunianto. Media Belajar Plastisin. http://dwijunianto.wordpress.com/media-belajar plastisin/ diakses Januari 2020.
Depdiknas. 2004. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Pendidikan Anak Usia
Dini Taman Kanak-Kanak dan Roudhotul Athfal. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Depdiknas. 2005. Pedoman Penilaian Di Taman Kanak- kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Faisal, S. 1982, Metodologi Penelitian Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional.
Hadeli, 2006, Metode Penelitian Kependidikan, Jakarta: Quantum Teaching.
Montolalu, B.E.F. 2009. Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.
Munandar, U. 1999, Kreativitas Dan Keberbakatan, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Munandar, U. 1982, Pemanduan Anak Berbakat, Jakarta: Yayasan Pengembangan Kreativitas.
Mini, R. 2010, Panduan Mengenal dan Mengasah Kecerdasan Majemuk Anak, Jakarta: Indocam Prima.
Mulyasa, 2010, Praktik Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: Rosda
Masitoh, ocih, Heny, 2005, Pendekatan Belajar Aktif Di TK, Jakarta: Diretur Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
Munandar, 1999, Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat, Jakarta: Rineka Cipta.
Nursisto, 1999, Kiat Menggali Kreativitas, Yogyakarta: Mitra Gama Widya.
Rahardjo, B. Joko Irawan, 2004, Penulisan Laporan Skripsi dan Tesis, Yogyakarta: Andi.
Suyanto, S. 2008, Strategi Pendidikan Anak, Yogyakatra: Hikayat.
Suyadi, 2011, Manajemen Paud, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sujiono, Yuliani Nurani.2008. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sumanto, 2005, Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak TK, Jakarta: Diretur Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Please find the rights and licenses in Tunas Cedekia. By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
Tunas Cedekia's spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Tunas Cedekia permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and Tunas Cedekia on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Tunas Cedekia will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Tunas Cedekia will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
Tunas Cedekia will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. Tunas Cedekia's editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Â
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
Tunas Cendekia: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0)