PELAKSANAAN PENANAMAN SHARING BEHAVIOR TERHADAP KARAKTER PEDULI SOSIAL ANAK

Authors

  • Mega Permata Sari Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang
  • Delfi Eliza Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24256/tunas%20cendekia.v4i1.1984

Keywords:

Sharing Behavior, Karakter Peduli Sosial, Anak

Abstract

Penelitian ini berdasarkan pada pentingnya pelaksanaan penanaman sharing behavior terhadap karakter peduli sosial anak. Penelitian ini dilaksanakan penanaman sharing behavior anak pada umumnya bahwa anak-anak yang tidak mau berbagi dengan teman sebayanya di lingkungan sekitar. Hal ini terlihat pada anak yang masih enggan untuk saling berbagi terhadap segala hal yang mereka miliki. Contohnya masih banyak anak-anak yang tidak ingin berbagi makanan, meminjamkan alat tulis, dan berbagi benda-benda lain seperti mainan. Bahkan, untuk sekadar meminjamkan sesuatu kepada sesama anak tersebut masih saling enggan satu sama lain. Meskipun ada sebagian anak yang mudah berbagi, namun pada kenyataannya anak-anak yang berbagi tersebut menganggap bahwa mereka akan mendapatkan balasan berbagi pula dengan yang lainnya berupa benda lain. Maka dari itu, penanaman sharing behavior sangat perlu dikenalkan semenjak usia dini, sebab jika sejak usia dini sudah ditanamkan rasa peduli social pada anak, maka hingga dewasa anak akan peduli pada lingkungan sekitarnya. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan memakai metode deskriptif. Sumber informasi penelitian ini yakni dari anak yang ada sekitar rumah peneliti serta orang tua si anak. Penelitian memakai teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data pada penelitian ini ialah triangulasi. Dalam penelitian ini, peneliti memfokuskan pada penanaman sharing behavior yang dapat meningkatkan perilaku berbagi pada anak usia dini. Hasil penelitian yang didapatkan dari penelitian ini yakni dengan dilaksanakannya penanaman sharing behavior terhadap karakter peduli sosial anak, anak-anak dapat lebih meningkatkan perilaku berbagi terhadap sesama lingkungan sekitar. Hal ini juga tampak pada semua sumber yang telah ditelaah serta hasil penelitian yang relevan dengan penelitian pelaksanaan penanaman sharing behavior untuk meningkatkan karakter peduli social pada anak usia dini.

References

Afifah, Ika Rosyadah Hari. (2019). Penanaman Nilai Karakter Kepedulian Sosial pada Anak Usia Dini dalam Permainan Tradisional Kucing Tikus di TK IT Mutiara Hati. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional “Penguatan Karakter Bangsa Melalui Inovasi Pendidikan di Era Digital.

Cahyaningrum, Eka Sapti. (2017). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan dan Keteladanan. Jurnal Volume 6, Edisi 2, Desember 2017.

Eliza, Delfi. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Learning (CTL) Berbasis Centra di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Pedagogi Volume XIII, No. 2, November 2013.

Fauziah, Puji Yanti. (2011). Model-Model Pembelajaran dalam Penanaman Karakter Sejak Usia Dini. Seminar Nasional IKA UNY.

Hurlock, Elizabeth. 1978. Perkembangan Anak. Jakarta: Gramedia.

Lestariningrum, Anik. (2019) Strategi Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Menggunakan Media Audio Visual. Jurnal Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Melati, Risang. 2012. Kiat Sukses Menjadi Guru Paud Yang Di Sukai Anak-Anak. Yogyakarta: Araska.

Nuraeni. (2016). Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini. Jurnal Paedagogy Volume 3 Nomor 1 Edisi 2016.

Setiawan, Hery Yuli. 2017. Permainan Kooperatif dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal AUDI, Volume 1, Nomor 1, hlm 32-37. Surakarta: Universitas Slamet Riyadi.

Susanto, Ahmad. 2017. Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Tabi’in, A. (2016). Menumbuhkan Sikap Peduli pada Anak Melalui Interaksi Kegiatan Sosial. Journal of Social Science Teaching.

Unjunan, Putri Oksa. (2020). Pelaksanaan Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini di Paud Sekar Nagari Unnes. Jurnal Vol. 5, No.2, Hlm 174-189.

Yuliana, Lia. (2017). Penanaman Nilai-Nilai Moral pada Anak Usia Dini. Jurnal.

Winarsih, Tri. 2010. Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.

___________. 2018. Story Telling Using Wayang Kancil to Enhance the Understanding of Prososial Behavior for Preschool Children. Jurnal LP3M Sosiohumaniora-Vol 4, No. 1. Yogyakarta: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Downloads

Published

2021-04-01