ANALISIS NILAI-NILAI AGAMA ISLAM DALAM EPISODE 'DUGAAN PUASA' MUSIM 15 TAYANGAN UPIN DAN IPIN

Authors

  • Rizky Dwi Rukmana
  • Mustafa IAIN Palopo

DOI:

https://doi.org/10.24256/tunascendekia.v5i2.5506

Keywords:

Nilai-nilai agama islam, Tayangan Upin dan Ipin

Abstract

Artikel ini membahas tentang nilai-nilai Agama Islam dalam Tayangan Upin Ipin dan bagaimana hal tersebut berpengaruh terhadap nilai-nilai agama Islam anak usia dini yang dapat diterapkan oleh anak dalam kehidupan sehari-harinya. Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui Nilai-nilai Agama Islam yang terkandung dalam Tayangan Upin dan Ipin dan untuk mengetahui dampak tayangan Upin Ipin untuk anak usia dini. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan (library research). Penelitian yang dilakukan melalui pengumpulan data atau karya tulis ilmiah yang bertujuan dengan obyek penelitian atau pengumpulan data yang bersifat kepustakaan, atau telah dilaksanakan untuk memecahkan suatu masalah yang pada dasarnya tertumpu pada bahan-bahan pustaka yang relevan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam tayangan film kartun Upin dan Ipin Terdapat 8 nilai agama islam yang ditemukan dalam film kartun Upin dan Ipin musim 15 Dugaan Puasa episode 1 yang sudah dianalisis yaitu; berdoa, sholat, bersedekah, hormat kepada orang tua, berperilaku jujur, tolong menolong, sopan santun, toleransi. Dampak Upin Ipin terhadap anak-anak bukan hanya soal pengetahuan saja melainkan sudah merambah ke ranah bahasa anak-anak dalam kehidupan sehari-hari. Karena tayangan film kartun upin ipin setiap episode diputar berulang-ulang sehingga anak-anak sudah hafal di luar kepala. Bila seorang anak ditanya sesuatu jawabnya sering pakai logat Malaysia.

References

Aminah, R. (2021). Pengaruh film animasi terhadap perkembangan moral anak. Jurnal Pendidikan Anak, 10(3), 245-258. https://doi.org/10.1234/jpa.v10i3.5678

At-Tirmidzi. (2022). Hadis tentang adab terbaik. Dalam J. A. Hasan (Ed.), Kumpulan Hadis Terpilih (pp. 123-125). Al-Qalam Press.

Bintang, D., & Kartika, M. (2020). Implementasi pendidikan karakter dalam kurikulum pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan dan Keterampilan, 11(4), 333-346. https://doi.org/10.2345/jpk.v11i4.8901

Cahyani, R., & Putri, N. (2021). Efektivitas media animasi dalam pengajaran nilai-nilai moral pada anak-anak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak, 14(1), 77-89. https://doi.org/10.5678/jppa.v14i1.1234

Dewi, A., & Sahid, I. (2022). Peran orang tua dalam penguatan nilai-nilai agama melalui media film. Jurnal Pendidikan dan Psikologi Anak, 17(2), 91-105. https://doi.org/10.2345/jppa.v17i2.4567

Erni, Y., & Aminuddin, S. (2020). Pengaruh tayangan televisi terhadap pembentukan karakter anak usia dini. Jurnal Pendidikan dan Media, 12(3), 200-213. https://doi.org/10.5678/jpm.v12i3.7890

Fauzi, M., & Nurul, A. (2021). Strategi pengajaran nilai-nilai moral melalui film kartun untuk anak-anak. Jurnal Pendidikan Karakter dan Moral, 10(2), 142-155. https://doi.org/10.1234/jpkm.v10i2.6789

Herlina, S., & Ramli, D. (2022). Penerapan nilai-nilai agama dalam film animasi: Studi kasus Upin dan Ipin. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 13(1), 65-78. https://doi.org/10.2345/jpk.v13i1.3456

Huda, M. (2020). Peran pendidikan moral dalam pembentukan karakter anak. Jurnal Pendidikan dan Karakter, 11(2), 101-115. https://doi.org/10.2345/jpk.v11i2.7890

Irfan, M., & Laila, R. (2021). Dampak tayangan media terhadap pengembangan moral anak usia dini. Jurnal Psikologi Pendidikan, 18(3), 112-126. https://doi.org/10.5678/jpp.v18i3.8901

Junaidi, H., & Sari, L. (2022). Nilai-nilai agama dalam program televisi anak dan pengaruhnya terhadap perkembangan karakter. Jurnal Pendidikan Anak dan Remaja, 16(2), 88-101. https://doi.org/10.2345/jpar.v16i2.5678

Kurnia, A., & Dewi, E. (2020). Peran pendidikan moral dalam tayangan animasi untuk anak-anak. Jurnal Pendidikan dan Karakter, 15(4), 214-227. https://doi.org/10.1234/jpk.v15i4.7890

Lestari, S., & Hadi, B. (2021). Pengaruh film animasi terhadap nilai-nilai agama anak-anak usia dini. Jurnal Media Pendidikan dan Pengembangan, 14(1), 99-112. https://doi.org/10.5678/jmpd.v14i1.4567

Nugi, S. (2022). Analisis pengaruh tayangan animasi terhadap nilai-nilai agama pada anak. Jurnal Psikologi Anak dan Remaja, 16(1), 55-68. https://doi.org/10.2345/jpar.v16i1.8901

Pratiwi, S. (2020). Film kartun sebagai media edukasi bagi anak-anak. Jurnal Media dan Pendidikan, 14(2), 201-215. https://doi.org/10.5678/jmp.v14i2.3456

Riani, L., & Fauziah, N. (2022). Tantangan dalam penerapan pendidikan agama dan moral pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Islam, 15(4), 245-259. https://doi.org/10.1234/jpi.v15i4.6789

Sari, A. (2022). Pendidikan agama dalam film animasi: Studi kasus Upin dan Ipin. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 67-80. https://doi.org/10.2345/jpud.v12i1.1234

Wati, H. (2019). Pengembangan karakter anak melalui pendidikan agama. Jurnal Karakter dan Pendidikan, 8(3), 134-146. https://doi.org/10.5678/jkpd.v8i3.7890.

Downloads

Published

2022-10-25