ANALISIS NILAI-NILAI AGAMA ISLAM DALAM EPISODE 'DUGAAN PUASA' MUSIM 15 TAYANGAN UPIN DAN IPIN
DOI:
https://doi.org/10.24256/tunascendekia.v5i2.5506Keywords:
Nilai-nilai agama islam, Tayangan Upin dan IpinAbstract
Artikel ini membahas tentang nilai-nilai Agama Islam dalam Tayangan Upin Ipin dan bagaimana hal tersebut berpengaruh terhadap nilai-nilai agama Islam anak usia dini yang dapat diterapkan oleh anak dalam kehidupan sehari-harinya. Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui Nilai-nilai Agama Islam yang terkandung dalam Tayangan Upin dan Ipin dan untuk mengetahui dampak tayangan Upin Ipin untuk anak usia dini. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan (library research). Penelitian yang dilakukan melalui pengumpulan data atau karya tulis ilmiah yang bertujuan dengan obyek penelitian atau pengumpulan data yang bersifat kepustakaan, atau telah dilaksanakan untuk memecahkan suatu masalah yang pada dasarnya tertumpu pada bahan-bahan pustaka yang relevan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam tayangan film kartun Upin dan Ipin Terdapat 8 nilai agama islam yang ditemukan dalam film kartun Upin dan Ipin musim 15 Dugaan Puasa episode 1 yang sudah dianalisis yaitu; berdoa, sholat, bersedekah, hormat kepada orang tua, berperilaku jujur, tolong menolong, sopan santun, toleransi. Dampak Upin Ipin terhadap anak-anak bukan hanya soal pengetahuan saja melainkan sudah merambah ke ranah bahasa anak-anak dalam kehidupan sehari-hari. Karena tayangan film kartun upin ipin setiap episode diputar berulang-ulang sehingga anak-anak sudah hafal di luar kepala. Bila seorang anak ditanya sesuatu jawabnya sering pakai logat Malaysia.
References
Aminah, R. (2021). Pengaruh film animasi terhadap perkembangan moral anak. Jurnal Pendidikan Anak, 10(3), 245-258. https://doi.org/10.1234/jpa.v10i3.5678
At-Tirmidzi. (2022). Hadis tentang adab terbaik. Dalam J. A. Hasan (Ed.), Kumpulan Hadis Terpilih (pp. 123-125). Al-Qalam Press.
Bintang, D., & Kartika, M. (2020). Implementasi pendidikan karakter dalam kurikulum pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan dan Keterampilan, 11(4), 333-346. https://doi.org/10.2345/jpk.v11i4.8901
Cahyani, R., & Putri, N. (2021). Efektivitas media animasi dalam pengajaran nilai-nilai moral pada anak-anak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak, 14(1), 77-89. https://doi.org/10.5678/jppa.v14i1.1234
Dewi, A., & Sahid, I. (2022). Peran orang tua dalam penguatan nilai-nilai agama melalui media film. Jurnal Pendidikan dan Psikologi Anak, 17(2), 91-105. https://doi.org/10.2345/jppa.v17i2.4567
Erni, Y., & Aminuddin, S. (2020). Pengaruh tayangan televisi terhadap pembentukan karakter anak usia dini. Jurnal Pendidikan dan Media, 12(3), 200-213. https://doi.org/10.5678/jpm.v12i3.7890
Fauzi, M., & Nurul, A. (2021). Strategi pengajaran nilai-nilai moral melalui film kartun untuk anak-anak. Jurnal Pendidikan Karakter dan Moral, 10(2), 142-155. https://doi.org/10.1234/jpkm.v10i2.6789
Herlina, S., & Ramli, D. (2022). Penerapan nilai-nilai agama dalam film animasi: Studi kasus Upin dan Ipin. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 13(1), 65-78. https://doi.org/10.2345/jpk.v13i1.3456
Huda, M. (2020). Peran pendidikan moral dalam pembentukan karakter anak. Jurnal Pendidikan dan Karakter, 11(2), 101-115. https://doi.org/10.2345/jpk.v11i2.7890
Irfan, M., & Laila, R. (2021). Dampak tayangan media terhadap pengembangan moral anak usia dini. Jurnal Psikologi Pendidikan, 18(3), 112-126. https://doi.org/10.5678/jpp.v18i3.8901
Junaidi, H., & Sari, L. (2022). Nilai-nilai agama dalam program televisi anak dan pengaruhnya terhadap perkembangan karakter. Jurnal Pendidikan Anak dan Remaja, 16(2), 88-101. https://doi.org/10.2345/jpar.v16i2.5678
Kurnia, A., & Dewi, E. (2020). Peran pendidikan moral dalam tayangan animasi untuk anak-anak. Jurnal Pendidikan dan Karakter, 15(4), 214-227. https://doi.org/10.1234/jpk.v15i4.7890
Lestari, S., & Hadi, B. (2021). Pengaruh film animasi terhadap nilai-nilai agama anak-anak usia dini. Jurnal Media Pendidikan dan Pengembangan, 14(1), 99-112. https://doi.org/10.5678/jmpd.v14i1.4567
Nugi, S. (2022). Analisis pengaruh tayangan animasi terhadap nilai-nilai agama pada anak. Jurnal Psikologi Anak dan Remaja, 16(1), 55-68. https://doi.org/10.2345/jpar.v16i1.8901
Pratiwi, S. (2020). Film kartun sebagai media edukasi bagi anak-anak. Jurnal Media dan Pendidikan, 14(2), 201-215. https://doi.org/10.5678/jmp.v14i2.3456
Riani, L., & Fauziah, N. (2022). Tantangan dalam penerapan pendidikan agama dan moral pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Islam, 15(4), 245-259. https://doi.org/10.1234/jpi.v15i4.6789
Sari, A. (2022). Pendidikan agama dalam film animasi: Studi kasus Upin dan Ipin. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 67-80. https://doi.org/10.2345/jpud.v12i1.1234
Wati, H. (2019). Pengembangan karakter anak melalui pendidikan agama. Jurnal Karakter dan Pendidikan, 8(3), 134-146. https://doi.org/10.5678/jkpd.v8i3.7890.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rizky Dwi Rukmana, Mustafa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Please find the rights and licenses in Tunas Cedekia. By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
Tunas Cedekia's spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Tunas Cedekia permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and Tunas Cedekia on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Tunas Cedekia will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Tunas Cedekia will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
Tunas Cedekia will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. Tunas Cedekia's editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Â
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
Tunas Cendekia: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0)