Manajemen Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.24256/pijies.v8i1.6354Keywords:
manajemen kepala sekolah, kompetensi pedagogik, peningkatan profesionalisme guru, supervisi, strategi pengembangan guruAbstract
Peningkatan kompetensi pedagogik guru merupakan aspek krusial dalam meningkatkan kualitas pendidikan. SD Negeri 001 Sangatta Selatan menghadapi tantangan dalam penerapan metode pembelajaran inovatif yang sesuai dengan kebutuhan siswa, sehingga diperlukan manajemen kepala sekolah yang efektif dalam merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan, dan mengawasi program peningkatan kompetensi pedagogik guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperiksa melalui triangulasi sumber dan teknik Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi pedagogik guru dilakukan melalui empat tahap utama: 1) Perencanaan: Kepala sekolah mengidentifikasi kebutuhan guru dan menyusun program peningkatan kompetensi, termasuk pelatihan, workshop, studi tiru, dan mentoring antar guru. 2) Pengorganisasian: Struktur organisasi sekolah dirancang untuk mendukung peningkatan pedagogik guru, dengan peran kepala sekolah sebagai pemimpin strategis dan guru senior sebagai mentor bagi guru junior. 3) Pelaksanaan: Program peningkatan kompetensi dilaksanakan melalui Kelompok Kerja Guru (KKG), pelatihan berbasis praktik, serta pemanfaatan teknologi dan Learning Management System (LMS). 4) Pengawasan: Evaluasi dilakukan melalui supervisi kelas, observasi langsung, serta penilaian hasil belajar siswa. Implikasi dari penelitian ini mengarah pada perlunya kebijakan pendidikan yang lebih mendukung pengembangan profesionalisme guru secara berkelanjutan.
References
Abdillah, F. (2020). Manajemen organisasi pendidikan kejuruan. Cerdas Ulet Kreatif Publisher.
Adilah, H. G., & Suryana, Y. (2021). Manajemen Strategik Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 6(1), 87–94. https://doi.org/10.15575/isema.v6i1.11037
Arifudin, O. (2021). Manajemen Strategik Teori Dan Implementasi. https://doi.org/10.31237/osf.io/xp46e
Artha, A. Y., Sion, H., & Soan, U. F. (2021). Manajemen pelatihan guru Sekolah Dasar untuk meningkatkan kompetensi profesional di Kabupaten Seruyan. Journal of Environment and Management, 2(2), 114–123.
Arzfi, B. P., Ananda, R., Putri, V. M., Gistituati, N., & Rusdinal, R. (2022). Implementasi Supervisi Oleh Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5946–5952. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3174
Asrin, A. (2021). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru. CV. Azka Pustaka.
Cade, J. (2023). Child-centered pedagogy: Guided play-based learning for preschool children with special needs. Cogent Education, 10(2), 2276476. https://doi.org/10.1080/2331186X.2023.2276476
Castillo-ávila, J. N., & Vargas-Quintero, I. M. (2025). The teaching practices of the unermb social sciences project and the comprehensive training of the new citizen. Clio. Revista de Historia, Ciencias Humanas y Pensamiento Critico., 5(9), 1134–1169. Scopus. https://doi.org/10.5281/zenodo.14567339
Damanik, J., & Widodo, W. (2024). Unlocking Teacher Professional Performance: Exploring Teaching Creativity in Transmitting Digital Literacy, Grit, and Instructional Quality. Education Sciences, 14(4), 384. https://doi.org/10.3390/educsci14040384
Dlesk, A., Vach, K., Shults, R., & Doubrava, P. (2022). Generalization of bim model for purposes of facility management. The International Archives of the Photogrammetry, Remote Sensing and Spatial Information Sciences, 43, 309–314. https://doi.org/10.5194/isprs-archives-XLIII-B4-2022-309-2022
González-Moreira, A., Ferreira, C., & Vidal, J. (2025). A journey to primary education: A systematic review of factors affecting the transition from early childhood education to primary education. Preventing School Failure: Alternative Education for Children and Youth, 69(1), 77–91. https://doi.org/10.1080/1045988X.2024.2335679
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Hasra Hasra, Nur Laili, Yudo Dwiyono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright notice:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access)