Manajemen Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru di Sekolah Dasar

Authors

  • Hasra Hasra Universitas Mulawarman, Indonesia
  • Nur Laili Universitas Mulawarman, Indonesia
  • Yudo Dwiyono Universitas Mulawarman, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/pijies.v8i1.6354

Keywords:

manajemen kepala sekolah, kompetensi pedagogik, peningkatan profesionalisme guru, supervisi, strategi pengembangan guru

Abstract

Peningkatan kompetensi pedagogik guru merupakan aspek krusial dalam meningkatkan kualitas pendidikan. SD Negeri 001 Sangatta Selatan menghadapi tantangan dalam penerapan metode pembelajaran inovatif yang sesuai dengan kebutuhan siswa, sehingga diperlukan manajemen kepala sekolah yang efektif dalam merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan, dan mengawasi program peningkatan kompetensi pedagogik guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperiksa melalui triangulasi sumber dan teknik Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi pedagogik guru dilakukan melalui empat tahap utama: 1) Perencanaan: Kepala sekolah mengidentifikasi kebutuhan guru dan menyusun program peningkatan kompetensi, termasuk pelatihan, workshop, studi tiru, dan mentoring antar guru. 2) Pengorganisasian: Struktur organisasi sekolah dirancang untuk mendukung peningkatan pedagogik guru, dengan peran kepala sekolah sebagai pemimpin strategis dan guru senior sebagai mentor bagi guru junior. 3) Pelaksanaan: Program peningkatan kompetensi dilaksanakan melalui Kelompok Kerja Guru (KKG), pelatihan berbasis praktik, serta pemanfaatan teknologi dan Learning Management System (LMS). 4) Pengawasan: Evaluasi dilakukan melalui supervisi kelas, observasi langsung, serta penilaian hasil belajar siswa. Implikasi dari penelitian ini mengarah pada perlunya kebijakan pendidikan yang lebih mendukung pengembangan profesionalisme guru secara berkelanjutan.

References

Abdillah, F. (2020). Manajemen organisasi pendidikan kejuruan. Cerdas Ulet Kreatif Publisher.

Adilah, H. G., & Suryana, Y. (2021). Manajemen Strategik Dalam Meningkatkan Mutu‎ Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 6(1), 87–94. https://doi.org/10.15575/isema.v6i1.11037

Arifudin, O. (2021). Manajemen Strategik Teori Dan Implementasi. https://doi.org/10.31237/osf.io/xp46e

Artha, A. Y., Sion, H., & Soan, U. F. (2021). Manajemen pelatihan guru Sekolah Dasar untuk meningkatkan kompetensi profesional di Kabupaten Seruyan. Journal of Environment and Management, 2(2), 114–123.

Arzfi, B. P., Ananda, R., Putri, V. M., Gistituati, N., & Rusdinal, R. (2022). Implementasi Supervisi Oleh Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5946–5952. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3174

Asrin, A. (2021). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru. CV. Azka Pustaka.

Cade, J. (2023). Child-centered pedagogy: Guided play-based learning for preschool children with special needs. Cogent Education, 10(2), 2276476. https://doi.org/10.1080/2331186X.2023.2276476

Castillo-ávila, J. N., & Vargas-Quintero, I. M. (2025). The teaching practices of the unermb social sciences project and the comprehensive training of the new citizen. Clio. Revista de Historia, Ciencias Humanas y Pensamiento Critico., 5(9), 1134–1169. Scopus. https://doi.org/10.5281/zenodo.14567339

Damanik, J., & Widodo, W. (2024). Unlocking Teacher Professional Performance: Exploring Teaching Creativity in Transmitting Digital Literacy, Grit, and Instructional Quality. Education Sciences, 14(4), 384. https://doi.org/10.3390/educsci14040384

Dlesk, A., Vach, K., Shults, R., & Doubrava, P. (2022). Generalization of bim model for purposes of facility management. The International Archives of the Photogrammetry, Remote Sensing and Spatial Information Sciences, 43, 309–314. https://doi.org/10.5194/isprs-archives-XLIII-B4-2022-309-2022

González-Moreira, A., Ferreira, C., & Vidal, J. (2025). A journey to primary education: A systematic review of factors affecting the transition from early childhood education to primary education. Preventing School Failure: Alternative Education for Children and Youth, 69(1), 77–91. https://doi.org/10.1080/1045988X.2024.2335679

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Hasra, H., Laili, N., & Dwiyono, Y. (2025). Manajemen Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru di Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 8(1), 183–193. https://doi.org/10.24256/pijies.v8i1.6354

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)