Manajemen Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kinerja Guru Melalui Kepemimpinan Transformasional dan Pelayanan di Sekolah Dasar Hutan Tropis

Authors

  • Wulan Noviyanti Asyarah Universitas Mulawarman, Indonesia
  • Warman Warman Universitas Mulawarman, Indonesia
  • Laili Komariyah Universitas Mulawarman, Indonesia
  • Widyatmike Gede Mulawarman Universitas Mulawarman, Indonesia
  • Azainil Azainil Universitas Mulawarman, Indonesia
  • Yudo Dwiyono Universitas Mulawarman, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/pijies.v8i1.6407

Keywords:

manajemen, transformasional, pelayanan, kinerja, hutan tropis

Abstract

Manajemen Kepemimpinan transformasional dan pelayanan kepala sekolah telah banyak dikaji dalam berbagai konteks pendidikan, tetapi masih minim penelitian yang membahas implementasinya di sekolah yang berada di lingkungan hutan tropis lembab. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan manajemen kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru melalui kepemimpinan transformasional dan pelayanan di sekolah dasar lingkungan hutan tropis lembab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di sekolah dasar yang berada di lingkungan hutan tropis lembab mencakup empat aspek utama. 1) Perencanaan saat memberikan kebebasan guru dalam menyusun strategi pembelajaran, mendukung pengembangan kompetensi melalui pelatihan, serta mempertimbangkan pemanfaatan teknologi dan kondisi alam. 2). Pengorganisasian dalam pembentukan komunitas belajar (kombel) dan kelompok kerja guru (KKG), kolaborasi dengan masyarakat, serta upaya mengatasi keterbatasan fasilitas melalui pengajuan bantuan. 3). Pelaksanaan mencakup penerapan workshop, pembelajaran berbasis kearifan lokal, pemanfaatan teknologi, serta kebijakan pembelajaran mandiri saat terjadi banjir. 4). Pengawasan dilakukan melalui pemantauan berkelanjutan, evaluasi rutin, motivasi dalam peningkatan kinerja guruTemuan ini menegaskan pentingnya kepemimpinan transformasional dan pelayanan kepala sekolah dalam menciptakan lingkungan kerja yang kondusif dan meningkatkan kinerja guru.

References

Azainil, A., Komariyah, L., & Yan, Y. (2021). The Effect of Principal’s Managerial Competence and Teacher Discipline on Teacher Productivity. Cypriot Journal of Educational Sciences, 16(2), 563–579. https://doi.org/10.18844/cjes.v16i2.5634

Campbell, Brigman &. 2003. Helping Student Improve Academic Achievement and School Behavior. Professional School Counseling.

Dadiara, Calvin Junus. n.d. “Pengaruh Servant Leadership dan Transformational Leadership Terhadap Shepherd Services (Kinerja Pendeta).”

Dakabesi, Eklopas Dakabesi, and Luhur Wicaksono. (2022). “Kepemimpinan Kolaborasi Kepala Sekolah Dalam Membangun Tim Kinerja Guru Di Era Society 5.0.” JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan) 6 (4). https://doi.org/10.58258/jisip.v6i4.3899.

Devinta, S., & Santosa, A. B. (2022). Pengaruh Kompetensi Profesional dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru dengan Gaya Kepemimpinan Transformasional sebagai Moderasi. E-Bisnis: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 15(2), 294–303. https://doi.org/10.51903/e-bisnis.v15i2.840

Fadli, S., & Yunus, Y. (2023). Kepemimpinan Transformasional dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Journal of Science and Social Research, 6(2), 416–422. https://doi.org/10.54314/jssr.v6i2.1322

Fauziana, N. A., Fauzan, A., & Ayu, S. M. (2024). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Pelaksanaan Pendidikan: Narrative Literature Review. Learning: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 4(3), 725–737. https://doi.org/10.51878/learning.v4i3.3180

Fika, Nurul, Anis Fauzi, and Anis Zohriah. (2023). “Analisis Karakteristik Kepemimpinan Transformasional Di Madrasah Aliyah.” Journal on Education 5 (4): 16730–36.

Hadiyanti, L. K., Amon, L., Wardhana, A., Priyandono, L., Poernomo, S. A., Januar, S., Satriawarman, T., Bustami, M. R., Heriman, H., Firmansyah, F., Pratama, P. A., Sumantri, W. H., Rianti, R., Rusdawati, R., Yusniar, Y., Sripeni, S., Ping, T., Rohana, R., Lail, A. N., Yulia, H., Monica, M. V., & Dini, D. (2021). Manajemen Pendidik & Tenaga Kependidikan Abad 21. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.

Rahmadani, Sari, Harri Kurniawan, and Ria Okfrima. (2023). “Peran Servant Leadership Terhadap Perilaku Kerja Inovatif Pegawai Pemerintahan Kota.” Psyche 165 Journal, February, 8–13.

https://doi.org/10.35134/jpsy165.v16i1.217.

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Asyarah, W. N., Warman, W., Komariyah, L., Mulawarman, W. G., Azainil, A., & Dwiyono, Y. (2025). Manajemen Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kinerja Guru Melalui Kepemimpinan Transformasional dan Pelayanan di Sekolah Dasar Hutan Tropis. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 8(1), 216–228. https://doi.org/10.24256/pijies.v8i1.6407

Issue

Section

Articles

Citation Check