Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Kewirausahaan dalam Meningkatkan Semangat Gotong Royong Siswa
DOI:
https://doi.org/10.24256/pijies.v8i2.6886Keywords:
p5, kewirausahaan, gotong royong, pendidikan karakterAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema kewirausahaan dalam meningkatkan semangat gotong royong siswa di SDN Ciseah. Urgensi penelitian ini terletak pada menurunnya kemampuan kolaborasi siswa sekolah dasar. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap 150 siswa kelas 4, 5, dan 6. Hasil penelitian menunjukkan: a) projek kewirausahaan mampu meningkatkan interaksi sosial dan kerja sama siswa; b) peran orang tua sangat penting dalam mendukung dan memotivasi siswa selama projek; c) terdapat kendala seperti partisipasi yang belum merata, keterbatasan waktu, dan sarana prasarana. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan agar pelaksanaan P5 dilakukan secara berkelanjutan dan terstruktur guna menanamkan nilai gotong royong dan pendidikan karakter.
References
Adha, E., & Permatasari, C. L. (2021). Peran Pendidikan Kewirausahaan Dalam Menumbuhkan Kesiapan Berwirausahaa Siswa. Journal of Economic Education, 15, 60–71. https://doi.org/10.19184/jpe.v15i1.21158
Aries, A. M. (2022). Peningkatan Karakter Gotong Royong Melalui Market Day Di Sekolah Dasar. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 1(4), 68–81. https://doi.org/10.30640/dewantara.v1i4.388
Aryani, E. D., Fadjrin, N., Azzahro', T. A., & Fitriono, R. A. (2022). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Pendidikan Karakter. Gema Keadilan, 9(3). https://doi.org/10.14710/gk.2022.16430
Creswell, J. W. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). Sage Publications.
Fajar, A., Halimah, L., & Heryani, H. (2023). Implementing Pancasila Values in Facing the COVID-19 Pandemic-A Study from the City of Cimahi. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 1(8), 2–12. https://doi.org/10.26618/jed.v8i1.8702
Hamida Ombili, D. M., Sunarti Rauf, A. R., & Rusmin Husain. (2022). Project Program Sekolah Untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Melalui Literasi Kewirausahaan Di Sdn 29 Kota Selatan. Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 1(3), 75–79. https://doi.org/10.56127/jushpen.v1i3.377
Haq, S. (2022). Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Ranah Kewirausahaan. Cived, 9(2), 184. https://doi.org/10.24036/cived.v9i2.117804
Jedinasrul, J., Waskito, W., Ambiyar, A., & Elfizon, E. (2022). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Meningkatkan Jiwa Kewirausahaan Siswa Pada SMK Negeri 6 Merangin. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1815. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1815-1822.2022
Kemendikbudristek. (2022). Buku Saku: Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/25344
Kharisma, M. E., Faridi, F., & Yusuf, Z. (2023). Penanaman Karakter Gotong Royong Berbasis P5 di SMP Muhammadiyah 8 Batu. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(2), 1152–1161. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i2.1420
Koentjaraningrat. (2009). Pengantar Ilmu Antropologi. Rineka Cipta.
Laily, M. K. M., Usman, A., & Hidayati, N. (2024). Penanaman Karakter Gotong Royong Melalui Tema Kewirausahaan dan Kearifan Lokal pada P5 Kurikulum Merdeka. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(3), 10. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i3.86
Lickona, T. (1991). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. Bantam Books.
Maharani, L., Rondli, W. S., & Darmuki, A. (2024). PELAJAR PANCASILA: PEMBELAJARAN BERPIHAK PADA MURID DALAM PENDIDIKAN ABAD 21. Jurnal Butuh Ilmu, 11(2), 157–165. https://doi.org/10.36706/jbti.v11i02.51
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Analisis Data Kualitatif. Universitas Indonesia Press.
Musdalifah, S. (2024). Penerapan Budaya Gotong Royong Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kelas IV SD Negeri 006 Trimulya Jaya. Sakola, 1(2), 348–357. https://doi.org/10.57235/sakola.v1i2.3291
Riyadi, F. S., Nuroso, H., Handayani, R. S., & Saputra, B. A. (2024). Penerapan Nilai Gotong Royong Berbasis Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Pada Jenjang Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(5), 697–709.
Salsabila, Y. R., & Muqowim, M. (2024). Korelasi Antara Teori Belajar Konstruktivisme Lev Vygotsky Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl). LEARNING: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 813–827. https://doi.org/10.51878/learning.v4i3.3185
Satria, M. R., Adiprima, P., Jeanindya, M., Anggraena, Y., Anitawati, Kandi, S., & Tracey, Y. H. (2024). Buku Panduan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/file/1720050654_manage_file.pdf
Sufyadi, S., Harjatanaya, T. Y., Adiprima, P., Satria, M. R., Andiarti, A., & Herutami, I., et al. (2021). Panduan pengembangan projek peguatan profil pelajar pancasila jenjang pendidikan dasar dan menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA). Kemendikbudristek. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila
Tilaar, H. A. R. (2002). Pendidikan, Kebudayaan, dan Masyarakat Madani Indonesia. Remaja Rosdakarya.
Trihastuti, M., Romlah, O. Y., Syobar, K., Ali, Y. F., Andrian, & Belladonna, A. (2024). Menggali Potensi Daerah dengan Mengembangkan Jiwa Entrepreneur di dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga. Jurnal Pengabdian, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.58740/mjp.v1i1.104
Yin, R. K. (2014). Case Study Research: Design and Methods (5th ed.). Sage Publications.
Yuliastuti, S., Ansori, I., & FAthurrahman, M. (2022). Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kewirausahaan Kelas 4 SD Labschool UNNES Kota Semarang. Lembaran Ilmu Kependidikan, 51(2), 76–87.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Erni Wantini Widaningsih, Khaerul Syobar, Neneng Tri Puspita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright notice:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access)