Implementasi Tadarus Al-Qur’an dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik Madrasah Ibtida’iyah

Authors

  • Iin Munfarihah Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara, Indonesia
  • Fathur Rohman Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/pijies.v8i1.6960

Keywords:

tadarus al-qur’an, disiplin, pendidikan karakter, madrasah ibtidaiyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi tadarus Al-Qur’an dalam membentuk karakter disiplin peserta didik di MI Miftahul Huda Bulungan, Jepara. Latar belakang penelitian ini berangkat dari pentingnya pembentukan karakter melalui pembiasaan religius yang kontekstual dan terintegrasi dalam kehidupan sekolah dasar Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi, dengan subjek penelitian terdiri dari kepala madrasah, guru, dan siswa kelas IV hingga VI yang aktif dalam kegiatan tadarus. Temuan menunjukkan bahwa pembiasaan tadarus yang dilakukan secara konsisten setiap pagi memberikan kontribusi nyata terhadap pembentukan disiplin siswa, baik dalam aspek waktu, tanggung jawab, maupun keteraturan perilaku. Guru berperan sebagai teladan dan pembina, sedangkan siswa mengalami internalisasi nilai secara alami melalui praktik yang berulang dan bernilai spiritual. Penelitian ini menyimpulkan bahwa tadarus bukan sekadar aktivitas keagamaan, tetapi juga merupakan media pendidikan karakter yang efektif, sistematis, dan berkelanjutan dalam konteks madrasah ibtidaiyah.

References

Amalia, D. R., Pratiwi, W., Mushodiq, M. A., Saifullah, M., & Khotimah, T. N. (2020). Hermeneutika Perspektif Gadamer dan Fazlur Rahman. Al-Fathin: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab, 3(02), 183–205. https://doi.org/10.32332/AL-FATHIN.V3I02.2416

Ambarwati, A. P., Budiarti, A. R., Laela, N., Haqq, A. Q. ‘Ainin D., & Makhful, M. (2023). Urgensi Pendidikan Karakter Religius dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa. Jurnal Pendidikan dan Media Pembelajaran, 1(1), 35–46. https://doi.org/10.61813/JPMP.V0I0.58

Ananda, M., Rahmadani, F., & Gusmaneli, G. (2025). Optimalisasi Strategi Pembelajaran Islami dalam Menumbuhkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik. Ikhlas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 2(2), 252–270. https://doi.org/10.61132/IKHLAS.V2I2.789

Anindhita, B. K., & Fatimah, N. (2025). Habituasi Nilai Karakter Per Ardua Ad Astra dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik SMA Institut Indonesia. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(1), 10–22. https://doi.org/10.29303/JIPP.V10I1.2853

Arfani, M. (2024). Implikasi Pembelajaran Non Formal terhadap Peningkatan Pemahaman Pendidikan Agama Islam di Lembaga Pendidikan. Islamic Education Review, 1(1), 38–59. https://barkah-ilmi-fiddunya.my.id/ojs/index.php/ier/article/view/13

Ariani, H. S., & Nadiah. (2024). Pengaruh Pembiasaan Tadarus Al-Quran Terhadap Pendidikan Karakter (Survei di SMA Pelita Tiga Jakarta). Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 73–82. https://doi.org/10.30599/JPIA.V11I2.3448

Astuti, M., Lestari, I., Muzdalifah, M., Nurmalina, N., & Apriliani, S. (2025). Pelaksanaan Pembiasaan Kegiatan Tadarus Qur’an terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa SMP Negeri 10 Palembang. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 6(1), 15–25. https://doi.org/10.54373/IMEIJ.V6I1.2328

Bahri, S., Sakdiyah, H., Tanjung, H. B., & Samsu. (2024). Relasi guru dengan murid dalam perspektif pendidikan Islam. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 17(2), 473–494. https://doi.org/10.32832/TAWAZUN.V17I2.16731

Candra, P., Ayu, S., Putri, K., & Dirgantoro, S. (2023). Guru Sebagai Teladan dalam Menumbuhkan Sikap Toleransi Murid di Kelas. Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan Karakter, 7(1), 62–80. https://doi.org/10.21776/UB.WASKITA.2023.007.01.5

Chairuddin, M. (2025). Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Kegiatan Pesantren Ramadhan di SMPN 6 Kediri. Madrasah Ibtidaiyah Education Journal, 2(2), 86–94. https://doi.org/10.63321/MIEJ.V2I2.69

Ervina, E., Putri Nilasari, N., & Syafiq, M. (2025). Penerapan Metode Story Telling Islami Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Terhadap Materi Sejarah Nabi Dalam Pendidikan Agama Islam. MUDABBIR Journal Research and Education Studies, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.56832/MUDABBIR.V5I2.1073

Fadillah, A. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Deduktif Matematis Siswa. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika), 3(1), 15–21. https://doi.org/10.31764/JTAM.V3I1.752

Francisca, L., & Ajisuksmo, C. R. P. (2015). Keterkaitan Antara Moral Knowing, Moral Feeling, Dan Moral Behavior Pada Empat Kompetensi Dasar Guru the Correlations Among Moral Knowing, Moral Feeling, and Moral Behavior on Four Basic Competencies of Teachers. Jurnal Pendidikan, 45(2), 211–221.

Haki, U., Danik Prahastiwi, E., & Hasibuan, N. S. (2024). Strategi Pengumpulan dan Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif Pendidikan. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pendidikan, 3(1), 1–19. https://doi.org/10.46306/JURINOTEP.V3I1.67

Hamami, T., Dewantoro, M. H., Madjid, A., & Wasim, A. T. (2021). Liberasi Kepemimpinan Propetik dalam Satuan Sekolah Dasar dan Menengah Muhammadiyah. Millah: Journal of Religious Studies, 20(2), 385–416. https://doi.org/10.20885/MILLAH.VOL20.ISS2.ART8

Hilmi, F. (2023). The Role of Islamic Character Education in Developing Discipline in Schools: Peran Pendidikan Karakter Islami Dalam Pembinaan Kedisiplinan Di Sekolah. Edukasi: Journal of Educational Research, 3(2), 20–30. https://doi.org/10.57032/EDUKASI.V3I2.172

Idwin, M., Kustati, M., & Amelia, R. (2025). Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam dalam Perspektif Manajemen Pendidikan. Jurnal Riset Rumpun Agama dan Filsafat, 4(1), 604–620. https://doi.org/10.55606/JURRAFI.V4I1.4999

Ilmi, A. M., & Sholeh, M. (2021). Manajemen Kepala Sekolah Dalam Mewujudkan Budaya Religius Di Sekolah Islam. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 389–402. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/39485

Lesilolo, H. J. (2019). Penerapan Teori Belajar Sosial Albert Bandura Dalam Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi, 4(2), 186–202. https://doi.org/10.37196/kenosis.v4i2.67

Lutfihyanto, W. A., Sendow, G. M., & Samadi, R. L. (2022). Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Kinerja Individu di Organisasi Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Manado. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(3), 09–21. https://doi.org/10.35794/EMBA.V10I3.41113

Mulyadi, W., & Maulana, I. (2025). Kreativitas Guru dalam Menanamkan Sikap Disiplin Melalui Manajemen Kela. Kreatif: Jurnal Pemikiran Pendidikan Agama Islam, 23(1), 79–88. https://doi.org/10.52266/KREATIF.V24I1.2515

Patianansa, S. G., & Shodiq, M. (2025). Lingkungan Belajar dan Karakter Islami: Telaah Q.S Al Kahfi Ayat 28 di Pondok Pesantren Banu Sanusi Lombok. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Kemanusiaan, 9(1), 272–287. https://doi.org/10.52266/TADJID.V9I1.4301

Sa’adah, M., Rahmayati, G. T., & Prasetiyo, Y. C. (2022). Strategi dalam Menjaga Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif. Al-’Adad: Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 54–64. https://doi.org/10.24260/ADD.V1I2.1113

Saefudin Wahid, F., Badrun Zaman, M., Yasin, Y., Linda Antika, T., & Ubaedillah, U. (2024). Implementasi Strategi Manajemen Kelas Berbasis Karakter untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Siswa SD Negeri 1 Kalirahayu Losari Cirebon. Era Literasi: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(4). https://jurnal.eraliterasi.com/index.php/eraliterasi/article/view/256

Salahudin, S., Irawan, E., & Furkan, F. (2024). The Role of Physical Education and Sports in Shaping the Nation’s Character. Champions: Education Journal of Sport, Health, and Recreation, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.59923/CHAMPIONS.V2I1.91

Sandra, R., N, N., & Nirwana, H. (2025). Perkembangan Ilmu Psikologi Belajar dalam Mendukung Praktik Bimbingan Konseling di Abad 21; Behavioristik ke Konstruktivisme. Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 2(10). https://doi.org/10.5281/ZENODO.15395366

Supriatna, I. (2022). Pendidikan Akhlak Dalam Perspektif Tafsir Surah Al-A’raf Ayat 26-27. JURNAL PENDIDIKAN AR-RASYID, 7(2), 1–16.

Suwartini, S. (2017). Pendidikan Karakter dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Keberlanjutan. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 4(1). https://doi.org/10.30738/TRIHAYU.V4I1.2119

Syaifuddin, M. A., & Fahyuni, E. F. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter melalui Kurikulum Muatan Lokal di SMP Muhammadiyah 2 Taman. Palapa, 7(2), 267–285. https://doi.org/10.36088/palapa.v7i2.358

Syal Sabillah Purnama, I., Damayanti Sholikhah, D., Luqna Hunaida, W., & Achmad Khoirur Rozaq. (2024). Aktualisasi Nilai-Nilai Akhlakul Karimah Peserta didik melalui Pembiasaan Salat Dhuha Berjamaah di SMP Negeri 26 Surabaya. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 83–94. https://doi.org/10.30599/JPIA.V11I2.3427

Widianti, A., Sulistyaningsih, D., Fauziati, E., & Sumardjoko, B. (2025). Penanaman Karakter Disiplin Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Pembiasaan Pagi dalam Perspektif Behaviorisme. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01), 221–235. https://doi.org/10.23969/JP.V10I01.21741

Yasin, M. (2023). Membangun Karakter Unggul melalui Pelita Ilmu. Attractive : Innovative Education Journal, 5(3), 534–540. https://doi.org/10.51278/AJ.V5I3.989

Zaini, M., Iskandar, Wardani, M., & Gina, M. (2025). Integrasi Kecerdasan Buatan (AI) dalam Pembelajaran : Dampaknya pada Literasi Digital dan Berpikir Kritis Siswa. Maulana Atsani: Jurnal Pendidikan Multidisipliner, 1(4), 151–157. https://doi.org/10.51806/5FJXZV59

Zubaidah, S. (2019). Pendidikan Karakter Terintegrasi Keterampilan Abad ke-21. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, 3(2), 1–24. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v3i2.125

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Munfarihah, I., & Rohman, F. (2025). Implementasi Tadarus Al-Qur’an dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik Madrasah Ibtida’iyah. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 8(1), 305–322. https://doi.org/10.24256/pijies.v8i1.6960

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.