Pendekatan Humanistik dalam Kurikulum Merdeka: Strategi Penguatan Pembelajaran Inklusif dan Berdiferensiasi di Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Intan Andriani Hasanah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Sukiman Sukiman Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/pijies.v8i2.7518

Keywords:

pembelajaran berdiferensiasi, kurikulum merdeka, pendidikan inklusif, pendekatan humanistic

Abstract

Kurikulum Merdeka mendorong transformasi pendidikan yang lebih kontekstual, adaptif, dan berorientasi pada keberagaman peserta didik. Kajian ini bertujuan menganalisis peran pendekatan humanistik sebagai strategi penguatan pembelajaran inklusif dan berdiferensiasi di Madrasah Ibtidaiyah (MI). Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data diperoleh dari 30 artikel ilmiah terbitan 2020–2025, dengan 15 artikel utama dianalisis mendalam melalui klasifikasi tematik. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendekatan humanistik memiliki potensi besar dalam mendukung terciptanya ruang belajar yang empatik, adaptif, dan bermakna. Nilai-nilai seperti empati, penghargaan tanpa syarat, dan aktualisasi diri mendorong terciptanya lingkungan belajar yang mendukung kesejahteraan psikologis siswa. Implementasi pendekatan ini terbukti relevan dalam konteks Kurikulum Merdeka, khususnya melalui fleksibilitas capaian pembelajaran dan pelaksanaan diferensiasi. Meskipun demikian, ditemukan sejumlah tantangan, seperti keterbatasan pemahaman guru dan belum optimalnya budaya sekolah inklusif. Oleh karena itu, penguatan pelatihan guru berbasis nilai serta dokumentasi praktik baik menjadi strategi penting. Kajian ini merekomendasikan integrasi pendekatan humanistik sebagai kerangka nilai utama dalam pengembangan kurikulum MI yang berkelanjutan.

References

Achmad, G. H., Ratnasari, D., Amin, A., Yuliani, E., & Liandara, N. (2022). Penilaian Autentik pada Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(4), 5685–5699. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3280

Aisyah, S., Arisanti, K., & Yaqin, F. A. (2023). Adaptasi dan Inovasi Madrasah Ibtidaiyah Dalam Menyambut Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 386–393. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4583

Ballianie, N., Dewi, M., & Syarnubi, S. (2023). Internalisasi Pendidikan Karakter pada Anak dalam Bingkai Moderasi Beragama. International Education Conference (IEC) FITK, 1(1), 44–52. http://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/iec/article/view/766

Cahyadi, E., Dwikurnaningsih, Y., & Hidayati, N. (2019). Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan Peningkatan hasil belajar tematik terpadu melalui model project based learning pada siswa sekolah dasar. vol, Query date: 2024-10-09 11:38:10.

Fath, M. S. A., & Putri, N. S. E. (2024). Capturing Pseudo-Innovation in ELT: The Analysis of Implementing Differentiated Learning to Suburban Private Madrasahs. English Language Teaching Educational Journal, 7(2), 124–138.

Handayani, L., Maisaroh, M., & ... (2024). Peran Inovasi Teknologi Digital Dalam Meningkatkan Kompetensi Pendidik Dan Kualitas Pembelajaran Pada Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian …, Query date: 2024-10-09 11:38:10. https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/jpkpm/article/view/1684

Ikhsan, K., & Mahmudah, U. (2023). Implementation of Content Differentiation Learning on the Learning Interest of Fourth-Grade Students at Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Duwet, Pekalongan. Proceeding of Annual International Conference on Islamic Education and Language (AICIEL), 436–440.

Khumaini, F., Isroani, F., Ni’mah, R., Ningrum, I. K., & Thohari, H. (2022). Kebijakan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam: Kurikulum dan Pendekatan Humanistik di Era Digital. Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 8(2), 680–692. https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i2.291

Lestari, Y., Muhtarom, Y., & Maksudin, M. (2023). Implementing the Humanistic Approach in 21st-Century Interactive Arabic Language Learning at Madrasah Ibtidaiyah. Language, Technology, and Social Media, 1(2), 65–71. https://doi.org/10.70211/ltsm.v1i2.27

Lubis, S., & Sumiatun. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka di Tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI). TA’DIBAN: Journal of Islamic Education, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.61456/tjie.v4i2.152

Maslow, A. H. (1954). Motivation and Personality. New York, NY: Harper & Row

Mu’is, A., Baharun, H., & Suwandi, S. (2022). Humanistic based Inclusive Education Management in Madrasah: Policy Review. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v6i3.3574

Nahdiyah, A. C. F., Prasetyo, S., Wulandari, N. F., & Chairy, A. (2023). Konsep Pendidikan Perspektif Filsafat Humanisme dalam Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM). 6(2).

Ningrum, M., Maghfiroh, & Andriani, R. (2023). Kurikulum Merdeka Belajar Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi di Madrasah Ibtidaiyah. eL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.33367/jiee.v5i1.3513

Nufiar, N., Sulaiman, S., & Syahril, S. (2021). Implementation of Humanistic Learning Approach on Madrasah Ibtidaiyah Negeri 12 Pidie Jaya. Proceedings of the 1st International Conference on Social Science, Humanities, Education and Society Development. https://doi.org/10.4108/eai.30-11-2020.2303684

Oktavia, L., & Maemonah, M. (2022). Penerapan Teori Belajar Behavioristik B.F Skinner dalam Memotivasi Siswa pada Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar. Instructional Development Journal, 5(1), 53. https://doi.org/10.24014/idj.v5i1.19285

Prabowo, I. M., Shaleh, S., & Wulandari, N. F. (2024). Analisis Pendidikan Humanis Berbasis Kurikulum Merdeka di MI/SD. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(1), 305. https://doi.org/10.35931/am.v8i1.3112

Qur’ani, M. N., Basri, H., Ghifary, M. I. A., & Siagian, T. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Madrasah Ibtidaiyah / Implementation Of The Independent Learning Curriculum In Primary Schools. Al-Mudarris: Journal Of Education, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.32478/m1778y41

Ramayani, N., Fahrunnisa, Nabila, H., Sari, S. P., Humaira, S., Fisa, V. F., & Khairi, M. N. A. (2024). Implementasi Teori Belajar Humanistik Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi IPAS Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri. TA’DIBAN: Journal of Islamic Education, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.61456/tjie.v5i1.222

Rogers, C. H. (1969). Freedom to Learn. Merrill Publishing Company.

Sanjaya, L. R., Lubis, M. Z. F., & Lesmana, G. (2025). Pendekatan Humanistik Dalam Konseling: Meningkatkan Keterampilan Emosional Siswa. Al Iman: Jurnal Keislaman Dan Kemasyarakatan, 9(1), Article 1. diakses dari https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/aliman/article/view/7986

Shores, C. (2009). A Comprehensive RTI Model: Integrating Behavioral and Academic Interventions. Thousand Oaks, CA: Corwin Press. https://doi.org/10.4135/9781452219141

Wahyudi, A. E., Sunarni, S., & Ulfatin, N. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Berorientasi Pembentukan Karakter Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), 179–190. https://doi.org/10.21067/jmk.v8i2.8532

Downloads

Published

2025-08-20

How to Cite

Hasanah, I. A., & Sukiman, S. (2025). Pendekatan Humanistik dalam Kurikulum Merdeka: Strategi Penguatan Pembelajaran Inklusif dan Berdiferensiasi di Madrasah Ibtidaiyah. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 8(2), 654–668. https://doi.org/10.24256/pijies.v8i2.7518

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.